Apa Itu Core Pada Processor ? Dan Jelaskan Fungsinya

apa itu core pada processor

Orang akan bertanya-tanya di benak mereka, Apa itu Core pada processor ? Dikarenakan para pemula tentu merasa asing jika mendengar kata tersebut. Hal-hal seperti ini perlu sekali dipahami oleh seluruh pemakai laptop atau komputer.

Bagi kalian yang sukanya bongkar laptop sendiri kalian perlu tahu hal-hal semacam ini untuk memahami bagian dalam laptop agar tidak salah dalam bertindak.

Berikut ini ulasan singkat mengenai core processor, semoga bisa menambah ilmu baru kalian didunia per laptopan.

Baca juga : Gejala Kerusakan Processor

Ulasan Singkat Mengenai Core processor

Bisa dibilang koor browser menjadi jawaban mengenai Apa itu Core pada processor karena ini salah satu istilah agar bisa menyebutkan inti komponen.

Lalu fungsinya berguna sekali dalam menjalankan tugas maupun instruksi program. Biasanya untuk satu prosesor itu akan terdapat beberapa Core sekaligus, sering disebut menjadi multi core.

Setiap Core di dalam sebuah CPU tentu akan memiliki sebuah central processing unit. Kemudian ini adalah bagian dari sebuah CPU mampu bekerja.

Jika terdapat prosesor tambahan di dalam sebuah chip tentu mampu memungkinkan para komputer menjalankan fungsi sebagai multitasking.

Baca juga : Pengertian Dari Processor

Fungsi Core Pada Processor

Apa itu Core pada processor

Setelah kita mencoba memahami tentang apa itu core pada processor, kita akan coba bahas fungsinya.

Fungsi Core pada processor adalah menerima instruksi serta melakukan perhitungan ataupun tindakan. Rangkaian perintah tersebut juga bisa memungkinkan program yang dari perangkatnya melakukan beberapa hal tertentu.

Kemudian prosesnya sendiri juga bisa punya satu ataupun beberapa inti. Tapi ketika CPU tersebut memiliki dua ekor tentu akan disebut sebagai dual Core dan jika berjumlah 4 maka punya nama quad Core.

Ketika semakin banyak core yang dimiliki oleh processor, alhasil set dari instruksi juga lebih banyak. Kemudian bisa diterima ataupun diproses secara bersamaan. Dengan demikian komputer pun bisa lebih cepat tanpa ada loading.

Baca juga : Cara Memperbaiki Kipas VGA Tidak Berputar

Cara Melihat Jumlah Core Pada Processor

Apa itu Core pada processor ?

Agar bisa mengecek berapa jumlah core pada processor sebetulnya ada banyak cara. Setelah memahami apa itu core pada processor dan kalian belum tahu spesifikasi laptop atau komputer kalian. Tahapan-tahapan berikut ini cocok sekali digunakan.

Baca juga : Pengertian Mouse Dan Fungsinya

Pakai Layanan Task Manager

Tahapan pertama bisa menggunakan layanan dari task manager. Nantinya dengan membuka menu ini Anda bisa langsung melihat spesifikasi yang dimiliki oleh komputer atau laptop. Berikut cara membukanya.

  • Bukalah menu task manager.
  • Kemudian navigasi menuju tab performance.
  • Setelah itu pilihlah CPU.
  • Otomatis muncul informasinya.

Baca juga : Cara mengatasi router latency tinggi

Bisa Gunakan (CMD) Command Prompt

Selanjutnya Anda juga bisa menggunakan command prompt, yang mana layanan ini sangat cocok sekali digunakan untuk bisa mengecek spesifikasi laptop ataupun komputer. Jadi dapat mengetahui pula jenis corenya.

  • Segera buka CMD.
  • Lalu tulis saja perintah.
  • Yakni cpu get NumberOfCores,NumberOfLogicalProcessors.
  • Setelah itu, segera tekan enter.
  • Maka akan keluar informasi core.

Baca juga : Urutan Processor Laptop Terbaik

Berikut Jenis Core Processor untuk Gaming

Nah, kalian sudah tahu kan apa itu core pada processor ? Jika Anda telah mencari jenis Core processor untuk gaming, alangkah baiknya pilih dengan spesifikasi bagus.

 Tapi tidak perlu cemas karena berikut ini adalah referensi terbaik yang paling cocok untuk para pecinta gamers.

Baca juga : Bagian-bagian motherboard dan fungsinya

Jenis Processor Intel Core i3- 10100

Pertama ini merupakan processor Intel Core yang paling cocok dipilih oleh Anda ketika memiliki anggaran cukup mepet. 

Bisa sekali dipilih jika merakit sebuah PC gaming dengan motherboard menggunakan socket LGA 1200.

Pada tipe seperti ini nantinya dapat melihat kecepatan dasar hingga 3,60 GHz beserta dorongan inti tunggal maksimumnya adalah 4,30 GHz. 

Uniknya lagi adalah jika membicarakan masalah tingkat kinerjanya memang sangat setara dengan chip AMD ryzen 3.

Baca juga : Memperbaiki motherboard PC mati total

Jenis Processor Intel Core i5-10600K

Jenis kedua merupakan prosesor Intel Core i5-10600k, masuk ke dalam salah satu model lebih baru. Karena developer sudah meningkatkan hingga memiliki 6 course beserta 12 threads. 

Hal tersebut bertujuan agar mampu memberikan kinerja yang jauh lebih bagus serta biayanya yang bisa dibilang sama.

Lalu untuk kecepatannya sendiri, paling dasarnya 4.10 GHz, namun mengenai clock bus single core maksimal sekitar 4,80 GHz. 

Uniknya adalah pada tipe seperti ini rupanya telah mengusung manajemen daya yang cukup cerdas alhasil tak akan merasakan panas jika bekerja keras.

Baca juga : Pengaruh Processor Pada Laptop

Pilih Tipe Intel Core i5-10400F

Sedangkan untuk ketiga ini merupakan Intel Core yang cukup baru jika didasari pada mikro arsitektur comet lake. 

Dikarenakan bisa memungkinkan hyper threading serta kecepatan dari clock memang lebih tinggi. Bahkan mampu menampilkan algoritma dengan peningkatan lumayan baru.

Baca juga : Pengaruh GHz Pada Processor

Spesifikasi yang dimiliki oleh Intel Core jenis ini adalah memiliki 12 megabyte Inter smartcache. Kemudian juga memiliki 6 core beserta 12 threads. Lalu mengenai kecepatannya sendiri adalah 4.0 GHz turbo frekuensi dan masuk ke generasi 10.

Demikian sekilas informasi dari soal tekno tentang penjelasan Apa itu Core pada processor. Seluruh ulasan tersebut bisa memberikan banyak manfaat atau pengawasan.