2+ Cara Membersihkan Sensor Kamera Mirrorless Dan Cara Perawatannya

cara membersihkan sensor kamera mirrorless

Nah, sobat fotografi pasti bingung gimana cara membersihkan sensor kamera mirrorless kan ? Kalian berada ditempat yang tepat.

Terutama bagi kalian yang baru bergabung sebagai penikmat fotografi, hal ini perlu kalian paham untuk menjaga barang ini agar tetap dapat digunakan.

Seberapa penting sih menjaga kebersihkan kamera ? bayangin aja alat penangkap gambar yang kalian beli semahal itu hanya dapat bertahan beberapa bulan, karena kesalahan sendiri.

Dan jika sudah susah dibersihkan jadinya harus menambah budget untuk dibawa ke tukang servis agar kamera  dapat dipakai lagi.

Sudah kebayang kan gimana resikonya jika kita malas membersihkan kamera koleksi kita, banyak kerugian yang kita dapat.

Namun tidak perlu risau kami akan membahasnya secara tuntas dan akurat, simak penjelasan dibawah ini.

Cara Membersihkan Sensor Kamera Mirrorless

Cara Membersihkan Sensor Kamera Mirrorless

Penyebab kotornya sensor kamera ini menurut pengalaman banyak orang biasanya karena kamera yang digunakan di area berdebu yang membuat debu menempel pada sensor.

Ada juga karena ditempatkan ditempat yang kurang tepat, misal disimpan di tas Saya pernah berbincang dengan ahli kamera dia bilang kamera baiknya itu disimpan di wadah berlapis kaca.

Mungkin ada beberapa kamera yang memiliki kemampuan pembersihan sensor otomatis, namun dalam beberapa kesempatan lakukan pembersihan secara manual.

Ada 2 opsi untuk cara membersihkan sensor kamera mirrorless yang dapat kalian lakukan, yaitu dengan dry cleaning dan wet cleaning.

1. Dry Cleaning Camera Sensor

Gunakan kuas dan blower seperti pada gambar untuk cara membersihkan kamera mirrorless yang pertama ini, dan bisa kalian dapatkan di toko kamera atau lebih mudahnya cari di online shop.

Untuk cara pembersihannya cukup kalian buka lensa kamera mirrorless lalu bersihkan bagian sensornya, berikut langkah-langkahnya.

  1. Pisahkan lensa dengan body kamera mirrorless
  2. Pegang body kamera dengan menghadapkan sensor kebawah
  3. Lalu gunakan blower untuk membersihkannya dengan cara menekan blower dengan tujuan angin yang keluar dapat menjatuhkan debu pada sensor.
  4. Jika ada debu yang membandel gunakan kuas khusus untuk membantu mengusir debu yang menempel
  5. Biasa juga menggunakan cotton bud sebagai alat alternatif lain jika kalian belum memiliki kuas khusus.

Untuk melakukan ini kalian harus sangat berhati-hati karena kalian sedang menghadapi bagian sensitif pada kamera.

Pembersihan jenis mirrorless ini berbeda dengan kamera digital seperti DSLR yang harus mengunci cermin yang menutupi sensor.

Sedangkan jenis mirrorless dapat langsung dibersihkan karena tidak ada cermin pada kamera jenis ini.

2. Wet Cleaning Camera Sensor

Cara Membersihkan Sensor Kamera Mirrorless

Cara membersihkan kamera mirrorless yang kedua ini biasa disebut dengan pembersihan basah yang dimana kamera mirrorless dibersihkan dengan cairan khusus.

Meskipun metode ini cukup menantang namun dapat dikatakan metode ini yang paling ampuh untuk menghilangkan debu atau kotoran pada sensor.

Opsi pembersih yang dapat kalian pakai serta sudah umum digunakan yaitu kit pembersih sensor visibledust.

Kemasan kit ini berisi 5 penyeka dan 2 set larutan yang biasanya digunakan untuk lima kali pembersihan.

Pada dasarnya pembersihan ini hampir sama dengan metode yang pertama namun bedanya menggunakan cairan khusus yang digunakan.

Untuk penggunaan cairannya lebih baik semprotkan ke kuas pembersih atau cotton bud, karena jika disemprotkan langsung ke sensor, khawatir terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan.

Jika dengan 2 metode di atas masih tidak mempan, maka kalian harus membawanya ke ahli kamera untuk didiagnosa.

Cara Merawat Kamera Mirrorless

Cara Membersihkan Sensor Kamera Mirrorless

Untuk sobat fotografi yang menjadi user mirrorless, setelah mengetahui cara membersihkan kamera mirrorless, untuk perawatan kamera mirrorless ini cukup mudah dilakukan.

Jika kamera benar-benar tidak dijaga maka jamur akan menjalar dengan mudah ke lensa maupun sensor.

Berikut beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk mencegah jamur tumbuh di dalam kamera kalian.

  1. Jauh Dari Air

Karena mirrorless lebih sensitif terhadap air maka hal ini sangat perlu dilakukan, terutama pada kamera mirrorless keluaran lama yang masih belum memiliki kemampuan tahan air.

  1. Jaga Kebersihan

Hal dasar yang sangat penting bagi user kamera, bersihkan setelah digunakan lalu letakkan pada dry box dengan memisahkan body dan lensa.

Untuk cara membersihkan sensor kamera mirrorless sudah kita bahas diatas dan dapat kalian praktekkan sendiri ditempat yang bersih.

  1. Gunakan Tas Khusus 

Jika kalian hendak pergi memotret alam, ataupun menjadi fotografi hajatan, gunakan tas khusus untuk membawanya.

Selain memudahkan kalian dalam membawanya karena desainnya yang cocok memang diperuntukkan untuk kamera, keamanan juga terjamin jika menggunakan tas khusus.

  1. Gunakan Pelindung Layar

Gunakan pelindung layar untuk layar LCD pada kamera kalian dengan tujuan tidak mudah tergores nya LCD jika digunakan maupun diletakkan pada tas.

  1. Rutin Membersihkan Body Kamera

Untuk cara membersihkan sensor kamera mirrorless mungkin harus menggunakan cairan khusus 

yang tidak di semua tempat tersedia..

namun untuk membersihkan body kamera ini cukup memakai minyak kayu putih karena memiliki sifat cepat kering serta kandungan airnya cukup sedikit.

Tapi pada masa kini sudah banyak terjual di pasar camera cairan khusus pembersih bodi yang dapat kalian peroleh dengan mudah.

  1. Pakai Filter

Pasang UV filter ke lensa kalian agar debu tidak menempel langsung pada lensa kamera. Dan filter ini tidak akan berpengaruh pada hasil jepretan kamera kalian.

  1. Pasang Lens Hood

Fungsi yang dapat kita nikmati dari alat ini yaitu untuk mencegah cahaya yang masuk secara berlebihan ke sensor kamera. 

Jika cahaya berlebih sering masuk ke sensor kamera maka akan menyebabkan berkurangnya tingkat kepekaan sensor.

  1. Merawat Baterai

Untuk cara merawat baterai mirrorless cukup mudah beda halnya dengan cara membersihkan sensor kamera mirrorless. 

Cara merawat baterai mirrorless ini dengan cara tidak menyimpan baterai pada suhu mencapai 43 derajat.

Namun untuk ketahanan baterai itu sendiri jika memang sudah waktunya diganti maka lebih baik diganti saja, karena baterai memiliki  batas kemampuannya sendiri.

  1. Pakai Tali

Gunakan tali untuk menggantung kamera kalian saat memotret terutama di luar ruangan, yang dimana tali ini akan meminimalisir jatuh jika kamera lolos dari genggaman kalian.

Serta fungsi lainnya untuk stabilizer jika kalian mengalami gemetar karena gugup saat memotret mantan nikahan.

Mungkin info seputar cara membersihkan sensor kamera mirrorless sudah saya jabarkan secara singkat dan padat. Kesehatan kamera kalian tergantung perlakuan kalian pada benda tersebut.

Jangan malas membersihkannya karena sangat disayangkan jika barang yang dibeli mahal cepat rusak lebih lagi tidak terselamatkan. Miris sih…wkwkwk

Cukup sekian semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian dan dapat menambah wawasan sobat fotografi dalam mengenal dunia fotografi.


Wassalamualaikum.