Penyebab Motherboard Rusak, Gejala, Dan Cara Ampuh Mengatasi Motherboard Rusak

penyebab motherboard rusak

Jika kalian mengalami masalah pada komputer kalian, kemungkinan besar penyebab motherboard rusak.

Mobo/mainboard/motherboard adalah bagian terpenting dari sistem komputer, dan kerusakannya bisa mengganggu kinerja komputer kalian secara keseluruhan. 

Tidak usah panik, kami akan membahas tentang penyebab, gejala, dan cara memperbaiki motherboard rusak dengan mudah dan efektif.

Penyebab motherboard rusak

Jika motherboard mengalami kerusakan, maka komputer tidak akan bisa berfungsi dengan baik. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab motherboard rusak.

Penyebab kerusakan pada motherboard ada beberapa faktor yaitu :

Overheating

Overheating atau kelebihan panas adalah penyebab motherboard rusak yang utama. Ketika suhu di dalam casing komputer meningkat, maka suhu pada mobo juga akan meningkat. 

Jika suhu semakin panas dan melebihi batas kemampuan komputer atau laptop, maka motherboard akan mengalami kerusakan.

Solusi untuk menghindari overheating adalah dengan memperbaiki sistem pendingin pada komputer.

Kalian bisa menambahkan kipas atau pendingin air untuk membantu mengurangi suhu pada komputer.

Korsleting Listrik

Korsleting listrik bisa terjadi ketika komputer terhubung dengan sumber daya listrik yang tidak stabil. 

Korsleting listrik bisa menjadi penyebab motherboard rusak dan komponen lainnya pada komputer yang digunakan.

Solusinya gunakan stabilizer listrik atau UPS (Uninterruptible Power Supply) pada komputer yang akan membantu menjaga tegangan listrik agar tetap stabil. 

Sedangkan UPS akan membantu melindungi komputer dari mati mendadak akibat pemadaman listrik.

Kerusakan fisik

Kerusakan fisik seperti jatuh atau tertabrak menjadi penyebab motherboard rusak. Ketika mobo mengalami kerusakan fisik, maka beberapa komponen motherboard bisa rusak dan tidak berfungsi dengan baik.

Pastikan komputer kalian ditempatkan pada meja atau permukaan yang datar dan stabil agar terhindar dari insiden jatuh atau terkena benda lain.

Kualitas Komponen

Kualitas komponen yang buruk bisa menjadi penyebab motherboard rusak. Ketika kalian membeli komponen untuk membangun komputer kalian, pastikan memilih komponen yang berkualitas. 

Komponen motherboard dengan kualitas buruk akan membuat motherboard dan hardware lainnya pada komputer mudah rusak.

Usia

Penyebab motherboard rusak juga bisa karena akibat usia. Semakin lama penggunaan motherboard, semakin besar kemungkinan motherboard mengalami kerusakan. 

Ketika mainboard mengalami kerusakan akibat usia, maka solusinya adalah dengan mengganti mobo yang rusak dengan mobo yang baru.

Pastikan komputer kalian mendapatkan perawatan secara rutin dan diperbarui dengan komponen terbaru untuk menghindari kerusakan lebih cepat.

Ciri Ciri Motherboard Rusak

Motherboard berfungsi sebagai penghubung antara semua komponen yang ada di dalam komputer. 

Oleh karena itu, jika ada kerusakan pada motherboard, maka komputer tidak bisa berfungsi dengan baik atau bahkan tidak bisa digunakan sama sekali. 

Setelah membahas penyebab motherboard rusak, kami akan membahas beberapa gejala kerusakan pada mainboard yang harus kalian ketahui.

1. Tidak ada tampilan pada layar

Gejala pertama dari kerusakan pada motherboard adalah ketika tidak ada tampilan pada layar komputer. Ini biasanya disebabkan oleh kerusakan pada kartu grafis atau kabel VGA rusak. 

Namun, jika sudah mencoba mengganti kartu grafis atau kabel VGA, namun masalah tetap ada, kemungkinan besar masalahnya terletak pada motherboard.

2. Bunyi beep saat booting

Jika saat booting komputer terdengar bunyi beep yang berulang-ulang, itu bisa menjadi tkalian kerusakan pada motherboard. 

Setiap bunyi beep memiliki arti yang berbeda-beda tergantung pada jumlah dan lamanya bunyi tersebut. Biasanya, bunyi beep saat booting menandakan adanya masalah pada RAM atau motherboard.

3. Komputer sering crash atau blue screen

Semua penyebab motherboard rusak bisa mengakibatkan komputer sering crash atau muncul blue screen. 

Blue screen biasanya disebabkan oleh kerusakan pada driver atau sistem operasi, namun jika sudah mencoba memperbaikinya namun masih terus muncul, kemungkinan besar masalahnya terletak pada mono.

Baca juga : Cara Browsing Google Luar Negeri

4. USB atau port lainnya tidak berfungsi

Jika port USB atau port lainnya pada komputer kalian tidak berfungsi, itu bisa menjadi tanda kerusakan pada motherboard. Ini biasanya disebabkan oleh kerusakan pada chipset yang terbisa pada mainboard.

5. Komputer tidak bisa menyala sama sekali

Jika komputer kalian sama sekali tidak bisa menyala, itu bisa menjadi tanda penyebab motherboard rusak yang cukup serius. 

Hal ini dapat dipicu oleh beberapa sebab seperti kerusakan power supply atau kerusakan motherboard itu sendiri.

Cara Mengatasi Motherboard Rusak

Ketika mobo rusak, ini bisa menjadi masalah besar bagi pengguna komputer. Motherboard adalah komponen yang sangat penting, karena menghubungkan semua komponen lainnya. 

Ketika motherboard rusak, komputer tidak bisa berfungsi dengan benar atau bahkan tidak bisa dihidupkan sama sekali. Berikut cara mengatasi motherboard rusak.

1. Periksa Kabel dan Koneksi

Ketika motherboard rusak, hal pertama harus dilakukan adalah memeriksa kabel dan koneksi. Pastikan bahwa semua kabel terhubung dengan benar dan tidak ada yang lepas.

Jika ada kabel yang lepas atau koneksi yang longgar, hubungkan kembali dengan benar dan periksa apakah masalah sudah teratasi.

Baca juga : Cara Mengambil Angle Foto Yang Bagus

2. Periksa Listrik

Motherboard memerlukan sumber listrik cukup untuk berfungsi dengan benar. Pastikan bahwa kabel daya terhubung dengan baik dan tidak ada yang rusak. Jika kabel daya rusak atau terlihat aus, gantilah dengan kabel baru.

3. Periksa Komponen Lainnya

Ketika motherboard rusak, kemungkinan besar ada masalah dengan komponen lainnya juga. Periksa semua komponen lainnya seperti RAM, kartu grafis, dan hard disk. Pastikan bahwa semua komponen tersebut terpasang dengan benar serta tidak ada yang rusak.

4. Periksa Bios

Bios adalah program kecil pada mainboard yang mengontrol pengaturan dasar sistem. Ketika motherboard rusak, kadang-kadang masalah bisa diselesaikan dengan mengatur ulang bios. Periksa panduan mainboard untuk mengetahui cara mengatur ulang bios.

5. Ganti Motherboard

Jika semua cara di atas tidak berhasil, maka satu-satunya cara untuk mengatasi masalah motherboard rusak adalah dengan menggantinya. 

Pilih motherboard sesuai dengan kecocokan komponen lain, karena tidak semua mobo cocok dengan semua jenis komponen.

Baca juga : Cara Login Router Indihome

6. Konsultasi Teknisi

Jika kalian tidak yakin atau tidak memiliki pengetahuan yang cukup, konsultasikan dengan teknisi komputer terpercaya. 

Mereka akan membantu kalian menemukan masalah dan memberikan solusi terbaik untuk mengatasi masalah motherboard rusak.

Jika kalian menemukan penyebab motherboard rusak dan ingin menanganinya sendiri, maka disarankan untuk melakukannya secara hati-hati.

Demikian artikel ini dibuat, dengan harap bisa membantu pembaca dalam menyelesaikan masalahnya.

Wassalamualaikum.