8+ Macam-Macam Tema Fotografi Unik Dan Konsep Fotografi Paling Umum Digunakan

tema fotografi unik

Kalian bingung menentukan tema fotografi unik yang cocok untuk kalian dalami ? Tenang saja, mari kita bahas beberapa tema atau genre fotografi unik serta banyak peminatnya.

Dikutip dari seseorang bernama Amir Hamzah Sulaeman, fotografi terdiri dari kata foto atau cahaya dan grafis atau menulis, dan jika diartikan yaitu menulis cahaya.

Secara spesifiknya fotografi adalah menulis atau melukis dengan bantuan cahaya baik cahaya alami maupun buatan.

Jika ditelusuri lebih dalam sebenarnya tema dalam fotografi itu sangatlah banyak tapi untuk yang sering dijumpai masih bisa kita hitung.

Baca juga : Jenis Jenis Kamera Canon DSLR

Untuk lebih jelasnya simak sampai akhir agar kalian tidak bingung lagi memilih tema yang cocok menurut kalian.

Tema Fotografi Unik Paling Populer Di Kalangan Fotografer

Dasar untuk mendalami fotografi salah satunya mengenal genre fotografi, biasanya pemula mengalami kesulitan dalam pemilihan genre.

Kenapa gak dicoba semuanya ? nah jadi seorang fotografer harus punya satu genre yang paling diseriusin untuk kedepannya.

Baca juga : Cara Login Router Indihome

Biasanya seorang fotografer mempelajari satu genre lalu fokus ke arah bisnis dan untuk menghasilkan cuan.

Berikut macam macam teknik fotografi unik paling populer dan umum digunakan para fotografer profesional.

  1. Jurnalistik

Genre yang biasa dipakai oleh para pencari berita dengan mengutamakan keaslian gambar dan fakta dari sebuah gambar tersebut tanpa ada editing tambahan.

Tema fotografi unik satu ini hasil fotonya harus berisi tentang sesuatu yang terjadi, tujuannya untuk menyampaikan informasi kepada orang lain.

Baca juga : Pengertian Dan Fungsi Kamera Digital

  1. Portrait

Tema fotografi unik ini adalah genre yang memperlihatkan hasil gambar berupa ekspresi wajah dari seseorang.

Jenis ini dilakukan dengan teknik pengambilan gambar close up, untuk hasilnya dapat kalian jumpai biasanya pada surat lamaran kerja, pada buku nikah, dan lainnya.

Pada sebagian orang mungkin menganggap genre ini terkesan mudah, padahal untuk menghasilkan foto yang hasilnya tampak hidup harus dengan skill yang baik.

Baca juga : Cara Reset Router Indihome

  1. Landscape

Sudah tidak asing lagi bukan dengan genre ini, untuk jenis ini biasanya fokus mengambil gambar objek tentang suasana pegunungan, pantai, sungai, dan lainnya.

Teknik panorama dalam tema fotografi unik ini juga biasanya dipakai oleh fotografer dengan genre ini, dengan penggunaan tripod atau gimbal agar hasil maksimal.

Dapat kita jumpai para fotografer ini biasanya mengambil gambar sunset atau sunrise di pinggir pantai dengan menggunakan tripod.

Baca juga : Bagian Bagian Kamera

  1. Fashion

Tema satu ini hasil gambarnya berupa foto model dengan menunjukkan model baju atau aksesoris lain yang dikenakan.

Tujuan utama dari hasil fotografi ini untuk memasarkan sebuah produk yang telah dibuat oleh seseorang.

Maka dari itu dibutuhkannya editing untuk menghasilkan hasil yang ini dan produk yang ada dalam gambar dapat tersampaikan kepada orang lain dengan baik.

Baca juga : Urutan Processor Laptop Terbaik

  1. Fotografi Jalanan

Tema fotografi unik satu ini biasanya disebut street photography yang dimana pengambilan gambar dilakukan di ruang publik.

Objek sasarannya biasanya situasi lingkungan sekitar, untuk pengambilan gambarnya ada yang langsung memotret ada juga yang izin terlebih dahulu kepada orang yang hendak difoto.

Seseorang yang menggeluti bidang ini harus pintar-pintar membaca situasi agar orang yang hendak difoto tidak mudah tersinggung.

Baca juga : Cara Membersihkan Sensor Kamera Mirrorless

  1. Human Interest

Genre ini menggambarkan aktifitas atau cerita kehidupan yang berobjekkan manusia, biasanya menceritakan tentang orang-orang kurang mampu.

Tujuan genre ini untuk memunculkan belas kasih seseorang saat melihat gambar tersebut, biasanya terdiri dari beberapa foto dan dirangkai menjadi sebuah cerita.

  1. Fotografi Produk

Biasanya fotografer ini dibutuhkan oleh para pengusaha untuk memasarkan produknya berupa makanan atau barang yang akan ditampilkan di sosial media, atau untuk kebutuhan lainnya.

Untuk mendapatkan hasil foto produk terbaik maka dibutuhkan lighting tambahan dan teknik pengambilan gambar terbaik.

  1. Fotografi Olahraga

Tema fotografi unik satu ini harus menguasai teknik panning yang handal, karena memotret objek sedang bergerak.

Contoh objek yang difoto oleh fotografer bidang ini seperti pemain sepak bola, balap motor, dan masih banyak lagi.

Lensa yang dipakai pun berbeda, biasanya para fotografer memakai lensa tele untuk kameranya agar dapat memotret objek dari jarak jauh.

Baca juga : Rekomendasi Kamera DSLR Untuk Pemula

Konsep Fotografi Yang Perlu Kalian Ketahui

Tema Fotografi Unik

Hal satu ini penting dipelajari guna untuk menentukan konsep atau ide dasar sebelum kalian memotret, dan meminimalisir kesalahan.

Gagasan atau ide yang bisa dipakai untuk menyampaikan sebuah makna serta tujuan dari hasil gambar itulah disebut konsep fotografi.

Berikut ini 5 contoh konsep fotografi yang tak jarang lagi digunakan banyak orang, simak penjelasan dibawah.

Vintage

Konsep ini mengincar lokasi-lokasi yang sepi atau jarang ada orang yang berkunjung, seperti tempat-tempat yang terlihat kuno tahun ‘80 an.

Tempo Dulu

Hasil dari contoh konsep fotografi ini berupa gambar hitam putih dengan aksesoris pendukung seperti pakaian dan properti lainnya yang mengandung unsur jaman dulu.

Siluet

contoh Konsep fotografi ini menghasilkan gambar yang menunjukkan bentuk badan dari objek foto sehingga tidak perlu memikirkan kostum yang dikenakan.

Imajinasi

Kali ini contoh konsep fotografi yang digunakan membutuhkan bantuan otak anda, karena berhubungan dengan imajinasi anda.

Dan hasil yang didapat pasti berbeda antara fotografer satu dengan lainnya karena tidak semua orang memiliki satu pemikiran sama.

Glamour

Perpaduan antara lighting, makeup, sentuhan brush, serta aksesoris pendukung untuk menghasilkan sebuah gambar yang  tampak unik dan menarik.

Proses penerapan konsep ini lumayan ribet sehingga kurang direkomendasikan untuk para pemula fotografi karena membutuhkan skill dan keterampilan yang baik.

Demikian pembahasan mengenai tema fotografi unik dan konsep fotografi yang paling sering dijumpai di dunia fotografi.

Semoga hal diatas membantu kalian untuk lebih mengenal dunia fotografi terutama bagi para pemula yang akan terjun ke rana lebih serius.

Wassalamualaikum.

16 Replies to “8+ Macam-Macam Tema Fotografi Unik Dan Konsep Fotografi Paling…”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *