4+ Cara Memperbaiki Kipas VGA Tidak Berputar

Cara Memperbaiki Kipas VGA Tidak Berputar

Pasti kalian merasa bingung ketika kipas VGA tidak berputar, Tidak usah khawatir saya akan mencoba untuk membantu memecahkan masalah yang kalian hadapi.

Kartu VGA merupakan perangkat keras pendukung yang sangat mempengaruhi aplikasi yang telah di instal pada perangkat komputer kalian.

Fungsi dari kipas VGA sendiri yaitu untuk mendinginkan perangkat kartu VGA yang mengalami panas berlebih, kipas ini gunanya untuk menstabilkan suhu pada VGA.

Jika kipas pada VGA mati maka VGA akan bekerja dengan tidak sempurna dan seiring berjalannya waktu akibat fatal dari hal tersebut komputer akan mati.

Sebelum kita membahas lebih detail tentang cara perbaikannya kita akan membahas penyebabnya dan penjabaran tentang pendingin komputernya, simak penjelasan dibawah ini.

Baca juga : Jenis Jenis Kamera Canon DSLR

Baca juga : Cara Login Router Indihome

Penyebab Kipas VGA Tidak Berputar

VGA memiliki 3 model pendingin yaitu pasif, blower, dan fan atau standar.Disini kita akan membahas tentang fan karena model ini digunakan oleh semua VGA.

Cara kerja dari perangkat ini yaitu melakukan pengambilan panas dari pendingin yang akan dibuang langsung ke depan VGA.

Baca juga : Rekomendasi Kamera DSLR Untuk Pemula

Model fan dapat kita temukan pada VGA bawaan pabrik seperti pada Msi, Asus, dll. Serta Vga ini termasuk yang dingin karena dapat kita temukan dengan 2 sampai 3 kipas.

Tanda kipas VGA rusak adalah pada saat kamu bermain game, sudah buka stress test kombustor unigine heaven atau stress lain selama lebih dari setengah jam.

Dan suhu VGA lebih dari 50 derajat celcius namun kipas VGA tidak berputar makan ada kemungkinan besar terjadi kerusakan pada kipas VGA.

Baca juga : Tingkatan VGA Nvidia

Untuk penyebab dari kipas VGA tidak berputar saya menemukan 2 hal yaitu kipas tidak berputar karena sistem otomatisnya atau kipas tidak berputar karena macet. Simak penjelasan dibawah.

1. Kipas VGA Tidak Berputar Karena Fitur Otomatis

Seiring perkembangan zaman, VGA memiliki fitur terbarunya, hampir semua VGA terbaik mempunyai fitur ini.

Fitur yang dimaksud yaitu fitur menghentikan kipas saat VGA belum panas, atau biasa disebut dengan istilah zero RPM maksudnya adalah jika suhu pada kartu grafis mencapai titik tertentu maka disitulah kipas akan berputar. 

Baca juga : Cara Gabungkan Foto Di HP

keuntungan dari fitur ini yang paling dapat dirasakan adalah dari segi hasil suaranya yaitu lebih sunyi atau bahkan mencapai 0 dBa.

Fitur ini mampu menjaga suhu kartu grafis meskipun RPM kipas diatur serendah mungkin karena fitur itu mampu menyesuaikan dengan RPM berapapun.

Baca juga : Cara Masuk ke Router ZTE

2. Kipas VGA tidak Berputar Karena Macet

Untuk kipas VGA tidak berputar karena macet dapat disebabkan oleh beberapa penyebab

Pertama debu yang menempel pada kipas karena mungkin waktunya untuk dibersihkan dan jika tidak dibersihkan maka akan berakibat kipas tidak berputar atau macet.

Kedua pelumas kipas vga yang kering yang berakibat kipas berjalan lambat atau bahkan macet, dan itu disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya yaitu panas komponen komputer yang mengendap didalam selama beberapa bulan.

ketiga kipas VGA rusak, jika sudah dibersihkan dan sudah dikasih pelumas masih tidak berputar maka sudah dapat dipastikan kipas vga mengalami kerusakan dan harus diganti.

Baca juga : Tingkatan Processor Intel

Cara Mengatasi Kipas VGA Tidak Berputar

Kipas VGA yang tidak berputar adalah masalah yang sering terjadi pada komputer, terutama bagi pengguna yang sering memainkan game atau melakukan tugas berat lainnya. 

Hal ini dapat menyebabkan overheat pada komputer, yang berpotensi merusak hardware yang ada di dalamnya. 

Nah, untuk itu sangat penting bagi pengguna laptop untuk segera memperbaiki kipas VGA tidak berputar tersebut. 

Berikut kami akan memberikan beberapa solusi mudah dan tepat untuk memperbaiki kipas VGA yang tidak berputar.

Membersihkan Debu dan Kotoran

Kipas VGA tidak berputar seringkali disebabkan oleh debu dan kotoran yang menumpuk pada kipas itu sendiri. 

Bersihkan kipas VGA secara rutin. Caranya dengan menggunakan kuas halus atau kompresor udara untuk membersihkan debu dan kotoran pada kipas. 

Setelah membersihkan, pastikan untuk memeriksa apakah kipas VGA sudah berputar atau belum.

Memperbaiki Kabel yang Putus

Kipas VGA tidak berputar juga bisa disebabkan oleh kabel yang putus atau rusak. Jika kabel yang terhubung antara kipas dan motherboard putus atau rusak, kipas VGA tidak akan berputar. 

Oleh karena itu, periksa kabel terlebih dahulu untuk memastikan tidak ada kabel yang putus atau rusak. 

Apabila terdapat kabel yang rusak, segera ganti kabel yang baru dan pastikan untuk menghubungkannya dengan benar.

Mengganti Kipas VGA yang Rusak

Jika solusi di atas tidak berhasil, kemungkinan besar kipas VGA sudah rusak dan perlu diganti. Untuk mengganti kipas VGA, caranya sangat mudah. 

Pertama, pastikan Anda memiliki kipas VGA yang kompatibel dengan komputer Anda. Kemudian, buka casing komputer dan cari kipas VGA yang rusak. 

Lepaskan kipas VGA yang berada di motherboard dan pasang kipas VGA yang baru dengan hati-hati. 

Setelah itu, tutup kembali casing komputer dan hidupkan komputer untuk memeriksa apakah kipas VGA sudah berputar atau belum.

Mengupdate Driver Kipas VGA

Terakhir, masalah kipas VGA yang tidak berputar juga bisa disebabkan oleh driver kipas VGA yang tidak terupdate. 

Update driver ke versi terbaru. Cara update driver kipas VGA adalah dengan mengunjungi situs web resmi dari produsen kipas VGA Anda dan mengunduh driver terbaru. 

Setelah itu, instal driver tersebut dan pastikan kipas sudah berputar dengan normal agar bisa digunakan secara  optimal.

Cara Memperbaiki Kipas VGA Macet 

kipas VGA tidak berputar

Dalam hal ini ada 3 cara untuk mengatasi kipas yang macet namun tidak rusak yaitu :

1. Dengan minyak mesin

Menggunakan minyak ini karena harganya terjangkau dan teksturnya tidak terlalu kental.

Awalnya, masukkan minyak mesin ke poros kipas, hati-hati saat membuka kipas karena ada yang sulit dibuka dan ada pula yang mudah.

Baca juga : Pengertian Dan Fungsi Kamera Digital

2. Dengan WD-40

Semprotkan cairan WD-40 ke bagian poros kipas,sambil putar-putar kipas jika belum lancar ulangi hal yang sama namun jangan berlebihan.

3. Dengan minyak goreng bekas

Cara ini merupakan cara gratisan dan agak beresiko karena menggunakan minyak bekas goreng.Caranya ambil minyak sedikit lalu masukkan ke poros kipas VGA, ulangi hingga kipas lancar diputar.

Jika cara diatas belum bisa mengatasi kipas VGA kalian yang tidak berputar maka sudah dapat dipastikan kipas VGA kalian rusak dan harus diganti,saran penulis lebih baik dibawa ke tempat service untuk penggantiannya.

Baca juga : Tema Fotografi Unik

Cara Mengatasi Kipas VGA yang Berputar tapi Tidak Terdeteksi

Jika kipas VGA tidak berputar, panas yang dihasilkan oleh kartu grafis tidak akan terbuang dengan baik, yang akan menyebabkan overheating pada kartu grafis. 

Overheating dapat menyebabkan kerusakan pada komponen dalam waktu singkat dan dapat mengurangi umur kartu grafis secara signifikan. 

Maka dari itu, memperbaiki kipas VGA yang tidak berputar secepat mungkin merupakan hal yang sangat penting.

Berikut kami sajikan beberapa cara dalam memperbaiki masalah kipas VGA yang berputar tapi tidak terdeteksi.

Membersihkan Kipas VGA

Kipas VGA dapat terhambat oleh debu dan kotoran dari lingkungan sekitar. Hal ini dapat mengakibatkan kipas berputar dengan lambat atau bahkan kipas vga tidak berputar sama sekali. 

Solusi yang paling mudah adalah dengan membersihkan kipas VGA secara berkala. Anda dapat membersihkan kipas VGA dengan menggunakan kuas atau blower kecil. 

Lakukan pembersihan kipas secara lembut dan hindari menggunakan benda yang keras yang dapat merusak kipas.

Mengecek Kabel Koneksi

Kipas VGA terhubung ke kartu grafis melalui kabel koneksi. Jika kabel koneksi tidak terpasang dengan benar atau terlepas, kipas VGA tidak akan berputar. 

Pastikan untuk memeriksa kabel koneksi secara berkala dan pastikan kabel terpasang dengan benar.

Mengganti Kipas VGA

Apabila kedua cara di atas tidak berhasil atau kurang efektif dalam memperbaiki masalah kipas VGA yang berputar tapi tidak terdeteksi.

Maka solusi terakhir adalah dengan mengganti kipas VGA yang rusak dengan yang baru. Anda dapat membeli kipas VGA pengganti di toko komputer terdekat atau online.

kipas VGA yang berputar namun tidak terdeteksi dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya kabel yang rusak atau tidak terhubung dengan baik, masalah pada driver VGA, atau masalah pada motherboard. 

Untuk memperbaikinya, coba untuk memeriksa kabel dan menggantinya jika rusak, memperbarui driver VGA, atau membawa komputer ke tempat servis terdekat untuk mendapatkan bantuan profesional.

Gejala Yang Dihadapi VGA Yang Rusak

Ada beberapa mungkin dari kalian yang belum faham mengenai nama kerusakan yang sedang dihadapi oleh VGA pada laptop kalian.

Benda elektronik pasti ada batas wajar penggunaannya atau kemampuan bertahan yang terbatas, misal seperti processor yang digunakan pada laptop akan yang akan rusak setelah beberapa tahun.

Contoh lagi mouse yang kalian gunakan sehari-hari untuk mengoperasikan komputer akan rusak juga dalah beberapa waktu, meskipun digunakan dengan sangat hati-hati.

Berikut gejala yang sering dihadapi VGA yang rusak :

  1. Komputer atau laptop mengalami freeze / hang.
  2. Layar menjadi warna biru atau biasa disebut BSOD ( Bluescreen Of Death ).
  3. Muncul artefak yang dimana layar akan mucul gambar objek tertentu dan ini salah satu gejala yang sulit diperbaiki.
  4. Laptop sering berkedip bisa juga menjadi salah satu gejala yang disebabkan oleh VGA yang rusak.
  5. No display, namun bisa juga hal lain yang membuat komputer kalian no display.
  6. Kipas VGA berisik, karena debu yang tidak dibersihkan atau juga VGA yang sudah mengalami overheat.
  7. Performa yang diberikan VGA dalam beroperasi berkurang, dan tentunya hal ini membuat kalian tidak nyaman.

Mungkin itu saja saran dalam mengatasi Kipas VGA Tidak Berputar yang bisa saya berikan, semoga bermanfaat dan bisa memecahkan masalah yang kalian hadapi.

wassalamualaikum.

34 Replies to “4+ Cara Memperbaiki Kipas VGA Tidak Berputar”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *