Lengkap!!! Cara Mengatur Shutter Speed Di HP Dengan Mudah Saat Sedang Memotret

shutter speed di hp

Terkait cara mengatur shutter speed di hp itu bisa dibilang cukup mudah, ini merupakan salah satu fitur penting dalam memotret.

Pada saat memotret menggunakan smartphone, kalian akan lebih mudah dalam pengambilan gambar jika mengatur shutter speed.

Dengan semakin berkembangnya zaman, fitur kamera pada smartphone kini kian semakin modern dan canggih, dan hasilnya yang sangat memuaskan.

Untuk kamera hp yang dulu mungkin belum dapat mengatur fitur ini , namun bisa juga menggunakan aplikasi kamera tambahan yang didownload dari playstore hp kalian.

Nah, disini kita akan bahas tuntas mengenai cara mengatur shutter speed dan pengertiannya secara lengkap, simak ulasan di bawah ini.

Pengertian Shutter Speed

Sebelum kita membahas mengenai cara mengatur shutter speed di hp, alangkah baiknya kita harus mengerti dulu tentang definisi shutter speed.

Definisi shutter speed adalah jarak waktu ketika shutter speed terbuka dan pada saat itu cahaya dapat masuk dan terkena sensor kamera.

Shutter speed terhitung dalam sepersekian second, jadi cahaya akan masuk lebih sedikit jika shutter speed dalam kondisi cepat, begitupun sebaliknya.

Baca juga : Cara Masuk ke Router ZTE

Baca jga : Pengertian Mouse Dan Fungsinya

Dalam kondisi malam hari atau kurang cahaya, biasanya dalam dunia fotografi seorang fotografer mengatur kameranya dengan shutter speed lambat.

Fungsi Shutter Speed

Nah untuk mengetahui cara mengatur shutter speed di hp kita harus tahu dulu apa sebenarnya fungsi shutter speed itu sendiri.

Jika pada smartphone kalian belum ada fitur pengaturan kamera secara manual, maka kalian bisa mengunduh aplikasi tambahan yang disediakan playstore.

Pada dasarnya, fungsi shutter speed adalah bertugas untuk mengumpulkan cahaya yang lebih banyak agar masuk ke kamera, sehingga menghasilkan foto yang optimal.

Sistem kerja shutter speed adalah jika semakin cepat rana, cahaya yang terkumpul akan semakin berkurang, dan sebaliknya semakin lambat rana, cahaya yang terkumpul semakin banyak..

Misal, hasil foto akan terlihat lebih sempurna jika kalian mengatur shutter speed di titik ½ detik dibanding dengan 1/450 detik.

Baca juga : Cara Memotret Pemandangan Dengan Kamera HP

Cara Mengatur Shutter Speed Di HP

Pada smartphone biasanya langsung tersedia mode auto dalam pengaturannya, namun jika kalian ingin lebih maksimal kalian dapat mengaturnya sendiri.

Ada 2 cara mengatur shutter speed di hp dengan mudah, yaitu dengan aplikasi tambahan dan tanpa aplikasi.

Untuk mengetahui lebih detailnya, kalian dapat melihat penjelasan dibawah ini.

Cara Mengatur Shutter Speed Di HP Tanpa Aplikasi Tambahan

Pada dasarnya untuk cara mengatur shutter speed di hp bisa kalian lakukan dengan aplikasi bawan hp itu sendiri, jadi tak perlu lagi kalian mendownload aplikasi tambahan.

Tetapi poin pentingnya apakah hp kalian sudah sangat support mengenai pengaturan manual pada kamera hp, kalau memang sudah support, kalian dapat melakukan langkah dibawah ini.

  1. Buka aplikasi kamera bawaan hp kalian.
  2. Lalu pilih mode profesional, jika pada hp xiaomi 11T yang mimin gunakan, itu terletak di barisan menu bagian bawah, dan tinggal digeser ke sebelah kanan untuk mengarah ke mode pro.
  3. Disitu akan terdapat banyak opsi jika tujuan kalian ingin mengatur shutter speed, maka pilih opsi dengan lambang s.
  4. Atur shutter speed sesuai keinginan kalian, dan ambil gambar dengan tetap pada mode pro. agar shutter speed tidak berubah.

Jika opsi ini hasilnya kurang memuaskan kalian dapat mencoba mengaturnya dengan aplikasi tambahan yang kami sarankan, berikut penjelasannya.

Baca juga : Tema Fotografi Unik

Cara Mengatur Shutter Speed Di HP Dengan Aplikasi Tambahan

Banyak aplikasi yang dapat kalian gunakan untuk mengatur kamera hp seperti pengaturan pada kamera digital.

Mari kita simak secara teliti beberapa rekomendasi aplikasi untuk cara mengatur shutter speed di hp di bawah ini.

Open Camera

Bagi kalian yang sering mengotak atik kamera di hp, mungkin sudah tidak asing lagi dengan aplikasi tersebut.

Kalian bisa mendapatkan aplikasi ini secara cuma-cuma di google play store, dan menurut data sudah lebih dari 50 juta orang mendownload aplikasi ini di tahun 2023.

Kalian bisa bayangkan betapa populernya aplikasi ini,. Ya wajar sih, dengan banyaknya fitur yang tersedia, menarik para fotografi hp ingin memakainya.

Satu kelebihan dari aplikasi ini adalah terdapat fitur auto-stabilizer yang dapat mencegah foto blur, selain itu bisa menangkap gambar dengan format RAW/DNG.

Baca juga : Cara Memindahkan Foto Dari Canon Ke HP

Camera FV-5 Lite

Opsi yang kedua untuk cara mengatur shutter speed di hp, kalian dapat mencoba aplikasi Camera FV-5 Lite, bisa didownload di playstore secara gratis.

Aplikasi ini dibuat pada tahun 2012 silam, hingga sekarang di tahun 2023 yang mengunduh aplikasi ini sudah mencapai lebih dari 10 juta orang di google play store.

Dengan aplikasi ini kalian dapat mengubah kamera pada hp kalian menjadi seperti kamera DSLR, karena dapat diatur secara manual.

Selain fitur-fiturnya yang lengkap, aplikasi ini memiliki tampilan menyerupai DSLR dengan adanya real-time exposure, live histogram, hingga garis grid untuk menentukan komposisi.

Baca juga : Manfaat Kamera CCTV

Mungkin selebihnya dapat kalian cari sendiri cara mengatur shutter speed di hp dengan aplikasi yang cocok sesuai dengan kenyamanan kalian.

Semoga artikel diatas membantu anda dalam mencari apa yang dicari, dan bermanfaat serta menambah wawasan terkait dunia fotografi hp.

Akhir kata, Wassalamualaikum.

3 Replies to “Lengkap!!! Cara Mengatur Shutter Speed Di HP Dengan Mudah…”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *