6+ Processor Untuk Gaming Dari Yang Terbaik Sampai Yang Termurah

processor untuk gaming

Tipe processor untuk gaming, tentu saja akan jauh berbeda untuk permainan ringan. Entah itu dimulai dari spesifikasi kecepatan bahkan sampai harganya dapat dilihat perbedaannya.

Dengan demikian, pastikan memahami jenis-jenisnya sebelum memutuskan untuk membeli, karena hal ini berpengaruh demi kelancaran kalian dalam bermain game.

Simak ulasan yang soal tekno tulis dibawah ini, dengan harapan bisa membantu anda dalam memecahkan masalah yang anda hadapi.

Beberapa Tipe Processor Untuk Gaming

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, sebagai pemula tidak boleh secara asal-asalan membeli komponen tanpa mengetahui bagaimana spesifikasinya.

Baca juga : Cara Masuk ke Router ZTE

Dengan demikian, berikut ini merupakan jenis processor untuk gaming dengan kualitas terbaik yang tidak mengecewakan.

  1. Jenis Processor AMD Ryzen 9 3900X

Processor untuk gaming tipe pertama ini merupakan prosesor dari AMD yang harga pasarannya kisaran  8 jutaan. 

Mengenai number of CPU course adalah 12 lalu memiliki socket AM4. Uniknya lagi adalah kecepatannya ternyata sudah mencapai 3.8 GHz.

Namun untuk maksimum clock adalah 4.6 GHz. Jadi ini merupakan pilihan paling pertama jika Anda suka menggunakan prosesor yang berasal dari AMD. 

Memang harganya cukup tinggi, tapi hal tersebut sudah selaras dengan kualitasnya yang tidak akan membuat rugi ataupun kecewa bagi penikmatnya.

Baca juga : Motherboard adalah

  1. Tipe processor Intel Core i9 9900 kf

Selanjutnya processor untuk gaming tipe prosesor Intel Core i9 yang harganya juga hampir sama dengan AMD pertama yaitu 8 jutaan. 

Spesifikasinya juga cukup tinggi karena memiliki base clock sekitar 3,6 GHz namun untuk maksimum Boost clocknya sekitar 5.0 GHz.

Kemudian tipe seperti ini memiliki total cache yang berada pada angka kisaran 16 megabyte dan memiliki TDP sekitar 95 watt. 

Cocok juga untuk kondisi rumah yang memang tidak memiliki daya listrik terlalu tinggi. Dijamin masih bisa bermain game lancar tanpa banyak tagihan.

  1. Jenis Processor AMD Ryzen Threadripper 1950X

Processor untuk gaming jenis ketiga merupakan prosesor AMD yang memiliki harga cukup tinggi yaitu berkisar 10 jutaan. 

Kemudian untuk tipe seperti ini memiliki number of CPU course sekitar 16. Sedangkan pada base clocknya adalah 3.4 GHz.

Namun untuk maksimum boost clock adalah 4.0 GHz. Angka ini masih cukup tinggi dan sangat cocok sekali digunakan oleh para pecinta gaming berat. Namun pada bagian tdp-nya masih cukup tinggi yaitu sekitar 180 watt.

Baca juga : Cara Memperbaiki Kipas VGA Tidak Berputar

Beberapa Jenis Processor Gaming Dengan Harga Murah

Jika memang tidak memiliki budget mencukupi agar membeli dengan harga cukup tinggi maka berikut ini adalah rekomendasi processor untuk gaming murah. 

Tipe seperti ini cocok sekali dipakai oleh Anda jika saja memang hanya memainkan game yang tidak terlalu berat.

  1. Jenis Intel Core i3 12100F

Spesifikasi inti yang dimiliki oleh prosesor murah ini punya performance sekitar 3.3 GHz. Angka ini masih sangat cukup oke untuk bermain game secara online. Apalagi maksimal kecepatannya adalah 4,3 GHz.

Menariknya lagi adalah, ternyata tidak hanya membuat gaming semakin lancar. Akan tetapi ketika memutuskan untuk membuat konten-konten masih sangat memungkinkan. Cuma, setiap pengguna harus memasukkan grafik ekstra.

Baca juga : Bagian Bagian Kamera

  1. Tipe Processor Intel Pentium gold G7400

Selanjutnya ada tipe prosesor Intel Pentium, punya harga cukup murah yaitu 1 jutaan saja sudah bisa mendapatkan kecepatan quote sekitar 3,3 GHz. 

Sedangkan fitur CPU yang dibawa memang masih dual Core namun prosesor ini masih sangat mumpuni untuk bermain game.

Biasanya pemilihan dari prosesor seperti ini sangat diandalkan untuk profesional gaming dengan speed yang efektif. 

Kemudian bisa juga memainkan e-sport yang punya FPS tinggi di 720p meski tanpa menggunakan tambahan VGA.

  1. Tipe Intel AMD Ryzen 3 3100

Harga untuk prosesor seperti ini sekitar satu setengah juta. Kemudian dapat dikatakan juga merupakan opsi terbaik jika tidak mau menggunakan Intel Core. 

Jika performa yang masih Anda tanyakan maka tidak akan pernah mengecewakan.Karena dibuat untuk gaming pasti sangat oke bahkan pembuatan dari konten juga sangat solid. 

Kemudian kecepatan dari base clocknya saja telah mencapai 3,6 GHz. Cukup menggiurkan bukan? Apalagi dengan harganya yang sangat minim.

Baca juga : Gejala Kerusakan Processor

Beberapa Processor Paling Tinggi Saat Ini

Prosesor paling tinggi pada saat ini memang sudah tidak bisa diragukan lagi. Yaitu Core i9-10900a, menjadi salah satu kunci utama Intel dalam CPU desktop core generasi 10. Kualitasnya memang sangat luar biasa jika membicarakan gaming.

Dikarenakan banyak para gamer suka memakainya, lalu memang untuk kompetisi sehari-hari bahkan sampai internasional sangat mendukung.

Lalu kecepatan base clocknya adalah 3,7 GHz bahkan mampu mencapai 4,9 sampai 5,1 GHz untuk turbo all core dan single core.

Baca juga : Pasta Processor Terbaik

Itulah ulasan sedikit mengenai processor untuk gaming. Hanya tinggal pilih mana sesuai dengan kebutuhan ataupun budget saat ini.

Tidak menutup kemungkinan masih ada banyak rekomendasi prosesor lainnya yang cocok sesuai yang anda butuhkan, intinya kalian cari tahu dulu spesifikasinya agar tidak merugikan kalian sendiri.

Mungkin informasi ini cukup membantu kalian dalam hal pencarian processor yang cocok dan semoga juga dapat menambah wawasan kalian mengenai dunia teknologi.

wassalamualaikum