Sejarah Dan Perkembangan Motherboard – Hingga 4 Produsen Motherboard Terbesar

sejarah dan perkembangan motherboard

Sejarah dan perkembangan motherboard – Hardware komputer bernama motherboard ini biasa juga disebut mainboard.

Hardware yang sering dikatakan perangkat keras komputer adalah komponen dari sebuah komputer yang berbentuk fisik dan dapat disentuh dan dilihat wujudnya.

Mainboard merupakan bagian yang perannya begitu penting didalam komputer, dikatakan demikian karena sebagian besar komponen komputer saling terhubung satu dengan lainnya di dalam motherboard.

Secara singkat motherboard adalah papan sirkuit yang berfungsi untuk menyatukan seluruh komponen didalam sebuah komputer.

Namun kali ini saya tidak akan membahas pengertian secara detail motherboard, tapi saya akan menjelaskan tentang bagaimana sejarah dan perkembangan motherboard dari masa ke masa.Simak penjelasan yang lebih detail di bawah ini.

Sejarah Motherboard

Sebelum adanya mikroprosesor, bagian komputer seperti CPU dan memory terhubung melalui kabel dan dibuat dengan penyimpanan pada kartu terpisah.

Pada sejarah motherboard dibuat pada tahun 1977 oleh Steve Jobs dan Wozniak, dimana kedua pendiri perusahaan apple itu akan mengembangkan apple 1 menjadi Apple II-nya dengan model  lebih ringan.

Setelah beberapa masalah yang terjadi dengan motherboard lama seperti kesulitannya dalam menghubungkan komponen PC satu dengan komponen lainnya,dikarenakan kabel-kabel yang tidak beraturan serta berantakan.

Akhirnya Pengembang produk menciptakan motherboard dengan bentuk papan lebar dengan banyak slot yang menghubungkan berbagai komponen komputer.

Micronics, AMI, Orchid Technology, Elitegroup, Mylex, DFI, Huppauge, dan beberapa pabrik pemroduksi motherboard di Taiwan merupakan perusahaan pengembang pertama motherboard.

Sekitar tahun 1980-1990, dalam sejarah motherboard beberapa perangkat tambahan disatukan untuk menciptakan mainboard yang lebih sederhana dan simpel serta terlihat tipis.

Dalam hal ini beberapa proses dilakukan antara lain menggabungkan slot mouse,keyboard, floppy drive, port serial, dan port paralel  ke dalam satu motherboard.

Baca juga : cara memasang RAM pada motherboard

Perkembangan Motherboard

Jika dilihat dari sejarah dan perkembangan motherboard dalam hal pembentukannya belum konsisten,selalu berubah bentuk sampai saat ini.

Bentukan pertama mainboard secara standar yang masih tergolong asli yaitu PC atau XT yang dipakai oleh IBM.

Lalu keluar motherboard AT ( Advance Technology ). Setelah itu keluar standar baru yaitu ATX ( Advance Technology Extension ).Standar ke dua ini masih banyak digunakan hingga saat ini.Standar ATX itu sendiri diubah menjadi 2 jenis yaitu Mini ATX dan Micro ATX.

Selang beberapa waktu, Intel merilis motherboard standar Balance Technology Extension ( BTX ), Namun sangat disayangkan,pasar teknologi kurang tertarik dengan produk tersebut.

Ada lagi motherboard standar Mini-ITX, dibuat oleh produsen komputer VIA dengan standarnya sendiri.Walaupun casing dari MIni-ITX kecil namun kemampuannya sama dengan tipe ATX dan Micro ATX.

Pada zaman milenial ini dalam sejarah dan perkembangan motherboard perusahaan semakin ketat dalam bersaing untuk membuat desain mainboard dengan lebih kecil dan ekonomis, serta kemampuannya pun sama bahkan melebihi desain biasanya.

Permulaan tahun 2000-an  perkembangan motherboard semakin baik dengan memperluas pengintergrasian.

Fitur tambahan yang didapat setelah integrasi tersebut adalah sistem onboard dimana VGA ( Video Graphic Adapter ) dengan suara langsung terpasang ke badan motherboardnya.

Untuk sekarang sudah banyak fitur tambahan lainnya yang dapat diakses dari banyak motherboard.

Seperti overclocking (GPU, CPU, RAM ), Integrated Wifi dan Bluetooth, USB berkecepatan tinggi misal USB Type-C, sampai lampu RGB yang dapat diubah sesuai kemauan.

Dengan semakin pesatnya perkembangan zaman, maka fitur-fitur baru akan bermunculan setiap tahunnya.

Baca juga : Memperbaiki Motherboard PC Mati Total

Perusahaan Pembuat Motherboard

Selain sejarah dan perkembangan motherboard, yang perlu kita ketahui juga adalah siapa saja sih yang membuat atau memproduksi barang tersebut.

Banyak perusahaan pembuat motherboard ini, namun saya coba menyebutkan beberapa diantaranya yaitu :

Asus

Merek ini pasti sudah tidak asing ditelinga masyarakat Indonesia. Perusahaan asus didirikan pada tahun 1989, dimana pendirinya adalah empat insinyur hebat.

Tujuan berdirinya perusahaan asus ini adalah untuk kemajuan industri TI di negara mereka yaitu negara Taiwan, nama keempat insinyur itu ialah Wayne Hsieh, MT Liao, Ted Hsu, dan TH Thung.

Pada awal berdirinya asus bernama pegasus, namun seiring berkembangnya perusahaan maka mereka mengubahnya menjadi asus agar terkesan pendek serta mudah disebutkan.

Dalam sejarah dan perkembangan motherboard asus selain menciptakan berbagai macam laptop dan  PC, asus juga termasuk perusahaan pembuat motherboard.Dan asus pernah dipilih sebagai produsen terbesar mainboard sedunia pada tahun 2007.

Baca juga : Jenis Jenis Kamera Canon DSLR

Gigabyte

Gigabyte merupakan salah satu merek ternama di kalangan industri IT ini didirikan oleh Pei-Cheng Yeh pada tahun 1986 di Taipei, Taiwan.

Dalam sejarah dan perkembangan motherboard gigabyte termasuk salah satu perusahaan pembuat motherboard ternama.

Sejak berdirinya, gigabyte menjadi salah satu merek yang menguasai pasar pada produk mainboard dan grafis card.

MSI ( Micro-star International )

MSI merupakan perusahaan yang memiliki merek motherboard terbaik di tahun 2010, perusahaan ini dibangun pada tahun 1986.

Dengan banyaknya bentuk-bentuk terbaru yang diluncurkan MSI, itu yang menyebabkan MSI dapat bersaing dengan merek asus dan gigabyte.

MSI termasuk perusahaan pembuat motherboard serta berpengaruh terhadap sejarah dan perkembangan motherboard.

Baca juga : Cara Memperbaiki Kipas VGA Tidak Berputar

Intel

Dalam sejarah dan perkembangan motherboard Intel Corporation didirikan di Amerika pada tahun 1968.Perusahaan ini menjadi salah satu pembuat prosesor komputer terbaik.

Namun tak banyak orang tahu bahwa intel juga memproduksi mainboard kelas dunia.Pada saat memproduksi mainboard,Intel mampu dengan mudah membuat mainboard yang memiliki kinerja stabil dan tinggi.

Hal itu karena intel mempunyai banyak informasi tentang spesifikasi prosesor dan chipset, namun motehrboard ini juga memiliki kelemahannya yaitu hanya cocok dengan prosesor intel.

Masih banyak perusahaan lain pembuat motherboard,namun empat perusahaan diatas memiliki pengaruh cukup besar dalam perkembangan motherboard dari masa ke masa.

Baca juga : Pengertian Dari Processor

Kesimpulan

Mungkin sejarah dan perkembangan motherboard dari awal terciptanya sampai sekarang jika kita bahasa disini tidak akan selesai, namun tulisan diatas mencakup inti dari sejarah dan perkembangannya, mengambil poin-poin penting dalam sejarah.

Pada intinya motherboard semakin berkembang di masa milenial dengan adanya teknologi yang berkembang pesat.

Serta banyaknya perusahaan pembuat motherboard yang berlomba-lomba menciptakan produknya menjadi semakin canggih.

Semoga tulisan dari soal tekno ini bermanfaat bagi kalian dan membantu membantu menemukan apa yang sedang kalian cari. Sekian dan terimakasih.

Wassalamualaikum

5 Replies to “Sejarah Dan Perkembangan Motherboard – Hingga 4 Produsen Motherboard…”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *