3+ Gejala Kerusakan Processor Dan Solusi Yang Harus Dilakukan

gejala kerusakan processor

Sebetulnya gejala kerusakan processor sendiri sangat mudah ditemui. Misalnya saja kondisi dari laptop sering mengalami panas.

Bahkan lebih parah lagi bisa jadi ketika dinyalakan loadingnya sangat lama. Itulah kenapa, harus paham apa yang jadi penyebab dan bagaimana memperbaikinya.

Baca juga : Cara Memperbaiki Kipas VGA Tidak Berputar

Aneka Faktor atau Penyebab Kerusakan Processor Laptop

Daftar penyebab kerusakan prosesor laptop atau gejala kerusakan processor perlu sekali diperhatikan. Dikarenakan ketika faktornya bisa diketahui terjadi secara otomatis mampu melakukan perbaikan sesuai dengan permasalahan tersebut. 

Mengalami Overheating

Gejala kerusakan processor yang pertama ini adalah overheating. Kondisi seperti ini adalah CPU mengalami panas berlebihan dan pada akhirnya membuat IC terbakar dan tak bisa digunakan lagi.

Lalu apa yang menjadi penyebab dari overheating ini? Misalnya saja dimulai dari kondisi kipas dari prosesornya sudah mati atau tak berfungsi. Ruangan memiliki suhu cukup panas, pemakaian dari laptop ataupun komputer secara berlebihan dan terakhir adalah tegangan listriknya tak bagus.

Baca juga : Cara mengatasi router latency tinggi

Muncul Ketidakseimbangan CPU dan Ram

Ternyata apabila RAM dan jika processor punya sebuah hubungan cukup erat. Jadi penyimpanan tersebut ketika spesifikasinya memang tidak terdukung oleh CPU. Alhasil bisa mengalami kerusakan dan malah membuat komputer atau laptop tak mau menyala.

Perlu Anda ketahui jika prosesor itu tidak semuanya mampu menghimbau RAM apalagi jika memiliki jenis low end. Jadi ketika dipaksakan tentunya malah mengakibatkan kondisi dari proses tersebut alami gangguan bahkan muncul konsleting. Jika rusak juga harus dibawa ke tempat service.

Baca juga : Merk mouse terbaik

Dikarenakan Ada Debu Dan Kotoran

Perlu dipahami oleh pengguna laptop dan komputer, jika debu ataupun benda asing jika mampu merusak kondisi processor. Meskipun tidak langsung mengakibatkan suatu masalah tapi lama-kelamaan membuatnya mati total. Dikarenakan kipas juga akan terganggu.

Dengan demikian segala macam komponen yang ada di dalam komputer dan juga laptop juga akan terganggu. Entah itu proses penghantaran panas ataupun dingin terhambat. Karena overhead tadi membuat kondisi elektronik semakin cepat bermasalah.

Baca juga : Cara Memilih Processor Intel

Cara Cek Kerusakan Processor

Gejala Kerusakan Processor

Setelah kita memahami dan mengetahui gejala kerusakan processor, Sebetulnya terdapat sebuah cara cek kerusakan processor. 

Jika saja Anda sebagai pemula masih belum memahami apakah memang kondisi dari CPU tersebut betul-betul bermasalah. Agar lebih jelas lagi, inilah ulasan lengkapnya:

Bagian CPU Tak Bisa Dinyalakan

Pada saat prosesor tersebut alami kerusakan secara otomatis CPU juga tak akan menyala sama sekali. Meskipun ada suara namun kondisi dari layarnya gelap atau disebut sebagai black screen. Apa maknanya?.

Baca juga : Pengertian Mouse Dan Fungsinya

Hal tersebut bisa diindikasi terdapat sebuah permasalahan di bagian perangkat keras komputer. Kemudian salah satu kecurigaan tentu akan mengarah langsung ke bagian proses tersebut. perihal seperti ini seringkali dilakukan oleh tukang servis juga.

Alami Kegagalan Saat Jalankan Program Berat

Program-program berat yang dimaksud biasanya sangat membutuhkan adanya spesifikasi komputer lebih besar. Apa saja itu? Misalnya merupakan aplikasi grafis, edit video, bahkan sampai gaming. Dimulai dari permasalahan pada ram bahkan sampai VGA juga jadi indikasinya.

Tapi untuk prosesor sendiri juga mampu mengakibatkan hal tersebut. Alhasil ketika membuka program berat seringkali mengalami force close. Jika saja perihal seperti ini muncul maka langsung terindikasi jika permasalahan tersebut berakar pada bagian tersebut.

Baca juga : Gejala Kerusakan Processor

Segera Teliti Fisik Prosesor Langsung

Terdapat sebuah cara yang juga sangat mudah dilakukan untuk bisa mengecek apakah ada kerusakan. Dia itu bisa langsung melihat bagaimana bentuk fisik profesornya. Biasanya jika ada kerusakan muncul sebuah patahan di bagian jumper pin.

Bukan itu saja, nantinya dengan cara ini bisa langsung melihat apakah ada bekas kosong dengan warna agak kehitam-hitaman. Ini bisa dikarenakan laptop sudah sering dipakai atau jangkanya terlalu lama alhasil processor juga alami overhead.

Baca juga : Pengertian Kipas Processor

Cara Memperbaiki Prosesor Rusak

Gejala Kerusakan Processor

Memperbaiki processor rusak memang tidak semudah yang dibayangkan. Namun jika saja Anda memang tidak mau menyerah dan ingin mencoba. Tentu tidak akan ada salahnya bukan, jadi bisa langsung mengikuti seluruh ulasan berikut ini:

  • Cara terbaik agar bisa mencegah munculnya kerusakan pada laptop yaitu mencegah overheating. Solusi lain jika memang kipas di internal tidak mampu mengatasi panas. Yaitu memasang pendingin di area eksternal.
  • Alangkah baiknya menggunakan sebuah RAM yang spesifikasinya memang sangat cocok untuk laptop. Dengan demikian prosesor pun juga mampu mendeteksi penyimpanan tersebut. Otomatis meminimalkan adanya kesalahan pemasangan hardware.

Baca juga : Cara Memasang Processor Laptop

Demikian sekilas informasi mengenai penjelasan lengkap gejala kerusakan processor. Dijamin sangat membantu pengguna laptop dan komputer jika memang mengalami hal-hal seperti demikian.

Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat dan menjadi wawasan tambahan untuk kalian para penikmat teknologi.