Pengertian Kamera Mirrorless, Cara Kerja, Serta Kelebihan Dan Kekurangannya

pengertian kamera mirrorless

Pengertian kamera mirrorless – Dikalangan pecinta fotografi, mirrorless merupakan kamera favorit yang banyak digandrungi di era sekarang,

Dulu yang paling dikenal dalam istilah kamera adalah analog dan digital, namun sekarang muncul kamera mirrorless yang membuat para fotografer jatuh cinta.

Ada beberapa alasan kenapa banyak peminat dari jenis kamera keluaran terbaru ini, salah satunya tampilan body keren serta ukurannya lebih kecil dan ringan.

Untuk mengenal lebih dalam pengertian kamera mirrorless, cara kerja kamera tersebut, hingga kelebihan dan kekurangannya. Simak tulisan dibawah ini.

Baca juga :

Apa Itu Kamera Mirrorless ?

Kamera mirrorless semakin populer dalam beberapa tahun terakhir, berkat ukurannya ringkas, keserbagunaan, dan keluaran gambar berkualitas tinggi. 

Pengertian kamera mirrorless adalah jenis kamera digital yang tidak menggunakan cermin seperti halnya pada kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex).

Sebaliknya, mereka menggunakan jendela bidik elektronik atau layar LCD untuk menampilkan sebuah gambar.

Kamera mirrorless menggunakan autofocus deteksi kontras, didasarkan pada kontras pada gambar, kamera ini memiliki kecepatan fokus lebih satset dan lebih akurat daripada DSLR tradisional. 

Kamera mirrorless juga menyajikan fitur-fitur canggih seperti in-body image stabilization (IBIS), dan mampu menstabilkan sensor kamera agar kekaburan akibat goyangan kamera berkurang. 

IBIS sangat bisa untuk dimanfaatkan ketika memotret dalam cahaya redup atau dengan fokus panjang. 

Dalam pengertian kamera mirrorless juga menawarkan kemampuan video tingkat lanjut, seperti resolusi 4K dan frekuensi gambar tinggi, menjadikannya pilihan cukup asik di kalangan videografer.

Secara keseluruhan, dalam pengertian kamera mirrorless ini menjadi pilihan bagus bagi fotografer yang ingin memakai kamera ringkas dan serbaguna serta menawarkan fitur canggih dan keluaran gambar berkualitas tinggi. 

Karena teknologi terus mengalami kemajuan, kita bisa menaruh harapan untuk melihat kamera mirrorless lebih canggih di masa mendatang.

Baca juga : Cara Ganti Font Windows 10

Cara Kerja Kamera Mirrorless

Kamera mirrorless bekerja dengan menggunakan sensor gambar digital untuk menangkap cahaya yang masuk melalui lensa dan mengubahnya menjadi file digital. 

Namun, cara kerja kamera mirrorless sedikit berbeda dengan kamera DSLR karena tidak memiliki cermin seperti pada kamera DSLR.

Setelah kita membahas pengertian kamera mirrorless, berikut adalah cara kerja kamera mirrorless:

1. Cahaya masuk melalui lensa

Tahap awal cahaya masuk melalui lensa kamera. Mirrorless merupakan jenis kamera yang bisa ganti-ganti lensa sesuai kebutuhan.

2. Cahaya mencapai sensor gambar digital

Setelah melewati lensa, cahaya akan mencapai sensor gambar digital. Sensor ini terletak di depan shutter dan terdiri dari jutaan piksel kecil atau photosites yang mampu menangkap cahaya.

3. Memproses cahaya menjadi gambar digital

Setelah cahaya mencapai sensor, maka cahaya yang terdeteksi oleh photosites akan diproses menjadi gambar digital untuk bisa disimpan dalam format file seperti JPEG atau RAW. 

Dalam proses ini konversi sinyal analog menjadi sinyal digital dan kemudian diubah menjadi gambar digital.

4. Tampilan gambar pada layar LCD atau EVF

Hasil gambar akan ditampilkan pada layar LCD atau viewfinder elektronis (EVF) pada kamera mirrorless. 

Fotografer bisa melihat gambar secara langsung saat memotret, yang membantu mereka mengevaluasi komposisi, pencahayaan, dan fokus sebelum melakukan pengambilan gambar.

5. File gambar disimpan pada media penyimpanan

Setelah gambar diambil, file gambar dapat disimpan pada media penyimpanan seperti kartu memori. 

Pada beberapa kamera mirrorless terdapat slot kartu memori ganda sehingga pengguna bisa menyimpan lebih banyak gambar pada saat yang sama.

Baca juga : Manfaat Kamera CCTV

Kelebihan Dan Kekurangan Kamera Mirrorless

Setelah mengetahui pengertian kamera mirrorless dan cara kerjanya, jika berminat membelinya untuk kebutuhan fotografi.

Perlu juga mengetahui kelebihan dan kekurangan untuk bahan pertimbangan sebelum memutuskan untuk membelinya. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan kamera mirrorless :

Kelebihan Kamera Mirrorless

  1. Ukuran lebih kecil serta bobot cukup ringan dibandingkan dengan kamera DSLR, sehingga lebih mudah dibawa dalam perjalanan dan bisa memberikan kebebasan lebih besar bagi fotografer untuk memotret dengan posisi yang lebih fleksibel.
  1. Kemampuan untuk melihat gambar langsung di layar LCD atau viewfinder elektronis (EVF) membantu fotografer dalam memperkirakan hasil akhir yang akan dihasilkan dan mengevaluasi komposisi, pencahayaan, dan fokus sebelum memotret.
  1. Kualitas gambar tinggi karena menggunakan sensor sama atau bahkan lebih besar dibandingkan dengan kamera DSLR. Hal ini  memungkinkan kamera untuk menangkap cahaya lebih banyak, sehingga menghasilkan gambar dengan kualitas lebih baik.
  1. Fitur video lebih baik, karena kamera mirrorless bisa merekam video berkualitas tinggi dengan resolusi 4K, bahkan pada model yang lebih terjangkau.
  1. Kemampuan untuk mengubah lensa, memungkinkan fotografer untuk menggunakan lensa berbeda untuk situasi yang berbeda.

Kekurangan Kamera Mirrorless

  1. Umur baterai lebih pendek dibandingkan dengan kamera DSLR, karena kamera mirrorless menggunakan teknologi live view menyebabkan lebih borosnya dalam konsumsi daya.
  1. Sistem autofocus pada kamera mirrorless masih terus dikembangkan untuk menyaingi kecepatan autofocus pada kamera DSLR, meskipun beberapa model terbaru sudah memiliki sistem autofocus yang cukup cepat dan akurat.
  1. Viewfinder elektronis (EVF) pada kamera mirrorless masih kurang menampilkan tampilan se-nyata viewfinder optik pada kamera DSLR.
  1. Harga tertera relatif lebih mahal dibandingkan dengan beberapa kamera DSLR dengan spesifikasinya setara.
  1. Meskipun banyak lensa tersedia untuk kamera mirrorless, tetapi masih kalah dengan lensa yang tersedia untuk kamera DSLR.

Baca juga : Cara Masuk ke Router ZTE

Dalam pengertian kamera mirrorless memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli. 

Keputusan akhir tergantung pada kebutuhan dan preferensi masing-masing fotografer. Jika mobilitas dan ukuran kamera lebih ringkas menjadi prioritas, maka kamera mirrorless bisa menjadi pilihan yang tepat. 

Namun, jika kecepatan autofocus dan daya tahan baterai lebih lama menjadi prioritas, maka kamera DSLR bisa menjadi pilihan lebih tepat.

Demikian mengenai Pengertian kamera mirrorless, cara kerja, dan kelebihan serta kekurangannya.

Semoga bisa menambah wawasan untuk kalian terutama fotografer pemula yang ingin memperdalam ilmu dalam dunia fotografinya.

Wassalamualaikum.

3 Replies to “Pengertian Kamera Mirrorless, Cara Kerja, Serta Kelebihan Dan Kekurangannya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *