5+ Rekomendasi Kamera DSLR Untuk Pemula Yang Paling Murah Dan Berkualitas

rekomendasi kamera dslr untuk pemula

Rekomendasi kamera DSLR untuk pemula – Untuk kalian yang akan masuk ke dunia fotografi pasti perlunya saran untuk beli kamera yang cocok.

Namun sebelum memutuskan untuk membeli kamera pastikan dulu berapa budget yang kalian sediakan untuk itu.

Para pemula biasanya memang lebih banyak melakukan pembelian kamera digital dibanding mirrorles, mungkin salah satu alasannya karena fitur yang ditampilkan lebih sedikit dan mudah dipahami.

Jadi tidak heran jika kamera canon termasuk yang paling laris, karena merek ini memproduksi banyak kamera digital untuk pemula.

Untuk lebih jelasnya, simak uraian dibawah ini agar tidak salah pilih dalam pembelian kamera, terutama bagi pemula.

Faktor Penting Sebelum Membeli Kamera

rekomendasi kamera DSLR untuk pemula

Saat kalian pergi ke toko kamera, ada banyak sekali kamera yang ditawarkan oleh penjual pasti membuat kalian bingung.

Pada dasarnya jika kalian mengikuti ego, kalian bahkan saya sendiri akan membeli yang paling mahal, selain fiturnya lengkap hasil foto tentunya lebih bagus.

Maka dari itu ada beberapa faktor penting yang harus diperhatikan sebelum membeli kamera.

Perhatikan Kebutuhan

Sebelum kita membahas rekomendasi kamera DSLR untuk pemula, faktor pertama yang harus diperhatikan sebelum membelinya yaitu perhatikan kebutuhan kalian.

Maksudnya apa yah ? nah jadi gini, jika kalian ingin membeli yang spek untuk videografi karena suka tapi kalian ingin fokus fotografi, itu artinya kalian mementingkan keinginan.

Beda halnya jika kalian membeli kamera yang fokus fotografi dan sama dengan bidang yang akan kalian geluti, itu yang dimaksud memperhatikan kebutuhan.

Dengan memperhatikan kebutuhan kalian akan mepertimbangkan segala aspek sesuai dengan kebutuhan kalian kedepannya.

Keuangan

Ini merupakan hal yang sering dialami oleh banyak orang, bukan hanya soal membeli kamera tapi juga beberapa hal yang lebih dari itu.

Jika uang kalian tak terhingga maka kalian ga perlu lagi memikirkan perihal hal ini, karena hal ini tak akan jadi masalah.

Namun jika budget terbatas maka kalian bisa cari kamera sesuai dengan budget yang dapat kalian keluarkan untuk pembelian.

Tabungkan dulu uang anda jika untuk saat ini kamera yang anda idam-idamkan harganya diatas budget anda.

Tujuan Beli Kamera

Jika kamera yang akan kalian beli digunakan untuk wedding photography ya mungkin tidak masalah jika kalian membeli yang memiliki bobot agak berat.

Namun jika hanya untuk berwisata, liburan, atau jalan-jalan dengan keluarga atau teman kami sarankan beli kamera yang lebih ringan agar dalam pada saat diperjalanan tidak mempersulit kalian.

Kualitas Hasil Gambar

Perhatikan kualitas gambar yang dihasilkan, karena itu berpengaruh dalam pandangan orang yang menikmati jepretan anda.

Terutama untuk wedding photography pilihlah kamera yang berkualitas tinggi yang dapat anda beli, atau anda cari yang kualitasnya menurut anda sudah cukup mumpuni, lebih – lebih jika dicetak dalam ukuran besar.

kalo hanya di upload di sosmed anda, sejenis kamera digital pocket sudah dapat digunakan, atau bahkan kamera di smartphone kalian pun sekarang sudah sangat mencukupi.

Konektivitas Kamera

Jaman sekarang biasanya orang ingin cepat-cepat memindahkan hasil jepretannya ke handphone, apalagi yang gamau ribet.

Maka kalian cari kamera yang sudah mendukung fitur wifi guna untuk memindahkan hasil foto ke handphone kalian dengan lebih mudah dan cepat.

Perhatikan Pergantian Lensanya

Saat anda ingin mendapatkan hasil yang lebih bagus, mungkin diperlukannya pergantian lensa, namun harus dengan merk yang sama dan hasilnya akan maksimal.

Untuk lensa yang beda merek juga bisa terpasang tapi harus diberikan adapter, dan kebanyakan hasilnya kurang maksimal.

Merek

Perhatikan merek yang ada di pasaran sekitar kalian, karena guna untuk memudahkan kalian dalam pergantian spare part ataupun aksesoris pendukung.

Semua merek sebenarnya memiliki tujuan yang sama, yaitu membuat pasangannya nyaman saat memegang kamera buatannya.

Tetapi akses pasar juga berpengaruh seperti yang dijelaskan diatas bahwa jika kamera bermasalah kalian tidak perlu jauh-jauh pergi untuk melakukan servis ataupun perbaikan.

Rekomendasi Kamera DSLR Untuk Pemula

Ada beberapa pilihan atau rekomendasi kamera DSLR untuk pemula yang ingin lebih serius belajar dirana fotografi, perhatikan beberapa kamera berikut.

Nikon D3400

kamera dslr pemula

Rekomendasi kamera untuk pemula yang pertama nikon D3400 dengan memiliki resolusi 24,2 megapiksel.

Harga yang dijual dipasaran kisaran 3,5 jutaan, kamera ini sudah disertai bluetooth untuk memindahkan gambar lebih mudah

Canon EOS 1300D

rekomendasi kamera DSLR untuk pemula

Rekomendasi kamera untuk pemula yang selanjutnya yaitu Canon EOS 1300D, ini cocok untuk pemula dengan fitur-fitur yang sudah disediakan.

Harganya pun masih tergolong standar kisaran 4,2 jutaan dengan fitur konektivitas wifi dan sudah mendukung rekaman video dengan resolusi 1080p.

Nikon D550 

kamera dslr pemula

Nikon D550 merupakan rekomendasi kamera DSLR untuk pemula yang bagus juga untuk dibeli , dengan kemampuannya menangkap gambar dengan cahaya minim dan tidak menimbulkan noise berlebihan.

Fitur yang disajikan hampir sama dengan Canon EOS 1300D bedanya kamera ini sudah mampu memutarkan layarnya untuk posisi selfie.

Canon EOS 750D

kamera dslr pemula

Rekomendasi kamera DSLR untuk pemula berikutnya dari Canon EOS 750D dengan kelebihannya yaitu memiliki resolusi 24 megapiksel, dan hasil jepretan Canon 750D ini sudah termasuk bagus.

Memiliki layar yang sudah touchscreen serta bisa diputar untuk posisis selfie dan tingkat autofokusnya mencapai 19 titik. Harga yang ditawarkan sekitar 6 jutaan.

Canon EOS 200D

kamera dslr pemula

Rekomendasi kamera untuk pemula yang terakhir yaitu Canon EOS 200D dengan design elegan yang memiliki bobot lebih ringan dari kamera DSLR pada umumnya.

Dilengkapi sensor APS-C 24,1 megapiksel, prosesor DIGIC 8 serta fitur fitur yang dapat memanjakan pemilik kamera ini. Harganya sekitar 7 jutaan.

Mungkin itu beberapa rekomendasi kamera DSLR untuk pemula, namun sebenarnya masih banyak lagi dan kalian bisa riset dulu sebelum membelinya.

Semoga artikel ini dapat membantu kesulitan kalian dalam memilih kamera dan menambah wawasan mengenai dunia teknologi terutama dalam bidang fotografi.

Wassalamualaikum.

17 Replies to “5+ Rekomendasi Kamera DSLR Untuk Pemula Yang Paling Murah…”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *