4+ Tingkatan Processor Intel Terbaik

tingkatan processor intel

Karena masuk ke dalam salah satu bagian paling terpenting di dalam laptop, Maka alangkah baiknya mengetahui apa saja tingkatan processor Intel. Dengan demikian, mampu mengetahui apakah ada yang paling cocok sesuai dengan kebutuhan.

Inilah Tipe-tipe Prosesor Intel Dengan Berdasarkan Performa

Jika Anda terjun di pasaran, maka sebenarnya akan terbagi menjadi beberapa kelas. Dengan demikian pengguna wajib mengetahui pula tingkatan processor Intel berdasarkan performa. Karena bisa menyesuaikan dengan keperluan atau kebutuhan sehari-hari. Inilah ulasan lengkapnya:

Prosesor Intel Celeron

Bisa dikatakan, jika celeron ini menjadi tingkatan processor intel paling pertama. Tapi hingga saat ini rupanya masih banyak dipakai, jika saja kebutuhan sehari-harinya memang lebih ringan dan tidak pernah melakukan gaming di dalam komputer.

Baca juga : Pengertian Mouse Dan Fungsinya

Seri ini memang selalu mengedepankan target pengguna yang low budget. Dikarenakan harganya cukup murah.

Tapi untuk tipe ini juga memiliki varian 2/4 core, dan untuk kecepatan dari clocknya mencapai 3.2 GHz. Tentu masih sangat bisa diandalkan bukan.

Tipe Dari Prosesor Intel Pentium

Sebetulnya memang tidak jauh berbeda dengan seri sebelumnya. Karena kalangan yang paling ditargetkan oleh developer adalah para pemakai dengan aktivitas standar ataupun ringan. Jadi bukan hal mengherankan apabila masuk ke dalam tingkatan intel kedua.

Namun Pentium ini sudah didesain dengan menggunakan teknologi audio visual dan pasti jauh lebih baik.

Varian tersebut telah tersedia antara dua hingga empat core, lalu kecepatannya cukup oke karena sekitar 3,9 GHz.

Jenis Prosesor Intel Core i3

Setiap seri dari tingkatan processor Intel pasti punya tujuan agar bisa melengkapi tipe terdahulu bukan. Alhasil kemunculan dari core i3 ini menjadi performa terbaik karena kecepatannya sendiri bisa mencapai sekitar 4.0ghz.

Uniknya lagi adalah, banyak orang yang mengatakan untuk Intel core i3 sudah bisa melakukan kegiatan berat sekalipun.

Yaitu aktivitas gaming bahkan sampai editing. Tapi, dikarenakan saat peluncurannya memang tidak dikhususkan untuk kedua hal itu, tentu masih kurang optimal.

Baca juga : Cara Masuk ke Router ZTE

Prosesor Intel Core i5

Kemudian untuk tingkatan processor intel paling tinggi selanjutnya yaitu prosesor dengan Intel Core i5. Kenapa? dikarenakan mereka sudah menanam teknologi turbo boost.

Alhasil bukan hal mengherankan jika processor ini tergolong menjadi paling tinggi dibandingkan sebelumnya.

Pada seri seperti ini, nantinya komputer sudah bisa memutar video dengan resolusi sekitar 4K dan 360°. Peluncurnya sendiri telah menyediakan sekitar 4 sampai 6 core dan kecepatannya bisa mencapai 4.3 GHz.

Baca juga : Pengertian Dari Processor

Penjelasan Tentang Sejarah Intel Processor

Tingkatan Processor Intel

Beberapa orang memang belum mengetahui sejarah intel processor, misalnya tujuan awal dari pendiriannya. Dilakukan oleh Robert Noyce beserta gordon Moore dan awalnya hanya ingin meraup keuntungan. Sebab pada zaman itu mikroprosesor punya harga cukup tinggi.

Pada awalnya mereka berdua mengusulkan membuat gabungan nama agar bisa menjadi merek dari perusahaan. Tapi karena terlalu panjang akhirnya memutuskan menggunakan sebutan nm elektronik. Lalu jangka 1 tahun memutuskan untuk menggantinya dengan integrated elektronik.

Masuk ke dalam sebuah perusahaan multinasional yang pesatnya adalah di Amerika serikat. Mereka juga sangat populer karena telah merancang ataupun memproduksi mikroprosesor serta mengkhususkan dalam sirkuit terpadu.

Baca juga : Urutan Processor Laptop Terbaik

Jenis Jenis Prosesor Intel

Bagi para pengguna baru, jenis processor Intel memang dirasa cukup asing ketika didengar oleh telinga. Tapi hal-hal seperti ini wajib dicari spesifikasinya atau penjelasan lengkapnya. Dengan demikian mampu memilih komputer terbaik.

Baca juga : Tingkatan Processor AMD

Jenis Intel Atom

Apakah Anda pernah mendengar prosesor atom? Rupanya ini merupakan nama dari produk mereka yang secara khusus dirancang untuk sebuah proses CMOS 45 nm. Dimaksudkan agar mampu berjalan di dalam hp, netbook PC ultra portable dan juga MID.

Pemakaiannya sendiri memang lebih dipusatkan bagi perangkat lunak dengan daya rendah ataupun portable. Karena memang dirancang dengan kualitas cukup rendah tapi selalu mengutamakan daya tahan baterainya. 

Baca juga : Gejala Kerusakan Processor

Tipe Intel Celeron

Jika melihat pendekatan dari developer resmi, untuk tipe prosesor intel celeron masuk ke dalam yang paling handal untuk sebuah PC ataupun laptop yang low end. Apalagi biasanya dipakai untuk sebuah aktivitas web beserta komputasi mekanis.

Kemudian tipe tersebut terus-menerus melakukan perkembangan agar bisa punya tampilan dengan banyak variasi. Alhasil untuk jenis-jenisnya juga punya transistor masing-masing. Seiring berkembangnya evolusi sering dipasarkan menjadi mikroprosesor kelas bawah.

Tingkatan Intel Processor

Tingkatan processor intel dapat dikelompokkan berdasarkan keluarga dan seri. Berikut adalah beberapa tingkatan Prosesor intel yang terkenal:

  1. Tingkatan Intel Core i: Tingkatan processor intel ini dibagi menjadi tiga seri, yaitu Core i3, i5, dan i7. Semakin tinggi nomor seri, semakin kuat performanya.
  2. Tingkatan Intel Xeon: Tingkatan intel Processor ini dirancang untuk digunakan dalam sistem server dan workstation. Processor ini memiliki kecepatan clock yang lebih tinggi dan kemampuan untuk menangani beban kerja yang berat.
  3. Tingkatan Intel Pentium: Tingkatan intel Processor ini merupakan prosesor entry-level yang lebih terjangkau dibandingkan keluarga lainnya. Meski demikian, prosesor ini masih bisa diandalkan untuk tugas-tugas dasar seperti browsing web atau pengolahan dokumen.
  4. Tingkatan Intel Celeron: Seperti Pentium, tingkatan processor ini juga merupakan processor entry-level. Namun, Celeron biasanya digunakan dalam perangkat yang membutuhkan daya rendah, seperti netbook atau tablet.
  5. Tingkatan Intel Atom: Processor ini digunakan dalam perangkat mobile seperti smartphone, tablet, dan netbook. Processor ini dirancang untuk mengoptimalkan daya sehingga bisa bertahan lebih lama dalam penggunaan baterai.

Processor ini memiliki tingkatan Intel yang berbeda-beda dalam hal performa dan harga. Anda bisa memilih processor yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Demikian sekilas informasi tentang tingkatan processor Intel. Pastikanlah Anda bisa mendapatkan tipe dengan spesifikasi terbaik atau sesuai dengan kebutuhan masing-masing pemakai.