8 Cara Memotret Pemandangan Dengan Kamera HP Hasil Profesional

cara memotret pemandangan dengan kamera hp

Hasil foto pemandangan kamera hp akan tampak buruk tanpa tahu cara memotret pemandangan dengan kamera hp yang baik.

 Untuk sebagian orang dalam memotret mungkin hanya dianggap sebagai momen pengambilan gambar yang langkah dan indah.

Namun yang paham mengenai seni fotografi, mereka akan berhati-hati dalam pengambilan sebuah gambar, agar hasilnya sempurna.

Dengan semakin berkembangnya teknologi, kini semua orang semakin mudah dalam mengabadikan sebuah momen.

Baca juga : Cara Masuk ke Router ZTE

Tak perlu lagi bawa kamera kemana-mana, HP pun sudah menjadi aspek pendukung untuk mengabadikannya.

Saat kita jalan-jalan ke alam tentunya kita akan sering mengambil gambar yang kita lihat jika itu tampak indah dimata kita.

Tentunya hal itu butuh teknik dalam memotretnya, jadi tidak asal jepret yang hasilnya tidak sesuai harapan.

Maka dari itu kita akan bahas lebih lengkap terkait cara memotret pemandangan dengan kamera hp di bawah ini.

Baca juga : Bagian Bagian Kamera

Cara Memotret Pemandangan Dengan Kamera HP

Kamera hp kita memudahkan kita dalam mengabadikan momen di segala situasi saat melakukan perjalanan.

Kamera hp juga sudah di ketahui bersama bahwa memiliki fitur yang lebih sederhana serta lebih mudah dalam pengoperasiannya dari pada kamera digital.

Biasanya dalam memotret pemandangan para fotografer menggunakan posisi landscape, yang dimana menjadi ciri khas sebuah foto pemandangan alam. 

Kita juga bisa langsung mengeditnya dari hp itu sendiri, serta lebih mudah dan cepat jika ingin di post di media sosial kalian.

Namun untuk menghasilkan foto alam yang perfect dan aesthetic kalian perlu mengetahui cara memotret pemandangan dengan kamera hp di bawah ini.

Baca juga : Cara Login Router Indihome

Usahakan Lensa Kamera HP Terbebas Dari Debu

Karena hp sering digunakan dalam kegiatan sehari-hari, dan memungkin lensa kamera hp kotor, maka alangkah baiknya kalian bersihkan terlebih dahulu sebelum memotret pemandangan.

Jika tidak dibersihkan, efeknya akan menghasilkan foto yang blur, tidak fokus ke objek, bahkan adanya efek embun yang mempengaruhi foto.

Tidak Menggunakan Mode Zoom

Focal length pada kamera hp biasanya di angka 25 hingga 28 mm, yang dimana lensa tersebut termasuk sudut lebar dalam dunia fotografi.

Efeknya objek akan terlihat lebih kecil dari yang asli, dan biasanya kalian menggunakan zoom untuk solusi mendekatkan objek.

Usahakan setelah ini jangan lagi menggunakan zoom jika ingin menghasilkan foto yang bagus, karena dengan zooming resolusi foto akan semakin turun.

Baca juga : Rekomendasi Kamera DSLR Untuk Pemula

Coba saja kalian zoom yang lebih dahsyat pasti kalian merasakan perbedaan saat memotret maupun pada hasil fotonya.

Gunakan Resolusi Tinggi

Untuk cara memotret pemandangan dengan kamera hp berikutnya adalah gunakan resolusi tertinggi yang tersedia pada kamera hp kalian.

Pada saat kalian menurunkan resolusi kamera di hp kalian ketika sedang memotret landscape, maka hasilnya akan lebih buram dan sulit untuk diedit dan dicetak nantinya.

Baca juga : Manfaat Kamera CCTV

Pakai Komposisi Dan Angle Yang Keren

Sangat banyak pilihan komposisi dan angle keren yang bisa kamu pilih dari foto yang tersebar di media sosial, hal itu dapat kamu pelajari.

Pada umumnya Para fotografer menggunakan komposisi rule of third, leading line, hingga framing, kalian juga bisa memanfaatkannya untuk objek yang menarik.

Kalian cari tahu angle yang menarik pada lokasi pemotretan, dengan mengambil angle yang berbeda, lali mainkan imajinasi anda.

Baca juga : Cara Membersihkan Sensor Kamera Mirrorless

Perhatikan Cahaya Yang Menerangi Objek

Jika pencahayaan di sekitar objek kurang mendukung maka kalian harus mengatur pencahayaan tersebut, karena kamera hp tidak sama sensitifnya dengan mata kita.

Mata kita lebih sensitif terhadap kegelapan, maka dari itu hasil foto kamera hp di luar ruangan lebih baik dari pada di dalam ruangan.

Baca juga : Cara Gabungkan Foto Di HP

Ulangi Memotret

Cara memotret pemandangan dengan kamera hp berikutnya yaitu mengulang dalam memotret, jangan langsung merasa puas dengan sekali jepretan.

Karena dengan beberapa jepretan nanti kalian bisa memilih hasil foto yang terbaik untuk dipost maupun diberikan ke client.

Baca juga : Tips Memotret Orang

Lensa Tambahan

Untuk menghasilkan foto dengan mode wide angle maka anda dapat menambahkan lensa tambahan yang dipasang di kamera bagian belakang hp.

Jika kalian menggunakan lensa tambahan tersebut maka hasil foto kalian akan terlihat lebih lebar daripada tanpa lensa tambahan.

Baca juga : Pengertian Kamera Analog

Gunakan Alat Bantu Kamera

Opsi terakhir untuk cara memotret pemandangan dengan kamera hp kalian gunakan alat bantu berupa tripod atau gorilapod dan sejenisnya agar hasil foto jernih.

Selain itu kalian dapat membuat foto dengan efek fotografi yang menarik, misal menciptakan foto dengan long exposure.

Baca juga : Macam Macam Aksesoris Kamera

Cukup demikian pembahasan mengenai cara memotret pemandangan dengan kamera hp yang dapat kami informasikan.

Semoga bermanfaat terutama bagi kalian yang baru bergelut di bidang fotografi terutama yang menggunakan handphone.

Sekian, Wassalamualaikum.