Apa Itu VGA Dan Fungsinya ? Lengkap Dengan Jenis Dan Cara Kerjanya

apa itu vga

Apa itu VGA – Kalian sering berhubungan dengan komputer ? Beruntung kalian berada disini, karena saya akan menjelaskan salah satu komponen dari komputer yaitu tentang VGA beserta fungsi dan jenisnya.

VGA merupakan satu dari sekian banyak komponen komputer yang harus dimiliki.Komponen ini sebagai penentu kualitas grafis dan visual pada monitor komputer kalian.

Ada banyak VGA yang terdapat di pasar teknologi dengan berbagai jenisnya, dalam penggunaan komponen ini pada dasarnya tergantung kebutuhan pengguna komputer itu sendiri.

Seberapa penting sih perangkat keras ini untuk komputer ? Simak penjelasan soal tekno dibawah ini dengan teliti.

Mengenal Apa itu VGA

Apa itu vga

Apa itu VGA ? VGA merupakan singkatan dari Video Graphic Array. VGA adalah sebuah komponen yang sangat penting bagi perangkat gambar ataupun video seperti monitor dan proyektor.

Bentuk VGA pada dasarnya berbentuk port, kabel, serta konektor yang digunakan sebagai penghubung dari monitor pc ke video card.

VGA memiliki peran sebagai media dalam memproses informasi grafis pada komputer kalian. Setelah diproses VGA akan menyediakan tampilan ke layar dengan kualitas yang dapat dipilih atau bervariasi.

Karena perangkat keras ini sangat berkaitan dengan grafis, tentunya semakin bagus kualitas VGA yang dimiliki, maka hal itu akan berpengaruh terhadap tampilan yang lebih detail dan tajam.

Untuk komputer atau laptop yang sehari-harinya dipakai untuk grafis maka spek VGA-nya harus lebih tinggi, karena pekerjaan grafis lumayan berat seperti merender gambar, desain 3D modelling serta untuk kenyamanan dalam bermain game.

Baca juga : Motherboard adalah

Fungsi VGA Adalah

Setelah pembahasan singkat tentang apa itu VGA diatas, sekarang kita akan membahas fungsi VGA pada laptop.

VGA fungsinya adalah sebagai media pengubah dari sinyal digital yang ada di dalam sebuah sistem komputer ataupun laptop yang  akan berubah menjadi tampilan grafis pada layar monitor.

Data grafis pada tampilan layar terlihat lebih baik, itu dikarenakan kartu grafis atau VGA yang terhubung secara langsung ke dalam processor.

Dampak dari penggunaan kartu grafis yang berkapasitas tinggi yaitu :

  • Layar monitor lebih tajam tampilannya
  • Gambar ataupun video lebih detail,  jelas, terang, dan tajam
  • Grafis dalam tampilan game lebih berkualitas
  • Sebagai media pembantu dalam pembuatan desain grafis
  • Dengan HDMI kita dapat menghubungkan laptop atau PC ke layar televisi

Terkhusus untuk para gamers, VGA dengan kualitas tinggi sangat disarankan guna kenyamanan kalian dalam bermain game.

Baca juga : Jenis Jenis Kamera Canon DSLR

Jenis VGA

Setelah mengetahui apa itu VGA dan fungsi VGA pada laptop, mari kita bahas beberapa jenis VGA yang harus kalian ketahui.

Secara umum, kartu grafis ini dibagi menjadi beberapa jenis yang sudah menjelajahi pasar teknologi, Ada beberapa jenis kartu VGA adalah sebagai berikut :

Berdasarkan bentuknya

Apa itu VGA berdasarkan bentuknya ? Berikut penjelasan kartu grafis berdasarkan bentuknya, yaitu :

  1. VGA Onboard

Kalian sudah tau apa itu VGA onboard ? VGA onboard merupakan kartu grafis bawaan motherboard yang memang sudah tertanam.

Perangkat keras ini tidak dapat di upgrade atau tidak dapat dilakukan penggantian komponen.Biasanya digunakan pada komputer atau laptop yang berspesifikasi standar.

Setelah mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya kartu ini lebih cocok untuk aktivitas-aktivitas yang agak ringan seperti membuka ms office atau game yang tidak berkapasitas besar.

Baca juga : Cara Memperbaiki Kipas VGA Tidak Berputar

  1. VGA Add-on

Apa itu VGA Add-on ? Kartu grafis ini belum ada tempatnya didalam motherboard PC ataupun laptop, jadi jika ingin memasang dan menggunakan kartu ini harus menggunakan soket tambahan.

Tetapi kualitas Add-on lebih bagus dari pada kualitas kartu grafis onboard, dan juga perangkat keras ini tidak membutuhkan bantuan RAM dalam pemakaiannya.

Berdasarkan Memori

Apa itu VGA berdasarkan memorinya ? Adapun beberapa jenis kartu grafis berdasarkan memorinya, berikut penjelasannya :

  1. VRAM

VRAM merupakan kartu yang mempunyai kecepatan 20 sampai 10 ns, serta biasa dipakai komputer kelas atas untuk kebutuhan desain grafis dan gaming.

Baca juga : Pengertian Mouse Dan Fungsinya

  1. SGRAM 

SGRAM merupakan kepanjangannya adalah Synchronous Graphic RAM, kartu grafis ini berkecepatan 10 ns

Sama seperti VRAM, kartu grafis pada SRAM ini sering digunakan komputer kelas atas dengan berkemampuan 3D accelerator, contohnya ASUS 3D Explorer, Matrox MGA MIllenium dan lain sebagainya.

  1. Rambus

Pengguna kartu grafis pada rambus ini masih tergolong sedikit,memori ini biasa dipakai pada mesin-mesin video game atau game konsol seperti nintendo, sega, PS dan lain sebagainya.

Baca juga : Apa Itu Core Pada Processor

  1. EDO RAM

EDO RAM biasanya berkecepatan 35 sampai 60 ns, dan biasanya terpasang pada komputer grafik 64 bit. Pada umumnya dipakai dengan kecepatan 60 mhz.

  1. DRAM

DRAM atau yang biasa disebut Dynamic RAM mempunyai kecepatan 70 sampai 80 ns dan biasanya dipakai pada kartu grafis dengan ukuran 8, 16 ataupun 32 bit

Dalam penggunaannya, perangkat keras ini biasanya terpasang di dalam komputer yang standar dan warna yang tidak banyak.

Berdasarkan Arsitektur Sistem

Apa itu VGA berdasarkan arsitektur sistemnya ? Berikut kartu grafis yang dibedakan berdasarkan arsitektur sistemnya seperti berikut ini :

  1. VGA ISA

ISA VGA adalah jenis kartu yang sering dipakai pada slot ekspansi ISA dengan sistem 8 bit atau 16 bit.

Kartu ini untuk zaman sekarang sudah tidak  pernah digunakan lagi karena kecepatannya yang masih lambat serta tampilan gambar yang kurang halus dan kombinasi warna yang terbatas.

Baca juga : Cara mengatasi router latency tinggi

  1. VGA PCI

Kepanjangan dari PCI itu sendiri adalah Peripheral Component Interconnect. Kartu grafis ini merupakan komponen yang sering dipakai pada sistem perangkat 32 bit dan 64 bit.

Dan VGA ini sudah jarang ada yang menggunakan karena fitur yang terbatas.

  1. VGA AGP

AGP merupakan singkatan dari Accelerated Graphic Port. VGA AGP Dipasang pada slot ekspansi AGP itu sendiri dengan sistem 128 bit atau 256 bit.

Fungsi VGA pada laptop ini untuk meningkatkan pengiriman data terhadap memori secara menyeluruh dari processor ke perangkat display.

  1. VGA EISA

EISA kepanjangannya merupakan Extended Industry Standard Architecture. Kartu VGA EISA ini jeni kartu yang dipasang pada slot ekspansi EISA dengan sistem 32 bit.

Karena keterbatasannya dalam kecepatan maka dari itu kartu ini sudah tidak pernah lagi dipergunakan.

  1. VGA PCIe

Merupakan singkatan dari Peripheral Component Interconnect Express. Kartu jenis ini biasa dipasang pada slot ekspansi PCIe dengan kecepatan transfer yang mencapai 32 GB/s.

Slot dari PCIe merupakan generasi selanjutnya dari slot ekspansi PCI dan memiliki kemampuan yang lebih baik. 

Baca juga : Cara cek motherboard dengan multitester

Cara Kerja VGA

Setelah kalian memahami apa itu VGA, kini saatnya kita membahas tentang cara kerjanya.

Cara kerja VGA adalah ketika ada aplikasi yang sedang berjalan maka disitu ia akan berperan, dan pada saat itu juga VGA akan meminta pertolongan kepada driver grafis card.

Setelah itu driver grafis akan merespon dengan cara pengambilan data digital, lalu dikonversi berbentuk format yang dimengerti oleh sistemnya.

Dan akan direndering oleh kartu grafis setelah diberi hasil data digital oleh driver. Data yang masuk akan berjalan ke kartu VGA melewati slot pada mainboard.

Kemudian memori kartu grafis akan menerima data dari hasil penyaluran dari kartu grafis dan disimpan untuk sementara disitu.Lalu akan diubah menjadi pixel melalui GPU.

Pixel akan dikirim kembali ke VRAM karena setelah proses diatas pixel masih belum siap diperlihatkan di layar.

Untuk mengubahnya ke data dialog maka VRAM melanjutkan proses data digital ke RAMDAC, Setelah itu dapat digunakan oleh monitor.

Baca juga : Pengertian Dan Dasar-Dasar Fotografi

VGA adalah salah satu komponen pada perangkat keras seperti laptop dan komputer yang menjadi penghubung CPU ke monitor.

CPU singkatan dari Central Processing Unit yang merupakan sebuah komponen penting pada komputer yang berguna untuk memproses data serta menjalankan program didalamnya.

Itulah ulasan dari soal tekno tentang apa itu VGA, fungsi VGA, jenis, serta cara kerjanya. Semoga dengan adanya ulasan diatas dapat menambah wawasan pembaca sekaligus membantu pembaca dalam mencari informasi tentang VGA.

Sekian dan semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum.

16 Replies to “Apa Itu VGA Dan Fungsinya ? Lengkap Dengan Jenis…”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *