Pengertian Dan Dasar-Dasar Fotografi Khusus Untuk Pemula

fotografi

Saat mendengar kata fotografi hal pertama yang muncul dalam pikiran kalian pasti kamera dan gambar.

Biar saya jelaskan sedikit, jadi kalo alat yang dipakai itu kamera, sedangkan aktivitas yang dilakukan itu foto grafi. Nah, hasilnya itu berupa gambar atau foto.

Kurang lebih sih gitu, menurut pengalaman saya jika kalian ingin terjun ke bidang ini sih selain alat dan tenaga kalian juga harus punya mental yang kuat.

Karena dalam bidang seni ini kalian akan sering berinteraksi dengan banyak orang, jika mental kalian tidak kuat kemungkinan besar akan mempengaruhi hasil jepretan kalian.

Jadi tahap awal untuk pemula yang hendak terjun ke rana ini, siapkan mental kalian agar berani action didepan publik.

Uniknya lagi selain menyalurkan hobi kalian juga bisa menghasilkan uang jika serius di bidang ini, caranya kalian cukup mencari klien pertama untuk berpenghasilan.

Bagi pemula perlu tahu apa itu fotografi dan dasar-dasarnya, mari kita bahas lebih lanjut, berikut ulasannya.

Baca juga : Jenis Jenis Kamera Canon DSLR

Pengertian Fotografi

Apa itu fotografi ? Foto grafi ditarik dari kata photography, kata ini diambil dari penggabungan 2 bahasa yaitu photos ( bahasa inggris ) dan grafo ( bahasa yunani ).

Photos berarti cahaya sedangkan grafo artinya melukis. Secara singkat pengertian fotografi dapat digambarkan melukis dengan cahaya.

Pengertian fotografi merupakan aktivitas yang dilakukan seseorang untuk menghasilkan sebuah foto atau gambar dari objek yang dilihat dengan alat berupa kamera.

Di Dalam foto grafi itu sendiri terdapat beberapa genre atau jenis foto grafi seperti contohnya foto grafi jalanan, landscape, portrait, dan lain sebagainya.

Menyinggung masalah yang sudah kita bahas di atas, profesi sebagai fotografer bisa juga berpenghasilan, ada yang menawarkan jasa ada juga yang menjual hasil karyanya.

Untuk menawarkan jasa biasanya fotografer memajang hasil karyanya di medsos untuk menarik kliennya.

Sedangkan untuk penjualan karya biasanya dijual melalui aplikasi online atau kepada para penikmat seni melalui promosi seperti pameran foto atau bahkan menjalin kerja sama dengan pihak tertentu.

Dasar-Dasar Fotografi

Untuk mendalami bidang ini perlunya belajar dengan konsisten karena jika kalian cepat bosan maka kalian akan jauh dari kata fotografer profesional.

Untuk menjadi seorang fotografer profesional harus tahu dasar-dasar dalam bidang ini karena itu merupakan hal penting yang harus dipahami.

Dengan memahami hal ini kalian akan menghasilkan karya yang lebih bagus dan berkelas, disitulah kalian bisa dikategorikan sebagai fotografer profesional.

Untuk fotografer pemula biasanya disebut sebagai fotografer amatiran yang dimana karyanya masih level standard.

Dasar-dasar fotografi menjadi sebuah tombak yang dalam proses penciptaan sebuah karya atau gambar.

Setelah kalian mengenal kamera dan sudah memahami cara pemakaiannya, Ada 4 unsur utama sebagai landasan dasar foto grafi yang mempengaruhi hasil foto kalian, berikut penjelasannya.

Pencahayaan

Yang pertama harus kalian pahami yaitu tentang pencahayaan, ini merupakan hal penting mengingat cahaya merupakan perantara yang digunakan untuk menghasilkan gambar.

Ada 2 sumber cahaya dalam pengertian apa itu fotografi, yaitu cahaya alam seperti matahari, bulan dan lainnya, lalu cahaya buatan seperti lampu studio, lampu ruangan, atau lampu flash dari kamera itu sendiri.

Di Dalam pencahayaan terdapat 5 arah cahaya mencakup cahaya depan ( front light ), samping ( side light ), atas ( top light ), bawah ( base/bottom light ), dan belakang ( back light ).

Dari kelima arah cahaya tersebut jika diterapkan satu persatu akan menghasilkan efek gambar yang berbeda meskipun di objek yang sama.

Efek Gerak

Dalam dunia foto grafi ada yang namanya efek gerak yang dimana foto seakan akan terasa hidup.

efek gerak dalam bidang ini mencakup gerak lambat ( slow motion ), gerak mengikuti objek ( panning ), dan terakhir gerak cepat ( move fast ).

Fokus Dan Ruang Tajam

Perhatian utama yang dilihat dari sebuah foto adalah titik fokusnya, maka dari itu fokus dalam pengambilan gambar begitu penting.

Fokus akan menambah kesan kedalaman dalam sebuah karya dengan adanya efek blur pada bagian tertentu.

Dan pesan yang terkandung dalam foto akan tersampaikan sempurna kepada penikmat karya.

Komposisi

Komposisi fotografi merupakan proses yang dilakukan dengan menata elemen yang ada dalam sebuah gambar, seperti bentuk, warna, serta garis.

Dalam bidang ini komposisi dimanfaatkan untuk menghasilkan foto yang berdimensi dan tidak hanya datar.

Yang harus diperhatikan adalah visual impact atau cara penyampaian pesan oleh gambar kepada orang yang melihat gambar tersebut.

Itulah sedikit ulasan mengenai pengertian fotografi dan dasar-dasarnya, yang mungkin bagi pemula harus dipelajari untuk memperdalam pengenalan di bidang ini.

Jika sudah mengerti dalam hal apa itu fotografi, kalian bisa melihat artikel-artikel lainnya disini terkait dunia kamera maupun dunia teknologi.

Semoga tulisan ini bermanfaat dan menambah wawasan mengenai pengertian fotografi dan semakin meningkat dalam skill teknik pengambilan gambar.

Wassalamualaikum

30 Replies to “Pengertian Dan Dasar-Dasar Fotografi Khusus Untuk Pemula”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *