7+ Cara Memperbaiki Motherboard PC Mati Total : Bisa Langsung Nyala

Memperbaiki Motherboard PC mati total

Cara memperbaiki motherboard PC mati total – Pada era digital ini perkembangan teknologi semakin maju, salah satu bukti perkembangan teknologi adalah semakin banyaknya pengguna PC dan laptop. 

Disamping itu banyak pula yang membutuhkan komponen-komponen PC guna untuk mengganti komponen yang lama maupun yang sudah rusak, sehingga perusahaan harus menyediakan komponen-komponen tersebut untuk disebar ke pasar teknologi.

Kali ini saya akan membahas masalah yang sering terjadi di kalangan pengguna PC, yaitu masalah motherboard pc yang tidak berfungsi.

Motherboard merupakan bagian paling penting didalam komputer karena jika motherboard mati total maka komputer tidak akan bisa dinyalakan.

Mungkin sebagian dari kalian belum begitu paham tentang apa itu motherboard, jadi saya akan mencoba menjelaskannya secara singkat.

Intinya motherboard adalah perangkat keras komputer yang berbentuk papan sirkuit dan menghubungkan seluruh komponen komputer.

Baca juga : Jenis Jenis Kamera Canon DSLR

sudah mengerti kan apa itu motherboard, saatnya kita bahas tentang beberapa kasus kerusakan motherboard dalam komputer, dan solusinya. simak penjabaran berikut ini !

Memperbaiki Motherboard PC Mati Total

Memperbaiki Motherboard PC Mati Total

Pahami dulu bagian-bagian motherboard dan fungsinya agar nanti pada saat kalian membongkar kalian tahu bagian mana saja yang kalian eksekusi.

Setelah itu pastikan dahulu apakah benar motherboard pada PC kalian yang bermasalah ? karena walaupun motherboard menjadi pusat dari semua komponen komputer, tidak semua masalah disebabkan oleh motherboard.

Berikut beberapa penyebab dan cara memperbaiki motherboard PC mati total.

Periksa Power Supply

Mungkin kalian bingung kenapa power supply yang harus diganti ? sedangkan masalah yang kita hadapi adalah motherboard.

Nah, motherboard dengan perangkat keras lainnya tidak akan bisa terhubung jika tidak ada arus listrik yang dialirkan oleh power supply.

Jika power supply mengalirkan tenaga listrik secara tidak stabil, yang disebabkan oleh kabel putus,pemasangan tidak tepat, dll.Maka kemungkinan besar penyebab dari kita harus memperbaiki motherboard pc mati total adalah ini.

Cara mengecek power supply yaitu dengan cara melepas kabel power, lalu lepaskan juga socket kabel atx1 yang terhubung dengan motherboard.

Baca juga : Bagian Bagian Kamera

Setelah itu sambungkan kembali kabel power dan hubungkan kabel hitam dengan kabel hijau, guna mengetes kipas yang ada di power supply apakah masih menyala atau tidak.

Jika kipas masih menyala atau berputar tandanya power supply masih dalam keadaan bagus dan masih layak untuk digunakan.

Jika power supply rusak, maka untuk memperbaiki power supply komputer mati total kalian dapat memeriksa komponen didalam power supply tersebut satu persatu, lalu ganti komponen yang sudah rusak.

Periksa Jumper Clear CMOS

Biasanya dalam jumper CMOS terdapat 3 pin yang terletak di dekat baterai CMOS yang fungsinya untuk menyimpan dan mereset CMOS ke posisi setelan pabrik.

Salah satu ciri ciri motherboard rusak coba kalian periksa bagian ini kemungkinan besar itu sebabnya kita harus memperbaiki motherboard pc mati total karena salah dalam pengaturan. 

Dengan melakukan jumper clear CMOS kita akan tahu apakah pengaturan yang ada dikomputer kita sudah benar atau belum.

Cara memperbaiki motherboard PC mati total ini dengan ubah posisi pin dari pin 1 dengan 2 menjadi pin 2 dengan 3 maka pengaturan akan berubah menjadi pengaturan awal.

Setelah itu coba kalian hidupkan kembali komputer kalian, apakah sudah bisa menyala atau belum.

Baca juga : Cara Memperbaiki Kipas VGA Tidak Berputar

PC Overheat ( Panas Berlebihan )

Sebelum memperbaiki motherboard pc mati total, untuk PC overheat Sebenarnya komputer sudah dibekali komponen pendingin guna menstabilkan suhu komputer tersebut.

Namun jika komputer dipaksa untuk bekerja terus menerus tanpa henti dan tanpa diberikan waktu istirahat, maka seperti layaknya manusia akan terjadi kerusakan komponen didalamnya secara perlahan.

Loh,kan udah ada pendingin ! ya mungkin sudah ada pendingin namun beberapa komponen kecil yang rawan rusak tidak kuat dengan beban temperatur yang meningkat berlebihan.

Jika untuk komputer PC ataupun laptop cukup kalian sleep untuk mengistirahatkan komponen-komponen didalamnya,.

Namun untuk komputer server tidak bisa hanya di sleep karena itu akan mempengaruhi jaringannya. Karena salah satu ciri ciri motherboard rusak bisa jadi karena overhead.

Coba periksa IC Chipset dalam posisi tersambung dan pada switch on, jika panas berlebihan berarti chipset sudah rusak.

Baca juga : Pengertian Mouse Dan Fungsinya

Adapun cara-cara mengatasi PC yang overheat :

  1. Bersihkan debu pada kipas pendingin
  2. Kurangi program yangs sedang berjalan
  3. Pastikan posisi heatsink telah menempel tepat di atas processor
  4. Tambahkan kipas tambahan untuk mengurangi udara panas
  5. Mematikan PC jika tidak digunakan dalam jangka waktu lama
  6. Beri jarak antar hardware jika kalian merakit PC sendiri

Periksa Processor

Untuk Memperbaiki Motherboard PC Mati Total Coba cek apakah processor / cpu mati total atau menyala, karena Processor merupakan komponen utama yang berperan sebagai otak dari sebuah komputer.

Processor berada ditengah-tengah motherboard, dan fungsinya yaitu Untuk menerima perintah dari program aplikasi pada sebuah komputer dan menjalankan sebuah perhitungan.

Maka dari itu kenapa processor harus diperiksa jika motherboard atau PC terjadi kendala.

Dalam kasus ini kalian bisa coba beberapa kali untuk mengetahui hasilnya, jika belum berhasil juga lebih baik ganti saja dengan yang baru dari pada kalian paksakan malah berakibat fatal bagi komponen lainnya.

Baca juga : Cara memasang RAM pada motherboard

Ciri-ciri Motherboard Rusak

Yang perlu kalian tahu sebelum kalian memperbaiki motherboard rusak milik kalian, ada beberapa ciri mobo rusak yaitu :

  1. Komponen yang berada di dalam motherboard rusak yang menyebabkan motherboard tidak menyala
  2. Saat menghidupkan PC berhenti pada boot screen 
  3. Komputer mati total secara tiba-tiba
  4. Komputer susah untuk dihidupkan
  5. Berbunyi beep pada PC, karena itu dapat dikatakan salah satu ciri ciri motherboard rusak

Jika kalian merasakan hal seperti diatas jangan panik yang perlu kalian lakukan yaitu mencari sumber masalahnya dan segera memperbaikinya.

Baca juga : Pengertian Dari Processor

Akhir kata

Mungkin itu saja cara memperbaiki motherboard PC mati total, jika motherboard rusak parah lebih baik diganti dengan yang baru atau kalian bisa membawanya ke tempat reparasi resmi yang dianjurkan oleh perusahaan pc kalian jika motherboard masih bisa diperbaiki.

Semoga tulisan ini dapat membantu memecahkan masalah kalian tentang motherboard,dan kalian bisa segera menggunakan PC kalian lagi dengan baik.Sekian dan terima kasih.

Wassalamualaikum