4 Perbedaan Modem dan Router Beserta Pengertian dan Fungsinya

Perbedaan Modem dan Router

Apakah Anda pernah bingung tentang perbedaan modem dan router? Kedua perangkat tersebut sangat penting dalam menghubungkan perangkat ke internet. 

Saat ini, hampir setiap orang yang kita temui menjadikan internet sebagai bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. 

Biasanya dimanfaatkan untuk berbagai keperluan seperti bekerja, belajar, bermain game, dan berkomunikasi dengan keluarga dan teman-teman. 

Anda memerlukan perangkat yang dapat menghubungkan komputer atau gadget Anda ke internet, seperti modem atau router agar terkoneksi.

Meskipun keduanya terlihat serupa, mereka memiliki fungsi yang sangat berbeda. 

Baca juga : Cara Memperbaiki Router WiFi yang Tidak Bisa Connect

Berikut kami jelaskan apa itu modem dan router, apa perbedaan di antara keduanya, serta rekomendasi modem dan router terbaik.

Pengertian Modem dan Router

Modem dan router adalah dua perangkat yang sudah tidak asing untuk keperluan dalam koneksi internet. 

Keduanya memiliki peran penting dalam memastikan bahwa perangkat kita terhubung dengan internet secara stabil dan lancar. 

Tetapi, belum tentu semua orang memahami perbedaan modem dan router, serta fungsinya masing-masing. 

Dibawah ini, kita bahas tuntas mengenai pengertian dan fungsinya, serta perbedaan modem dan router itu sendiri.

Baca juga : Cara Meningkatkan Kecepatan WiFi di Router

Apa itu Modem?

Modem merupakan perangkat yang berfungsi sebagai alat penghubung antara perangkat komputer dengan internet. 

Modem mengubah sinyal analog yang diterima dari kabel atau saluran telepon menjadi sinyal digital yang dapat diproses oleh perangkat komputer. 

Sinyal digital inilah yang nantinya akan digunakan untuk mengakses internet. Modem terdiri dari beberapa jenis, antara lain modem ADSL, kabel, dan wireless. 

Modem ADSL menggunakan saluran telepon sebagai media penghubung, sedangkan modem kabel menggunakan kabel koaksial untuk menghubungkan perangkat ke internet. 

Modem wireless, atau sering disebut juga sebagai WiFi, menggunakan gelombang radio untuk menghubungkan perangkat ke jaringan internet.

Baca juga : Cara Masuk ke Router ZTE

Apa itu Router?

Sedangkan router adalah perangkat yang berfungsi sebagai penghubung antara perangkat komputer dengan jaringan internet atau jaringan lokal (LAN). 

Router juga digunakan untuk membagi jaringan internet ke beberapa perangkat. Dalam sebuah jaringan rumahan, router berperan penting untuk menghubungkan beberapa perangkat ke jaringan internet.

Terdapat beberapa jenis router, seperti router kabel dan router wireless. Router kabel biasanya digunakan untuk menghubungkan jaringan LAN dengan internet melalui kabel ethernet. 

Sedangkan router wireless berfungsi untuk menghubungkan jaringan LAN dengan internet melalui gelombang radio.

Perbedaan Modem dan Router

Meskipun modem dan router memiliki peran yang berbeda dalam menghubungkan perangkat ke internet, banyak orang masih bingung tentang perbedaan antara keduanya. Berikut adalah perbedaan modem dan router yang paling umum :

1. Fungsi Utama

Perbedaan modem dan router yang pertama adalah dari fungsi utamanya.  Modem memiliki fungsi utama untuk menerima sinyal internet dari penyedia layanan internet (ISP) dan mengubahnya menjadi sinyal digital yang dapat dimengerti oleh komputer atau perangkat lain. 

Sementara itu, router memiliki fungsi utama untuk menghubungkan beberapa perangkat ke jaringan internet dan membantu mengelola lalu lintas internet di jaringan Anda.

Baca juga : Cara Login Router Indihome

2. Koneksi

Dalam  perbedaan modem dan router juga dilihat dari koneksinya. Modem biasanya terhubung ke ISP melalui kabel atau serat optik.

Sementara router terhubung ke modem melalui kabel Ethernet. Beberapa router juga dapat terhubung ke modem melalui sambungan nirkabel.

3. Jumlah Perangkat yang Dapat Dihubungkan

Jumlah Perangkat yang Dapat Dihubungkan juga termasuk perbedaan modem dan router yang umum.

Karena modem hanya dapat terhubung ke satu perangkat pada satu waktu, sementara router dapat menghubungkan beberapa perangkat ke jaringan internet. 

Router dapat mengelola dan memantau lalu lintas internet di jaringan Anda, serta membagi koneksi internet Anda menjadi beberapa saluran.

4. Keamanan

Dari segi keamanan perbedaan modem dan router dapat dilihat dari kemampuan fitur keduanya, modem tidak memiliki fitur keamanan yang terintegrasi. 

Sedangkan router memiliki berbagai fitur keamanan yang membantu melindungi jaringan Anda dari ancaman keamanan seperti virus dan serangan malware.

Baca juga : Pengertian Kamera Mirrorless

Rekomendasi Modem dan Router Terbaik

Modem dan router terbaik sangat tergantung pada kebutuhan dan preferensi masing-masing pengguna. 

Setelah membahas perbedaan modem dan router, Berikut beberapa merek dan model yang sering disebut-sebut sebagai modem dan router terbaik.

Modem terbaik:

  • Motorola MB8600
  • Netgear CM1100
  • Arris Surfboard S33

Router terbaik:

  • Asus RT-AX92U
  • Netgear Nighthawk X10 AD7200
  • TP-Link Archer AX11000

Namun, sebelum membeli modem atau router, sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu mengenai spesifikasi dan kebutuhan yang dibutuhkan, serta harga yang sesuai dengan budget yang dimiliki. 

Usahakan untuk melakukan pembelian dari toko atau penjual yang terpercaya dan memiliki reputasi yang baik.

Dalam artikel ini, kami telah membahas perbedaan modem dan router, serta pengertian dan kegunaannya. 

Baca juga : Cara Browsing Google Luar Negeri

Semoga bermanfaat dan memberi tambahan wawasan untuk kalian yang sudah membaca artikel ini, Terimakasih !

Wassalamualaikum.

2 Replies to “4 Perbedaan Modem dan Router Beserta Pengertian dan Fungsinya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *