Pengertian Mouse dan Fungsinya – Jenis serta Cara Kerja

pengertian mouse dan fungsinya

Pengertian mouse dan fungsinya – Alat input ini biasanya digunakan oleh pengguna komputer untuk membantu penggunanya dalam pengoperasian komputer agar menjadi lebih mudah.

Kenapa demikian ? karena perangkat keras ini termasuk komponen yang sangat penting yang dimana jika para pengguna komputer hanya menggunakan keyboard pasti akan kesulitan.

Semakin berkembangnya zaman maka dunia teknologi juga semakin canggih yang dimana perkembangan itu juga mempengaruhi perkembangan sebuah mouse.

Dari tahun ke tahun perangkat keras ini sudah mengalami kemajuan, terbukti dari mouse yang awal menggunakan kabel dengan bentuk jadul.

Hingga sekarang ada yang tanpa kabel atau bisa disebut mouse wireless dengan bentuk yang lebih simpel serta nyaman dipakai.

Bagi kalian yang belum begitu paham tentang perangkat keras ini, saya akan coba membantu kalian untuk menjelaskan tentang pengertian mouse dan fungsinya beserta jenis hingga cara kerjanya.

Namun sebelum ke materi inti soal tekno akan membahas dulu sejarah mouse dari masa ke masa, simak penjelasan dibawah ini.

Sejarah Mouse

Sebelum kita membahas pengertian mouse dan fungsinya, saya akan menjelaskan tentang sedikit sejarah pembuatan dan perkembangannya.

Pada tahun 1963 perangkat keras ini pertama kali ditemukan oleh Dr. Douglas C. Engelbart dari Stanford Research Institute, Amerika.

Bentuknya untuk yang pertama kali terbuat dari kayu dengan pola yang sederhana, mempunyai satu tombol kecil di bagian atas sebelah kanan dan memiliki dua roda besi kecil di dalamnya.

Julukan pertamanya yaitu “X-Y position indicator for a display system” ( Indikator posisi X-Y untuk sebuah sistem tampilan ).

Namun karena bentuknya kecil dan memiliki kabel panjang dan menyerupai seekor tikus, maka dari itu alat ini dinamakan “mouse” yang artinya tikus dalam bahasa indonesia.

Cerita awalnya pembuatannya, Douglas sedang berusaha mencari Point Device atau alat petunjuk yang dapat digerakkan oleh hidung atau dagu.

Namun, mouse yang menurut dia alat paling sederhana dan paling mudah untuk digunakan sebagai Point Device.

Seiring perkembangan zaman, mouse mulai dikembangkan oleh perusahaan komputer Apple, dan akhirnya Apple mendapatkan paten dari pengguna mouse.

Baca juga : Apa Itu VGA

Pengertian Mouse Dan Fungsinya

Dalam bahasa indonesia mouse diterjemahkan sebagai tikus. Dikatakan demikian sebab alat ini berbentuk menyerupai tikus yang besar belakang dan meruncing dibagian depan.

Dalam pengertian mouse dan fungsinya secara istilah bahasa indonesia mouse merupakan perangkat keras ( Hardware ) komputer yang berfungsi sebagai alat input selain keyboard.

Mouse adalah Alat input komputer yang berfungsi sebagai penggerak kursor yang berupa gerakan, scroll, click, dan digunakan untuk memilih teks, file, ikon, dan folder.

Pada saat penggunaan PC alat ini mustahil untuk tidak digunakan, kecuali pada komputer touchscreen ( layar sentuh ).

Namun jika pada laptop atau notebook mungkin masih tetap bisa dijalankan meskipun tanpa mouse, tetapi bagi kalian yang suka atau bekerja sebagai desain grafis, mouse wajib dimiliki.

Apa fungsi mouse ? Pada umumnya fungsi mouse adalah sebagai berikut.

  • Untuk memasukan perintah pada komputer
  • Sebagai penggerak kursor untuk menunjuk pada layar monitor
  • Untuk memilih item dan membuka file
  • drag drop ( memindah item ) seperti move, cut, dan copy
  • Untuk scrolling layar 

Selain diatas fungsi lain mouse adalah fungsi lanjutan yang biasanya digunakan pada bahasa pemrograman, Bagi kalian yang bergelut di dunia pemrograman pasti tidak asing lagi dalam hal ini.

Baca juga : VGA Untuk Desain Grafis

Jenis-Jenis Mouse

Setelah kita mengetahui pengertian mouse dan fungsinya, kita akan membahas tentang jenis-jenis dan pembagiannya.

Dari masa ke masa teknologi pun semakin maju dan dampak dari kemajuan teknologi tersebut membuat mouse juga semakin berkembang setiap tahunnya.

Secara umum perangkat keras ini dibedakan menjadi dua aspek penting yaitu dilihat dari jenis portnya dan dilihat dari sensornya.Simak penjelasan dibawah.

Dilihat dari jenis portnya

Jika dilihat dari jenis portnya atau cara koneksi mouse ke komputer maka dibagi menjadi 5 macam mouse yaitu :

1. Mouse bus

Dalam pengertian mouse dan fungsinya perangkat keras ini dapat terkoneksi dengan PC melalui bus, yang digunakan pada saat awal- penggunaan komputer IBM.

2. Mouse serial

pengertian mouse dan fungsinya

Cara pemakaiannya harus disambungkan melalui serial port, port yang sering digunakan yaitu port tipe D dengan 9 pin ( DB9M ) yang terletak di belakang motherboard.

3. Mouse PS2

Mouse yang sempat meledak namanya di era 1987 an. Namun untuk sekarang sangat susah untuk mencari perangkat keras ini di pasaran.

4. Mouse USB

Perangkat keras ini pertama kali dibuat pada tahun 1990-an, dan sebagai pengirim sinyal dari mouse ke monitor menggunakan USB.

5. Mouse wireless

pengertian mouse dan fungsinya

Dibuat tanpa kabel untuk mengirim sinyal ke monitor, namun menggunakan wireless yang diterima receiver device pada chip.

Baca juga : Urutan VGA Terbaik

Dilihat dari sensornya

Jika dilihat sensornya maka mouse terbagi menjadi 3 macam yaitu

1. Mouse mekanik

Perangkat keras yang memiliki sensor mekanik menyerupai bola yang berada di bagian bawah dan dapat bergerak kesegala arah.

Saat bola digerakkan sensor mendeteksi arah gerak dari bola tersebut dan menggerakan kursor ke arah yang sama.

2. Mouse optomekanik

Secara keseluruhan hampir sama dengan mouse mekanik, namun bedanya didalamnya ini ada tambahan sensor optik untuk mendeteksi arah gerak bola.

3. Mouse optik

Penggunaannya menggunakan sinar laser untuk mendeteksi arah geraknya.Teknologi ini membuat kerja mouse jauh lebih pas dibanding 2 tipe sebelumnya.

Cara Kerja Mouse

Untuk cara kerja mouse adalah ketika diarahkan oleh kita maka kursor di dalam layar monitor akan berpindah ke arah yang ditentukan.

Pada saat klik atau scroll maka sensor mengirim perintah ke komputer untuk mengikuti sesuai dengan arahan kita.

Untuk kerja Drag and drop dapat dilakukan dengan cara menekan atau menahan tombol kiri pada mouse dan digerakkan ke arah yang ditentukan, contohnya seperti mengcopy data, ataupun mengecut data.

Itulah penjelasan tentang pengertian mouse dan fungsinya beserta jenis dan cara kerjanya. Semoga tulisan diatas bermanfaat bagi kalian dan dapat mengatasi masalah yang kalian hadapi bahkan menambah wawasan tentang dunia teknologi.

Sekian dan terima kasih

Wassalamualaikum

27 Replies to “Pengertian Mouse dan Fungsinya – Jenis serta Cara Kerja”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *