Pengertian Kamera Analog, Jenisnya Serta Kelebihan Dan Kekurangannya

pengertian kamera analog

Pengertian kamera analog – Bagi kalian yang sudah lama menggeluti dunia fotografi mungkin  sudah tidak asing lagi dengan berbagai macam jenis kamera.

Dalam bidang fotografi ataupun videografi kamera merupakan unsur utama yang menunjang berjalannya kegiatan didalamnya.

Maka dari itu kalian harus menyesuaikan jenis kamera yang sesuai dengan kebutuhan dalam kegiatan yang sedang kalian lakukan.

Berikut beberapa penjelasan dasar mengenai pengertian kamera analog beserta jenis jenisnya yang perlu kalian ketahui.

Pengertian Kamera Analog

Selain kamera digital ada juga jenis kamera lain yang disebut kamera analog yang dimana kamera ini juga banyak yang memakainya.

Sempat viral di masanya para fotografer ramai ramai menggunakan kamera ini dari fotografer profesional hingga amatiran.

Penyebabnya karena karakteristik kamera analog ini menyajikan hasil tangkapan gambar yang memiliki seni keindahan yang berbeda dengan kamera lainnya.

Kamera analog ini pertama kali dibuat dan dipopulerkan pada tahun 1980 an oleh perusahaan besar yaitu Sony Mavica.

Dari awal dipopulerkan kamera analog semakin berkembang pesat sampai pada tahun 1984 Canon memproduksi kamera jenis ini juga.

Baca juga : Cara Membersihkan Sensor Kamera Mirrorless

Pengertian kamera analog adalah salah satu jenis kamera yang cara pengambilan gambarnya dengan menggunakan film.

Kamera analog membutuhkan bukaan diafragma 1/f second, agar cahaya yang didapat dapat diterima film dan berubah menjadi gambar.

Kamera ini cara kerjanya tidak seperti kamera digital, yang bisa langsung terlihat hasilnya pada layar kamera.

Untuk analog proses hasil pemotretannya memakan waktu lumayan lama, harus melewati cuci cetak untuk mengetahui hasilnya.

Jenis Jenis Kamera Analog

Setelah membahas pengertian kamera analog, Ada beberapa jenis kamera analog yang sudah marak di pasar kamera dan dapat dengan mudah kalian dapatkan, berikut penjelasannya.

SLR

Single Lens Reflex ini memberikan lensa yang dapat mengurangi ketidak sempurnaan pada foto ketika melakukan pengambilan gambar.

Kelebihan kamera analog jenis ini yaitu komponen dari benda ini terbilang awet, menghasilkan warna yang jelas, tanpa baterai, dan mudah dibawa. 

Baca juga : Rekomendasi Kamera DSLR Untuk Pemula

Twin Lens Reflex

Salah satu jenis kamera analog antara lain Twin Lens Reflex, kamera yang kedua ini memiliki bentuk persegi panjang serta memiliki dua mata dan merupakan dua lensa yang sama.

Lensa yang satu berfungsi sebagai matanya, sedangkan lensa lain untuk lensa pengambilan gambarnya.

Kelebihan kamera analog ini yaitu hasil yang didapat bagus saat mengambil gambar ataupun objek yang bergerak cepat, dan cocok untuk foto candid.

Baca juga : Macam Macam Aksesoris Kamera

Rangefinder

pengertian kamera analog

Salah satu jenis kamera analog antara lain memiliki perangkat rangefinder, benda ini memiliki nama lain yaitu sebagai kamera pengintai.

Cara kerjanya adalah menghubungkan viewfinder pertama ( sebagai mata ) dengan viewfinder lainnya ( mengatur fokus lensa ).

kelebihan kamera analog jenis ini dapat memakai shutter speed lambat walaupun di sekitar objek cahayanya kurang cerah.

Baca juga : Tema Fotografi Unik

Point And Shoot

Kamera ini sistem kerjanya sudah otomatis, itu sebabnya kecepatan rana, aperture, fokus, ISO, sudah tidak diperlukan, dan sudah memiliki flash internal.

Kelebihan kamera analog satu ini posturnya yang kecil, dan itu menjadikan kita lebih mudah untuk membawanya kemana mana, serta harganya yang lebih murah.

Instan

Dengan dibantu oleh reaksi bahan kimia yang ada dalam film kamera maka kamera ini akan bekerja, itu sebabnya hasilnya dapat langsung dilihat dan dicetak.

Salah satu jenis kamera analog antara lain kamera instan yang pertama kali dibuat oleh Polaroid Corporation sekitar tahun 1960-an sekaligus mempopulerkannya untuk pertama kali.

Proses pengambilan gambar serta pencetakannya yang terkesan mudah menjadi penyebab utama kelebihan kamera analog ini.

Pada sekali pengambilan gambar akan menghasilkan cetakan foto yang sama, sistem ini disebut juga dengan sistem eksklusif.

Baca juga : Kelebihan Dan Kekurangan Canon 1200D

Kelebihan Dan Kekurangan Kamera Analog

Dilihat dari pengertian kamera analog yang sudah kami jelaskan, proses cetak foto menggunakan bahan serta proses kimia itu dinamakan analog, dan karena menggunakan media roll film.

Maka kelebihan kamera analog ini dari kamera, terutama pada harga roll film yang relatif lebih murah dari pada kamera digital, serta hasil gambar yang jernih.

Sensasi yang didapat lainnya seperti bentuk kamera lebih aesthetic, lebih banyak belajar cara kerja kamera, berhati-hati dalam menangkap gambar mengingat roll film hanya menyediakan 24 atau 36 foto saja.

Pasti dalam sebuah benda terdapat kelebihannya, namun juga tidak dapat dipungkiri pasti ada beberapa kekurangan yang terdapat didalamnya.

Seperti kamera analog memiliki beberapa kekurangan yaitu sebelum memulai pengambilan gambar kalian harus paham seluruh pengaturan pada kamera, efek gambar berbeda dan butuh dikelola lagi.

Mungkin cukup pembahasan mengenai pengertian kamera analog beserta jenis dan kelebihan maupun kekurangannya.

Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca  dan menambahkan ilmu baru terkait dunia fotografi terkhusus masalah kamera analog.

4 Replies to “Pengertian Kamera Analog, Jenisnya Serta Kelebihan Dan Kekurangannya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *