4+ Cara Agar Laptop Ditutup Tidak Mati Dan Kebiasaan Buruk User Laptop

cara agar laptop ditutup tidak mati

Ingin tau gimana cara agar laptop ditutup tidak mati ?  nah kalian sudah berada ditempat yang tepat.

Untuk kalian yang sering membawa laptop kemana-mana baik untuk bekerja ataupun untuk kesibukan lainnya pasti merasa terganggu jika sering mematikan dan menghidupkan laptop.

Apalagi hanya berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya, meskipun laptop hanya di mode sleep kita pun membutuhkan waktu lagi untuk menghidupkannya.

Apalagi saat kita sedang dikejar deadline, pasti metode ini sangat dibutuhkan untuk mempersingkat penyelesaian pekerjaan.

Namun ga usah risau, problem ini akan kita pecahkan dengan memberikan beberapa tips yang mungkin dapat kalian terapkan pada laptop kalian agar saat ditutup tidak mati.

Baca juga : Jenis Jenis Kamera Canon DSLR

Tapi sebelumnya kita bahas dulu kebiasaan user laptop tanpa sadar membuat laptopnya cepat overheat dan rusak.

Kebiasaan Yang Membuat Laptop Cepat Overheat Dan Rusak

Sebelum ngebahas cara agar laptop ditutup tidak mati, coba kita bahas dari kebiasan yang sering dilakukan pemilik laptop dulu.

Tanpa sadar ternyata kebiasaan yang sering dilakukan oleh kita ada potensi buruk yang akan dialami laptop kita seperti akan mempersingkat usianya.

Salah satu dampaknya overheat yang pasti membuat performanya menurun dan akan menghambat aktifitas kita saat menggunakannya.

Yang biasanya laptop berusia 3 hingga 5 tahun, jadinya sebelum 3 tahun sudah menurun dalam segi fungsi dan performnya.

Berikut kebiasaan yang membuat laptop cepat overheat dan rusak, simak informasi dibawah ini.

Mode Sleep Terlalu Lama

Jika kalian sering menerapkan mode sleep terlalu lama pada laptop kalian, maka ini akan berdampak buruk untuk kesehatannya.

Maka lebih baik dimatikan dulu apabila kalian tidak segera menggunakannya lagi seperti saat malam hari kalian hendak tidur.

Mode sleep yang diterapkan terlalu lama akan mengakibatkan berkurangnya umur baterai dampak lainnya menyebabkan kerusakan motherboard.

Laptop Pada Suhu Panas

Saat penggunaan laptop perhatikan suhu pada laptop, jangan sampai overheat, karena itu akan menyebabkan laptop mati secara tiba-tiba.

Apalagi saat kalian melakukan aktivitas berat seperti mengedit video atau membuat berkas penting pada aplikasi yang berat. Jika laptop mati mendadak maka data kalian akan hilang sebelum tersimpan.

Untuk mencegah overheat kalian bisa menambahkan laptop fan dan cooling fan serta kalian hindari aktivitas diluar ruangan yang suhunya panas.

baca juga : Rekomendasi Kamera DSLR Untuk Pemula

Membiarkan Benda Diatas Laptop

Kadang dengan ngga sadar kita letakkan benda seenaknya di atas laptop, padahal itu bisa berpotensi merusak.

Contoh kerusakan yang akan terjadi, seperti kerusakan pada engsel laptop, layar LCD, dan bisa juga menggores bagian belakang laptop.

Baca juga : Cara Memperbaiki Kipas VGA Tidak Berputar

Membawa Laptop Dengan Tas Apa Saja

Tidak semua tas cocok untuk membawa laptop kalian kemana-mana, karena sebenarnya ada tas khusus untuk membawanya.

kebiasaan ini mungkin agak biasa jika dipikirkan, namun karena yang kita bawa benda elektronik yang rentan jika terkena benturan.

Maka hal ini perlu kalian perhatikan demi menjaga ketahanan laptop kalian dari sesuatu yang mungkin tidak diinginkan.

Baca juga : Penyebab Mouse Wireless Tidak Berfungsi

Cara Agar Laptop Ditutup Tidak Mati 

Untuk cara agar laptop tidak mati saat ditutup sangat mungkin bisa dilakukan karena pada dasarnya sistem operasi pada windows menyediakan fitur tersebut.

Pengaturan ini bisa diperuntukkan pada windows 7, 8, 10, ataupun 11 dan mungkin juga bisa dengan windows yang baru-baru nantinya.

Berikut langkah-langkah atau cara agar laptop ditutup tidak mati yang dapat kalian terapkan pada laptop kalian.

  1. Buka control panel pada fitur windows, lalu klik “hardware and sound”, atau untuk cara agar laptop ditutup tidak mati yang pertama ini bisa kalian lakukan dengan mengklik kanan icon Baterai lalu pilih “power option”
  1. Lalu klik “choose what closing the lid does” pada tampilan, pastikan tampilan seperti dibawah ini
  1. Maka jendela monitor akan muncul seperti pada gambar, lalu atur pada “when i close the lid” dengan klik kiri lalu pilih “do nothing”
  1. Lalu tekan save changes pada bagian bawah pada menu

Dengan mengikuti petunjuk cara agar laptop ditutup tidak mati seperti diatas pasti laptop kalian tidak akan mati atau sleep saat kalian menutup layar laptop kalian.

Baca juga : Urutan Processor Laptop Terbaik

Pengaturan ini cukup berguna pada saat aplikasi pada laptop kalian masih dalam keadaan memproses data dan kalian hendak berpindah tempat.

Maka dengan kalian berpindah tempat proses data pada aplikasi laptop kalian akan tetap berjalan dengan aman.

Demikian cara agar laptop ditutup tidak mati, semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi pembaca, serta dapat memecahkan beberapa masalah yang sedang kalian alami.

Wassalamualaikum.

16 Replies to “4+ Cara Agar Laptop Ditutup Tidak Mati Dan Kebiasaan…”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *