8+ Tips Memotret Orang Ala Fotografer Profesional

tips memotret orang

Terkadang para fotografer belum begitu paham terkait cara atau tips memotret orang dengan hasil yang profesional.

Padahal tanpa disadari menurut para ahli fotografi mengambil gambar orang merupakan hal termudah yang dapat kita pelajari.

Mengapa dikatakan hal termudah ? Ya, ketika kita memotret orang maka kita memiliki kendali penuh terkait semua elemen fotografi.

Misal dalam keadaan kurang cahaya mungkin kita bisa menyuruh talent foto kita untuk berpindah tempat ke tempat yang lebih menarik.

Namun itu semua juga tergantung dengan imajinasi fotografer itu sendiri, jika imajinasi tidak bermain mungkin hasilnya kurang maksimal.

Untuk mengambil gambar orang kalian bisa menggunakan mode portrait dan jika belum mengerti mengenai setting kamera, kalian dapat menggunakan automatic.

Untuk lebih detailnya kalian simak penjelasan solatekno terkait tips memotret orang ala-ala profesional dibawah ini.

Tips Memotret Orang

Dalam memotret orang ada 2 jenis yang umum dilakukan, yaitu memotret orang secara personal, dan memotret orang secara group.

Namun dalam tips memotret orang keduanya sama saja, dan dapat kalian lakukan dengan langkah-langkah dibawah ini.

Baca juga : Cara Masuk ke Router ZTE

Ciptakan Chemistry Yang Baik Dengan Talent

Untuk tips memotret orang yang pertama kalian harus membangun hubungan atau chemistry yang baik dengan subjek yang akan difoto.

Karena para fotografer profesional mengawali karirnya dengan belajar seperti ini, tujuannya agar sang model menjadi lebih santai dan senang.

Dan itu sangat berpengaruh pada hasil akhir foto yang akan kamu dapatkan, kamu bisa memulai dengan orang terdekat terlebih dahulu.

Baca juga : Bagian Bagian Kamera

Usahakan Bangun Suasana Yang Positif

Dengan membangun suasana yang positif tentunya akan mengembalikan mood kita sang fotografer maupun model yang akan difoto.

Dalam seni fotografi cukup dibutuhkan hal tersebut agar gambar yang dihasilkan sesuai dengan keinginan kita.

Misal pada saat kita mengarahkan gerakan model, kita menyuruhnya dengan sopan dan bahkan ramah, sehingga tercipta suasana yang positif.

Arahkan Talent Sesuai Imajinasimu

Tips memotret orang yang ketiga kalian harus bermain dengan imajinasi kalian, dengan mengarahkan talent agar mengikuti arahan kalian.

Imajinasi merupakan suatu gambaran dari pemikiran seseorang, untuk melatihnya kalian sering-sering memotret dengan gaya kalian sendiri, dan tidak mencontoh gaya orang lain, buatlah sekreatif mungkin.

Dalam berimajinasi pastinya kita harus memainkan ide, ide muncul dari pikiran, perasaan, dan bahkan pengalaman yang sering kita lakukan.

Baca juga : Rekomendasi Kamera DSLR Untuk Pemula

Pilih Lensa Yang Sesuai

kalian harus tahu lensa yang akan digunakan, bagaimana sifat lensa tersebut, dan bagaimana dalam proses penggunaanya.

Focal length itu sangat penting pada lensa. lensa dengan focal length 18-55 mm sudah dikatakan cukup baik untuk memotret orang.

Karena biasanya lensa yang digunakan memiliki focal length kisaran 50 mm – 55 mm untuk mengambil gambar orang.

Baca juga : Jenis Jenis Kamera Canon DSLR

Bermain Dengan Cahaya

Dalam tips memotret orang salah satunya kalian harus pandai dalam mengatur cahaya yang masuk, kalau tidak maka hasil foto bisa kurang bagus.

Ini juga merupakan faktor penting dalam dunia fotografi, makanya tak jarang para fotografer menggunakan flash eksternal demi menghasilkan foto yang sempurna.

Terkadang para fotografer menambahkan reflektor agar cahaya matahari tidak langsung ke objek, karena itu akan berdampak buruk pada hasil fotonya.

Reflektor adalah sesuatu yang dapat memantulkan kembali cahaya ke objek sehingga bayangan yang dipancarkan oleh cahaya tidak terlalu kuat atau lebih lembut.

Baca juga : Macam Macam Aksesoris Kamera

Pelajari Settingan Kamera

Untuk menghasilkan foto yang perfect, kamu harus tahu cara mengendalikan kamera kamu, dan sebisa mungkin hindari mode otomatis.

Pelajari beberapa settingan penting pada kamera kamu seperti shutter speed, aperture , dan ISO karena itu sangat berpengaruh pada hasil akhir gambar yang kamu ambil.

Usahakan memotret dengan gambar RAW karena selain pilihan terbaik, kalian juga akan lebih mudah dalam mengeditnya nanti.

Baca juga : Pengertian Mouse Dan Fungsinya

Jangan Terburu-buru

Lakukan sesi foto dengan tenang, tanpa ragu dan gugup. Dengan itu kalian akan mendapatkan hasil foto yang bagus.

Kalian harus rileks dalam memotret, dan latihlah diri kalian karena itu adalah hal yang akan sering kalian lakukan kedepannya.

Memang awal-awal memotret akan merasakan kegugupan yang tidak biasa, tetapi semakin sering kalian memotret lama-lama akan hilang, dan itu juga pernah dirasakan oleh fotografer profesional.

Baca juga : Cara Kompress Foto Di HP

Gunakan Alat Pendukung

Tips memotret orang yang terakhir kalian bisa pakai alat pendukung seperti tripod, flash eksternal, atau juga reflektor, agar hasil foto optimal.

Lebih lebih jika kalian tremor saat memotret, maka tripod adalah solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Sehingga foto yang dihasilkan tidak blur.

Baca juga : Manfaat Kamera CCTV

Akhir Kata

Kalian dapat mempelajari tips diatas agar foto yang kalian hasilkan tampak lebih keren dari hasil fotografer pada umumnya.

Pada dasarnya semakin sering kalian memotret terutama di bidangnya maka tanpa disadari skill kalian akan bertambah.

Maka dari itu jangan ragu untuk mengambil job foto, tetapi saran mimin ambil job foto yang menghasilkan dampak positif bagi yang melihat hasil karya kalian.

Mungkin itu saja tips memotret orang yang dapat soaltekno sampaikan, semoga bermanfaat bagi para fotografer terutama yang masih pemula.

Sekian, Wassalamualaikum.