7+ Cara Mengambil Angle Foto Yang Bagus Dan Jenis Angle Dalam Fotografi

cara mengambil angle foto yang bagus

Kalian sedang mencari cara mengambil angle foto yang bagus ? Tenang saja hal itu cukup mudah kok.

Angle foto adalah salah satu aspek penting dalam menghasilkan sebuah karya fotografi menarik dan dapat memperkuat pesan yang ingin disampaikan oleh sang fotografer.

Penggunaan angle yang tepat dapat memberikan nuansa berbeda pada objek foto, serta dapat memperlihatkan dimensi dan perspektif berbeda pula.

Namun sebelum kita kearah pembahasan topik yang lebih jauh, kalian perlu tahu dulu pengertian dan Jenis jenis angle dalam fotografi, berikut ulasannya.

Angle Foto

Sebelum membahas cara mengambil angle foto yang bagus, kita harus tahu lebih dalam dulu tentang angle pengambilan gambar oleh kamera.

Sudut pengambilan gambar atau angle foto adalah posisi kamera atau fotografer saat mengambil gambar sehingga dapat memberikan nuansa dan kesan yang berbeda pada gambar tersebut.

Maksudnya, Angle dalam fotografi merujuk pada posisi dari mana sebuah foto diambil atau sudut pandang dari mana sebuah foto diambil. 

Angle dapat mengubah perasaan atau makna yang terkandung dalam foto, serta mempengaruhi estetika keseluruhan dari foto tersebut.

Macam Macam Angle Foto

Cara mengambil angle foto yang bagus salah satu faktor pendukungnya adalah mengerti tentanng macam macam angle foto. Ada beberapa jenis angle yang umum digunakan dalam fotografi, yaitu:

Eye-level angle

Eye-level angle merupakan angle yang paling umum digunakan dalam fotografi. Angle ini memotret objek dari ketinggian mata manusia, sehingga memberikan pandangan yang natural dan biasa-biasa saja.

High angle

High angle foto adalah sudut pandang yang memotret objek dari atas, sehingga memberikan pandangan yang lebih dramatis.

Serta menekankan pada ukuran atau proporsi objek yang difoto. Angle ini sering digunakan dalam adegan action atau drama.

Low angle

Low angle merupakan angle yang memotret objek dari bawah, sehingga memberikan pandangan kuat dan dominan pada objek yang difoto. 

Angle ini sering digunakan dalam fotografi potret untuk memperlihatkan kekuatan dan ketegasan objek.

Bird’s eye view angle

Bird’s eye view angle foto adalah sudut pandang yang memotret objek dari ketinggian yang sangat tinggi, seperti pesawat atau drone. 

Angle ini memberikan pandangan lebih luas dan menyeluruh pada objek yang difoto karena tata letak pengambilan gambarnya.

Dutch angle

Dutch angle merupakan angle yang memotret objek dengan posisi sudut miring atau cenderung condong. 

Angle ini sering digunakan untuk menciptakan kesan tidak stabil atau tidak normal, seperti dalam fotografi arsitektur atau fotografi lanskap.

Dalam pengambilan angle fotografi, seorang fotografer harus memperhatikan tujuan dari hasil akhir fotonya, serta mengenali objek yang akan difoto dan lingkungan sekitarnya. 

Sebaiknya, mencoba beberapa angle berbeda untuk menemukan angle yang paling sesuai dan memenuhi kebutuhan. 

Penggunaan angle yang tepat dapat membuat hasil fotografi menjadi lebih menarik dan dramatis, serta dapat memberikan nuansa berbeda pada objek yang difoto.

Cara Mengambil Angle Foto Yang Bagus

Dibalik cara mengambil angle foto yang bagus merupakan salah satu kunci untuk menghasilkan foto menarik dan memukau.

Untuk mengambil angle foto, Anda bisa menggunakan kamera digital, lensa kamera, dan tripod stand. Anda juga bisa menggunakan kompas untuk menentukan angle foto. 

Jika Anda menggunakan kamera digital, Anda bisa mengatur angle melalui layar LCD dan mengatur setting pada menu pengaturan kamera

Jika Anda menggunakan lensa kamera, Anda bisa menggunakan lensa dengan zoom untuk mengambil foto dari angle berbeda. 

Jika Anda menggunakan tripod stand, Anda bisa mengatur angle dengan cara mengatur posisi tripod.

Berikut adalah beberapa tips tentang cara mengambil angle foto yang bagus:

Tentukan fokus utama foto Anda

Cara mengambil angle foto yang bagus pertama, pikirkan tentang objek utama apa yang ingin Anda fokuskan sebelum mengambil foto.Ini akan membantu Anda menentukan angle terbaik untuk foto Anda.

Perhatikan tingkat kedudukan

Menentukan tingkat kedudukan merupakan cara mengambil angle foto yang bagus kedua, ini sangat penting dalam mengambil foto terbaik.

Cobalah untuk berdiri pada tingkat yang sama dengan objek utama Anda, atau jika objeknya lebih tinggi, cobalah untuk mengambil foto dari bawah ke atas untuk menciptakan kesan dramatis.

Perhatikan arah cahaya

Cahaya sangat penting dalam cara mengambil angle foto yang bagus. Cobalah untuk memperhatikan arah cahaya dan pilih angle yang memanfaatkan cahaya dengan baik. 

Jika cahaya terlalu terang atau terlalu gelap, Anda mungkin perlu menyesuaikan pengaturan kamera Anda atau menambahkan pencahayaan tambahan.

Gunakan perspektif tidak biasa

Cobalah untuk mengambil foto dengan perspektif yang tidak biasa, seperti mengambil foto dari samping atau dari sudut lebih unik. 

Ini merupakan cara mengambil angle foto yang bagus dan akan membantu menjadikan foto anda lebih menarik dan berbeda dari foto-foto lainnya.

Cobalah teknik framing

Teknik framing adalah cara untuk memperkuat objek utama dengan menempatkan objek lain di sekitarnya. 

Cobalah untuk menggunakan objek lain seperti pohon, bangunan, atau benda lain sebagai bingkai untuk objek utama Anda.

Perhatikan keseimbangan dan komposisi

Pastikan objek utama Anda ditempatkan dengan seimbang dalam frame, dan cobalah untuk menggunakan aturan sepertiga untuk komposisi foto Anda.

Cobalah variasi angle

Cobalah untuk mengambil foto dari berbagai angle dan lihat mana yang paling berhasil untuk objek Anda.

Ingatlah bahwa praktek membuat sempurna, jadi jangan takut untuk bereksperimen dengan teknik dan angle berbeda untuk menemukan apa yang paling berhasil untuk Anda.

Dengan memperhatikan hal-hal di atas, Anda dapat mengambil angle foto yang bagus dan memperjelas pesan yang ingin disampaikan. Selamat mencoba!

Sekian, Wassalamualaikum.