Pengertian Dan Fungsi Kamera Digital Beserta Cara Kerjanya

Pengertian Dan Fungsi Kamera Digital

Pengertian Dan Fungsi Kamera Digital – Untuk  kalian yang hobi fotografi pasti tau cara membedakan kamera digital dengan yang lainnya.

Terutama bagi kalian yang berkecimpung didunia wedding photography pasti tidak asing lagi dengan kamera ini.

Kamera ini merupakan generasi penerus dari kamera analog, perubahannya cukup signifikan terutama dalam sistem kerjanya.

Kamera ini mampu merekam kejadian maupun menyimpan gambar dalam bentuk digital, meskipun belum bisa dicetak langsung namun sudah dapat dilihat dalam layar kamera.

Karena hasilnya didapat secara digital, maka untuk mengolah gambar dan rekaman dari kamera ini harus dengan alat digital yang dapat mentransfer data seperti komputer atau mesin cetak yang dapat membaca media simpan secara digital.

Baca juga : Pengertian Dan Dasar-Dasar Fotografi

Berikut akan kami jelaskan pengertian kamera digital beserta fungsi dan cara kerja kamera digital tersebut, simak tulisan dibawah ini.

Apa Itu Kamera Digital ?

Dalam pengertian dan fungsi kamera digital perkembangannya dari masa ke masa menjadi bukti nyata bahwa teknologi dalam dunia fotografi semakin berkembang.

Salah satunya dengan adanya kamera digital yang mempermudah para pecandu fotografi dalam mengambil gambar, maupun melihat hasilnya.

Baca juga : Tema Fotografi Unik

Pengertian kamera digital yaitu sebuah perangkat yang dapat menangkap gambar secara spontan dengan menggunakan sensor dalam bentuk digital, dan hasilnya tersimpan pada penyimpanan media.

Dilihat dari pengertian kamera digital itu sendiri, pada dasarnya kamera digital memiliki tiga jenis kamera yaitu.

1.Saku Digital ( digital pocket camera )

pengertian dan fungsi kamera digital

Untuk pengertian kamera pocket biasa disebut kamera kompak digital, dengan ukuran yang kecil dan mudah diletakkan dalam saku.Sangat cocok untuk mengabadikan momen sehari-hari.

Beberapa dari kamera ini sudah mempunyai lensa zoom yang dapat ditarik ke dalam badan kamera, serta dilengkapi dengan penutup lensa otomatis.

Baca juga : Cara Login Router Indihome

2.Prosumer ( digital bridge camera )

Untuk jenis ini memiliki 2 jenis kamera, yang pertama bridge camera yang dimana lensa tidak dapat dilepaskan dari body kamera.

Serta yang kedua kamera yang dapat dilepas lensanya namun tidak memiliki cermin reflex, dan diganti dengan layar lcd.

Baca juga : Sejarah Kamera

3.Digital SLR ( digital single lens reflect )

pengertian dan fungsi kamera digital

Kamera jenis ini memiliki lensa tunggal yang terdapat cermin reflex di dalamnya sehingga dapat memantulkan cahaya pada jendela bidik.

Ada beberapa sensor pada mirror box kamera ini. Dan sejumlah kamera digital SLR mampu menampilkan Live View pada layar LCD.

4.Mirrorless

Mirrorless merupakan hasil perkembangan dari kamera DSLR, yang dimana mirrorless tidak mempunyai cermin reflektor dibelakang lensa.

Dalam pengertian kamera mirrorles diatas, Untuk spesifikasi kedua jenis ini hampir sama dalam segi ukuran frame, kecepatan hingga kemampuan perekaman video.

Baca juga : Cara Masuk ke Router ZTE

Apakah Fungsi Kamera Digital ?

Pengertian Dan Fungsi Kamera Digital

Untuk saat ini banyak orang yang menggunakan kamera ini, Karena jika menggunakan jenis ini memiliki banyak keuntungan daripada kamera lainnya.

Salah satu contoh nyata yaitu hasil jepretan dari kamera digital ini jauh lebih baik dari kamera biasa lainnya.

Setelah mengetahui pengertian dan fungsi kamera digital juga perlu diketahui, kali ini akan kita bahas karena dalam ilmu fotografi, kamera digital sangat berpengaruh.

  1. Hemat biaya dalam pencetakan foto

Tidak lagi memakai roll film cuma-cuma tanpa tau hasil foto bagus atau tidak, sekarang kita dapat memilih hasil foto yang bagus saja.lalu dicetak dengan lebih murah.

Baca juga : Apa Itu VGA ?

  1. Memudahkan belajar bagi pemula

Menyediakan penyimpanan memori yang lebih luas untuk asal jepret bagi pemula fotografi, tanpa harus menghabiskan banyak roll film.

  1. Dapat digunakan merekam video

Selain menangkap gambar, kalian juga dapat merekam momen penting yang terjadi didalam kehidupan sehari-hari.

  1. Mudah dibawa kemana-mana

Pada umumnya kamera jaman sekarang sudah sangat praktis, dengan ukurannya yang kecil sehingga mudah dibawa kemana-mana.

Baca juga : Motherboard adalah

Cara Kerja Kamera Digital

Setelah mengetahui pengertian dan fungsi kamera digital , kali ini kita akan membahas mengenai cara kerja kamera digital tersebut.

Untuk mengetahui cara kerjanya.Simak penjelasan dibawah ini

  1. Lensa mengambil gambar
  2. Lalu melewati filter warna dan diambil oleh CCD atau sensor gambar.
  3. Gambar yang sudah ditangkap CCD berlanjut ke bagian pemroses gambar.Dan menjadi data digital berbentuk file format gambar.
  4. Proses akhir yaitu pengiriman file hasil gambar ke penyimpanan, seperti memory card, Sd, CF, dan lainnya.

Baca juga : Pengertian Mouse Dan Fungsinya

Setelah itu tahap diluar kamera seperti pemindahan file gambar ke komputer dan juga proses pencetakan foto dengan mesin cetak.

Demikian penjelasan tentang pengertian dan fungsi kamera digital serta cara kerja kamera digital tersebut, semoga menambah wawasan bagi kalian para pecinta fotografi.

Khususnya bagi kalian pemula yang akan berkecimpung didunia fotografi, tentunya materi tentang kamera ini harus kalian baca ya guys…

Sekian dan semoga bermanfaat

Wassalamualaikum.

26 Replies to “Pengertian Dan Fungsi Kamera Digital Beserta Cara Kerjanya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *