Cara Memasang RAM Pada Motherboard – Terbaru 2023

cara Memasang RAM Pada motherboard

Kalian sedang mencari ulasan cara memasang RAM pada motherboard ? Saya tau kalian pasti kebingungan untuk memasang RAM yang sudah kalian beli.

Hal ini sangat penting untuk dipelajari, khususnya bagi pemula atau baru belajar membongkar komputer atau laptop  sendiri.

Nah,  sebelum upgrade RAM komputer atau laptop, kalian harus tau RAM jenis apa yang support untuk komputer atau laptopnya.

Baca juga : Pengertian Dan Fungsi Kamera Digital

Jika sudah membeli RAM yang sesuai dengan komputer atau laptop, kalian bisa langsung melihat langkah-langkah dibawah ini.

Caranya sangat mudah yaitu cukup melihat spesifikasi perangkat keras kalian di google, bisa juga dengan cara membongkarnya.

Kalau menurut saya pribadi lebih baik bongkar saja untuk melihat spesifikasinya, agar benar-benar pasti dan jelas merk,kapasitas, serta jenis apa yang akan dibeli.

Jika dalam hal seperti ini asal bongkar dan pasang itu akan berakibat fatal bagi perangkat keras yang kalian miliki.

Karena komputer atau laptop akan rentan rusak jika salah dalam penanganannya, maka dari itu simak ulasan dari soaltekno.com di bawah ini, agar tidak salah dalam penanganan.

Bagaimana Cara Memasang RAM Pada Motherboard ?

Sebelum kita membahas cara memasang RAM pada motherboard lebih dalam lagi, alangkah baiknya kita harus tau apa itu RAM dan fungsinya.

Agar kalian tidak hanya tau cara memasang RAM pc saja, tetapi juga tahu kegunaan benda yang akan dipasang ke dalam perangkat keras kalian.

Baca juga : Macam Macam Aksesoris Kamera

RAM kepanjangan dari Random Acces Memory, definisinya adalah perangkat keras yang berperan sebagai memory atau tempat penyimpanan data sementara serta dapat diakses secara berurutan atau random.

Fungsi RAM pada motherboard adalah untuk menambah kecepatan dari komputer saat memproses data.Jadi kecepatan komputer kita dipengaruhi seberapa besar kapasitas memorinya.

Jika berkapasitas lebih besar maka semakin cepat pula komputer dalam memproses data, dan begitu juga sebaliknya, jika berkapasitas kecil mungkin akan lebih lama dalam memproses data.

Nah,sudah tau kan definisi RAM serta kegunaannya, saatnya kita simak langkah-langkah dalam pemasangannya.

Cara Memasang RAM Pada Motherboard PC

Sebenarnya cara memasang RAM komputer pada motherboard itu mudah juga bisa dilakukan sendiri, jadi jangan takut untuk membongkarnya.

Cukup perhatikan langkah-langkah dibawah ini dan mulai lakukan, tetapi harus dilakukan secara hati-hati.agar nantinya setelah proses pemasangan RAM ke motherboard, komputer dapat berfungsi secara maksimal.

Persiapkan dulu kebutuhan alat-alat dalam proses pembongkaran  CPU nanti, sepertinya hanya membutuhkan obeng sesuai ukuran baut.

Baca juga : Cara Login Router Indihome

Berikut ini langkah-langkah untuk cara memasang RAM PC pada motherboard :

1. Matikan Komputer

Langkah pertama untuk cara memasang RAM pada motherboard komputer yaitu matikan komputer serta pastikan tidak ada nyala arus listrik tersambung ke komputer dengan cara mencabut seluruh kabeh penghubung dengan PC kalian.

2. Buka Cover CPU

Berikutnya untuk cara memasang RAM PC, copot penutup CPU komputer dengan cara melepas baut-bautnya menggunakan obeng dengan menidurkan CPU agar mempermudah proses pembongkaran, lalu cari motherboard letaknya dekat dengan socket CPU.

Baca juga : Cara Masuk ke Router ZTE

3. Pemasangan RAM

Jika untuk mengganti RAM lama, ambil terlebih dahulu RAM yang lama itu, cukup menggunakan tangan tanpa alat bantu apapun.

Untuk cara melepas RAM laptop atau pc yaitu buka dulu 2 pengait, letak pengaitnya ada di sisi kanan dan kiri slot dan menekannya, lalu cabut RAM.

Pasang RAM yang baru,caranya bersihkan dulu motherboard dan usahakan di daerah motherboard tidak ada debu yang menempel, buka kunci pengait slot, lalu pegang RAM dengan mengarahkan bagian kuningan kebagian bawah.

Setelah itu letakkan diatas motherboard, perhatikan lekukan antara RAM dan slot.Lalu tekan secara perlahan sampai terpasang dengan sempurna.

Baca juga : Apa Itu VGA ?

4. Tutup Cover CPU

Langkah terakhir pasang penutup CPU seperti semula,pastikan part terpasang sempurna dan baut-baut terpasang dengan utuh.

Setelah semua sudah terpasang nyalakan PC-nya, lalu cek hasil, caranya yaitu masuk ke computer properties dan lihat apakah kapasitas memory pada PC sudah bertambah.Jika sudah, tandanya kalian sudah berhasil pemasangan RAM.

Baca juga : Bagian-bagian motherboard dan fungsinya

Cara Memasang RAM Pada Motherboard Laptop

Mungkin cara memasang RAM laptop sama dengan cara memasang RAM pada motherboard PC. Namun tahap-tahapnya agak sedikit berbeda.

Sebelum masuk ke langkah-langkahnya persiapkan dahulu alat-alatnya yaitu obeng khusus untuk bongkar laptop, Pick gitar atau sejenis kartu tebal.

Langsung saja kita masuk ke langkah-langkah atau cara pasang RAM laptop :

1. Matikan Dan Buka Baterainya

Sebelum membongkarnya, matikan laptop terlebih dahulu dan buka baterainya untuk memastikan tidak ada arus listrik yang mengalir dan laptop tidak mengalami kendala atau bahkan rusak.

Baca juga : Pengertian Mouse Dan Fungsinya

2. Buka Cover Belakang

Gunakan obeng berukuran standard sesuai dengan sekrup, lalu buka  seluruh sekrup pada cover, Pastikan benar-benar terlepas seluruhnya dan letakkan ditempat yang menurut kalian aman, agar tidak tercecer atau berantakan dan hilang.

Setelah seluruh sekrup terlepas, gunakan pick gitar atau semacamnya untuk mencongkel sisi-sisi pada penutup dengan cara perlahan agar tidak patah atau pecah.

3. Pemasangan

Setelah seluruh cover terbuka kalian akan menemukan slot RAM.Dalam hal ini ada dua kemungkinan yaitu kalian bisa menambahkan RAM baru ke slot kosong atau kalian harus lepas yang lama untuk upgrade yang berkapasitas lebih besar.

Karena laptop ada juga yang hanya menyediakan satu slot saja dan ada juga yang penyediaan dua slot tergantung jenis laptop tersebut.

Untuk pelepasan dan pemasangan-nya kurang lebih sama dengan pemasangan pada PC.

Baca juga : Urutan Processor Laptop Terbaik

4. Tutup Cover Bawah

Setelah selesai pasang RAM baru,maka kalian tutup kembali cover bagian bawah lalu pasang sekrup dan kencangkan.

Kendala Yang Sering Terjadi Setelah Upgrade RAM

Setelah mengikuti cara memasang RAM pada motherboard yang saya tuliskan diatas, saya tidak bisa menjamin Laptop/PC kalian langsung menyala.

Mungkin ada sebagian orang bisa langsung berhasil dalam meng-upgrade laptop/PC-nya, Namun ada juga yang mengalami kendala pada laptop/PC-nya.

Jika kalian termasuk orang yang mengalami masalah tersebut, jangan panik kalian hanya perlu tenang.

Saya akan memberikan beberapa contoh masalah yang sering dihadapi setelah upgrade laptop/PC, seperti BSOD ( Blue Screen Of Death ),Laptop tidak menyala bahkan sampai berbunyi beep.

Solusinya yaitu bongkar kembali Laptop/PC lalu lepaskan kembali RAM, jika ada RAM yang lama maka bersihkan terlebih dahulu menggunakan penghapus untuk pensil.

Caranya cukup menggosok-gosok bagian kuningannya dengan penghapus, lalu coba nyalakan kembali komputer kalian.

Penutup

Cara memasang RAM pada motherboard laptop/PC, bisa terbilang mudahkan.

Kalian bisa membongkarnya sendiri tanpa harus keluar duit lagi untuk pemasangan RAM.

Ikuti saja langkah-langkah diatas dengan perlahan agar pada saat pemasangan maupun setelah pemasangan tidak terjadi kendala pada perangkat keras kalian.

Jika tidak ada peralatannya untuk membongkar laptop, kalian bisa membelinya di toko online, atau bisa meminjamnya dulu pada teman.

Sekian artikel saya ini,semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum