Pengertian Kipas Processor Beserta Fungsi Dan Cara Merawatnya

pengertian kipas processor

Beberapa orang masih belum memahami pengertian kipas processor. Sebetulnya ini masuk ke dalam salah satu komponen terkait dan paling penting.

Bahkan jika tidak berfungsi malah akan membuat laptop atau komputer kalian semakin panas dan tak bisa digunakan.

Namun jangan khawatir, untuk merawat dan mempertahankan kipas processor agar tidak mudah rusak cukup mudah.

Yang perlu kalian perhatikan hanya cara – cara yang benar dilakukan saja, simak penjelasan berikut agar tidak ada kesalahan dalam menangani kipas prosesor.

Baca juga : Cara Memperbaiki Kipas VGA Tidak Berputar

Penjelasan Lengkap Tentang Kipas di Prosesor Laptop

Perlu Anda pahami pengertian kipas processor adalah sebuah kipas yang akan menempel pada casing komputer. Bahkan lokasinya tepat di bagian atas heatsink.

Karena ketika menyalakan PC ataupun laptop secara otomatis akan menimbulkan panas pada beberapa komponen.

Agar bisa mendinginkannya, maka kalian harus menggunakan kipas yang ada di dalam komputer tersebut.

Bagian pendingin yang paling utama yang harus didinginkan adalah CPU atau processor. Karena jika tidak, otomatis mampu mengakibatkan banyak kerusakan.

Meski sebetulnya komputer sudah dirancang sedemikian rupa. Namun kipas pendingin seperti ini tetap diperlukan agar mampu menangkis panas yang dihasilkan oleh komponen lainnya.

Baca juga : Urutan Processor Laptop Terbaik

Baca juga : Pengertian Dan Fungsi Kamera Digital

Fungsi-fungsi dari Kipas Processor

Pengertian Kipas Processor

Setelah memahami pengertian kipas processor, ini Fungsi yang paling utama kipas processor adalah menjadi pendingin dan mampu menjaga agar CPU selalu pada suhu yang ditolerir. 

Namun hal seperti ini biasanya akan terganggu jika saja ada debu-debu yang menempel pada baling-balingnya.

Itulah kenapa sangat penting sekali memahami seberapa penting pembersihan dari kipas angin tersebut. 

Dikarenakan, tidak semua orang bisa membongkar laptop ataupun komputer. Alhasil satu-satunya cara yaitu perlu memanggil tukang servis agar fungsinya semakin optimal.

Baca juga : VGA Artefak

Bagaimana Cara Kerja Dari Kipas Processor Laptop ?

Pengertian Kipas Processor

Perlu dipahami, cara kerja dari kipas prosesor laptop seperti ini sebetulnya ada dua tipe. Yaitu merupakan aktif dan juga pasif heatsink. 

Tapi pada dasarnya sesuai dengan pengertian kipas processor adalah mereka sama-sama akan memindahkan panas yang berasal dari komponen komputer seperti CPU ke udara bebas.

Baca juga : Pengaruh GHz Pada Processor

Dengan adanya pemindahan panas dari komponen komputer alhasil kinerja dari komputer juga kembali optimal seperti sedia kala. Sedangkan caranya sendiri ialah melakukan kombinasi metode konduksi beserta konveksi.

Dengan demikian panas yang asalnya dari prosesor bisa dipindahkan ke logam dengan metode konduksi. 

Alhasil suhu panas tersebut diterima oleh logam heatsink kemudian dibuang menuju udara dengan menggunakan.

Baca juga : Tingkatan Processor Intel

Bagaimana Tahapan untuk Bisa Membersihkan Kipas Prosesor PC ?

Ketika memutuskan untuk mencari tahu apa pengertian kipas processor dan pastinya jika anda memiliki yang sudah berumur maka kalian perlu tahu bagaimana cara membersihkan kipas prosesor PC. 

Anda perlu memahami jika pasti akan ada alat maupun bahan tertentu. Jadi langsung saja menyimak ulasan berikut ini.

Baca juga : Processor Untuk Gaming

Alat dan Juga Bahan yang Perlu Dipersiapkan

Peralatan yang perlu dipersiapkan yaitu dimulai dari obeng untuk membuka casing laptopnya. Lalu kuas yang punya fungsi menjadi pembersih baling-baling kipas. Kemudian siapkan juga kain ataupun tisu yang bersih dan mengkilap.

Menyiapkan pula wadah namun ini bersifat opsional karena akan jadi tempat khusus bagi kipas supaya terhindar dari hal-hal tak mengenakkan. Baru setelah peralatan dan bahan tadi telah lengkap maka bisa langsung ke tahapan pembersihannya.

Baca juga : Pengertian Dan Dasar-Dasar Fotografi

Langkah-langkah Membersihkan Kipas Processor

Pastinya Anda pun sudah tidak sabar lagi untuk bisa segera membersihkan kipas prosesor pada laptop ataupun komputer. Dengan demikian, di bawah ini adalah seluruh yang perlu sekali diikuti oleh pengguna. 

  • Pertama-tama memastikan jika laptop sudah dalam keadaan mati. Baru kemudian bisa dilepaskan dari perangkat peripheral. Misalnya seperti keyboard, mouse, monitor dan lain sebagainya.
  • Jangan lupa untuk melepaskan baut tepat di bagian bawah laptop ya. Pastikan untuk simpan agar tak hilang ya, itulah kenapa penting sekali mempersiapkan wadah khusus.
  • Segera lepas casing laptop tersebut lalu akan melihat kipas di bagian pojokan laptop. Biasanya punya casing yang mirip logam atau semacam aluminium.
  • Saat kipas sudah dilepaskan dari motherboard, penggunaan dari tisu ataupun kain tadi dipakai untuk membersihkan bagian aluminiumnya. Pastikan mengusap secara halus sampai termasuk baling-balingnya.
  • Agar lebih praktis lagi, sebetulnya bisa saja Anda menggunakan kompresor udara. Jadi, pengguna laptop lebih suka jika gunakan pilihan ini. Karena lebih terpercaya mampu bersihkan secara maksimal.
  • Sedangkan, untuk tahapan paling akhir ini semua pengguna punya kewajiban dalam memasang kembali seluruh komponen tadi. Baru laptop dan juga komputer bisa dinyalakan dan rasakan perubahannya.

Baca juga : Cara Memindahkan Foto Dari Canon Ke HP

Itulah sekilas informasi mengenai pengertian kipas processor. Semoga bermanfaat dan bisa memberikan banyak bantuan terutama bagi kalian yang masih belum tahu ya.

2 Replies to “Pengertian Kipas Processor Beserta Fungsi Dan Cara Merawatnya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *