8+ Jenis Jenis Fotografi Yang Paling Umum Dijadikan Pekerjaan

jenis fotografi

Pasti kalian bingung jenis fotografi apa sih yang cocok untuk kepuasan visual kalian. Tenang kalian berada pada jalur yang tepat.

Saat ini, kegiatan fotografi bukan hanya dipenuhi oleh juru kamera media massa atau fotografer profesional saja.

Namun telah menjadi bagian dari tren fashion serta  gaya hidup di kalangan anak muda. Di Jakarta, misalnya, jumlah komunitas penggemar seni fotografi terus meningkat setiap tahunnya.

Peningkatan minat dalam bidang ini di kalangan pemuda telah menghasilkan istilah baru yang disebut “Everybody’s a photographer” (semua orang adalah fotografer).

Istilah ini berasal dari orang-orang yang skeptis terhadap berkembangnya komunitas fotografi, di mana beberapa anggotanya mungkin tidak memahami teknik memotret dengan benar.

Mereka percaya bahwa siapapun dapat menjadi fotografer hanya dengan memiliki kamera Digital Single-Lens Reflect (DSLR).

Kegiatan ini telah menjadi tren hobi dan hiburan santai di kalangan anak muda, beberapa bahkan menjadikannya sebagai sumber penghasilan.

Banyak orang menemukan fotografi menyegarkan digunakan sebagai cara untuk menghindari stres dari aktivitas sehari-hari.

Dalam fotografi, penggemar dapat menemukan lokasi dengan pemandangan indah agar dapat diabadikan dalam foto berkualitas tinggi dengan nilai jual tinggi pula.

Berikut terkait aspek – aspek dalam seni fotografi beserta jenis-jenisnya, simak penjelasan berikut.

Aspek Seni Fotografi

Seni fotografi merupakan seni pengambilan sebuah gambar dengan memakai alat bantu kamera sehingga mendapatkan karya seni visual yang akan bisa mengungkapkan ide, emosi, serta cerita.

Proses di dalamnya sendiri akan melibatkan pencahayaan, fokus, komposisi, dan ekspresi artistik.

Penjabaran seni fotografi dapat dibagi menjadi beberapa aspek penting:

Teknis Fotografi

Pengetahuan tentang kamera, lensa, ISO, shutter speed, aperture, dan teknologi kamera digital merupakan aspek penting dalam seni fotografi.

Ini melibatkan pemahaman tentang cara memperoleh gambar yang tajam, memiliki kedalaman fokus yang sesuai, serta keseimbangan warna yang cukup optimal.

Komposisi

Komposisi yaitu teknik untuk mensetting unsur yang terdapat didalam sebuah foto agar tercipta kesan visual yang menarik dan berkesan.

Aspek yang ada di dalam komposisi meliputi teknik framing, leading lines, rule of thirds, symmetry, dan balance.

Pencahayaan

Pencahayaan merupakan faktor penting dalam fotografi. Hal ini meliputi pemahaman tentang cahaya alami dan buatan.

Bagaimana mengukur, menyelaraskan cahaya dengan kebutuhan gambar, bagaimana menghasilkan bayangan dan refleksi yang menarik.

Gaya

Setiap fotografer memiliki gaya fotografi mereka sendiri yang bisa menjadi icon agar mudah dikenali dalam karya-karya mereka.

Gaya fotografi harus memperhatikan beberapa hal yaitu mencakup penggunaan warna, komposisi, dan teknik pengolahan foto.

Pengolahan Foto

Pengolahan foto adalah proses mengubah gambar mentah menjadi karya seni fotografi. Proses ini melibatkan teknik-teknik seperti editing, cropping, dan penyesuaian warna.

Subjek

Subjek fotografi meliputi apapun yang diambil sebagai objek dalam foto, seperti manusia, alam, benda mati, atau bangunan.

Fotografer harus mempertimbangkan bagaimana subjek mereka akan ditempatkan dalam gambar dan bagaimana gambar akan mengekspresikan emosi atau cerita.

Konteks

Konteks fotografi meliputi pengertian tentang latar belakang dan konteks sosial, budaya, dan sejarah yang mungkin terkait dengan subjek foto.

Ini akan sangat memberikan bantuan terhadap fotografer untuk mengerti bagaimana karya mereka akan diterima dan dilihat oleh orang lain.

Kombinasi dari semua aspek ini membentuk seni fotografi yang kompleks serta menarik. Fotografer dapat mengembangkan keterampilan juga tekniknya dalam semua aspek ini untuk menciptakan karya-karya yang luar biasa dan unik.

Jenis Fotografi Yang Sering Diajadikan Pekerjaan

Untuk sekarang karena adanya berbagai akses pembelajaran, fotografer dengan sangat mudah dalam memahami jenis jenis fotografi.

Bisa dari internet seperti ini, atau dari youtube, dari e-book bahkan ada yang membuka kelas online untuk pembelajaran foto grafi.

Ada banyak jenis foto grafi yang bisa kalian pelajari, Berikut adalah beberapa jenis fotografi beserta penjelasan lengkapnya yang paling umum:

Lanskap

Fotografi lanskap merupakan jenis fotografi untuk mengambil gambar dari pemandangan alam seperti pegunungan, pantai, atau sungai. 

Fotografi lanskap seringkali menekankan pada keindahan dan keseluruhan lingkungan, biasanya membutuhkan pengaturan kamera yang tepat seperti penggunaan tripod, aperture yang kecil, dan ISO yang rendah.

Potret

Fotografi potret adalah seni mengambil gambar wajah atau tubuh seseorang atau hewan peliharaan. 

Fotografi potret menekankan pada detail, karakteristik individu, dan biasanya mengambil gambar dalam jarak dekat atau sedang dengan pengaturan cahaya yang tepat. Foto grafi potret umumnya dibagi menjadi beberapa jenis seperti potret keluarga, potret anak, potret bisnis.

Olahraga

Fotografi olahraga mengambil gambar kegiatan olahraga seperti sepak bola, bola basket, atau balap mobil. 

Fotografi olahraga menekankan pada aksi dan kecepatan, membutuhkan pengaturan kamera yang tepat seperti shutter speed tinggi, ISO yang tinggi, serta aperture yang besar.

Produk

Fotografi produk adalah jenis fotografi ang berfokus pada pengambilan gambar produk seperti makanan, mobil, atau pakaian.

Fotografi produk menekankan pada detail keindahan produk, dan membutuhkan pengaturan cahaya yang tepat seperti pencahayaan studio dan penempatan produk yang tepat.

Arsitektur

Fotografi arsitektur merupakan jenis fotografi yang biasanya melakukan pengambilan gambar bangunan, jembatan, atau monumen.

Fotografi arsitektur menekankan pada detail keindahan bangunan, dan membutuhkan pengaturan kamera yang tepat seperti penggunaan tripod, aperture yang kecil, dan ISO yang rendah.

Makro

Fotografi makro mengambil gambar objek dalam jarak dekat seperti bunga, serangga, atau koin.

Jenis fotografi ini menekankan pada detail tekstur objek, dan membutuhkan pengaturan kamera yang tepat seperti lensa makro, aperture yang kecil, dan ISO yang rendah.

Jalanan

Fotografi jalanan mengambil gambar kehidupan sehari-hari di kota seperti orang, kendaraan, atau bangunan, biasanya jenis fotografi ini dikenal dengan street photography.

Fotografi jalanan menekankan pada keindahan kesederhanaan, dan membutuhkan kemampuan untuk mengamati detail dan kejadian yang menarik.

Seni

Fotografi seni merupakan cara pengambilan gambar dengan metode yang lebih kreatif dan tidak konvensional. 

Fotografi seni menekankan pada keunikan dan keindahan, serta membutuhkan penggunaan teknik yang berbeda seperti eksperimen dengan cahaya, penggunaan kamera pinhole, atau manipulasi digital.

Demikianlah aspek seni fotografi dan beberapa jenis fotografi beserta penjelasan lengkapnya. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan terkait dunia pengambilan gambar.

Sekian, Wassalamuaaikum.