Mengenal Apa Itu Latency dan Cara Mengatasi Router Latency Tinggi

Cara mengatasi router latency tinggi

Cara mengatasi router latency tinggi – Saat menggunakan internet, Anda tentu menginginkan kecepatan internet bagus dan dapat diandalkan.

Akan tetapi, terkadang terdapat masalah sendiri sehingga perlu mengatasinya. Untuk itu, pastikan mengetahui juga bagaimana cara memperbaiki router Latency tinggi.

Baca juga : Jenis Jenis Kamera Canon DSLR

Apa itu Latency ?

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang cara mengatasi router latency tinggi, yang perlu diketahui bahwa ada banyak orang yang masih belum mengetahui arti Latency.

Apa itu latensi ? Latency adalah waktu yang diperlukan data dari tempat asalnya ke tempat tujuan. Umumnya, hal ini akan diukur dalam satuan mili detik.

Perlu dipahami juga bahwa istilah ini tidak ada bedanya dengan penundaan atau router delay.

Baca juga : Tingkatan Processor Intel

Pada Latency jaringan sendiri dapat ditentukan oleh waktu yang diperlukan untuk melakukan perjalanan, dari pengirim ke penerimanya.

Kemudian, penerima nantinya akan melakukan proses permintaannya. Hal ini berarti termasuk waktu perjalanan dari browser menuju server.

Bagusnya Latency adalah ketika terjadi dalam hitungan sepersekian detik, karena hal tersebut masih bisa terbilang wajar.

Akan tetapi, apabila sudah memasuki hitungan detik maka termasuk sebagai Latency tinggi. Oleh sebab itu, pastikan memahami cara mengatasi router Latency tinggi agar tidak lemot.

Baca juga : Cara Masuk ke Router ZTE

Beberapa Penyebab Adanya Latency

Setelah pembahasan mengenai pengertian latency, sangat penting bagi Anda untuk memahami apa saja penyebab terjadinya Latency.

Dengan begitu, jangan dulu fokus ke cara mengatasi router Latency tinggi atau rendah. Ada baiknya untuk mengetahui penyebabnya terlebih dahulu.

Jika kalian tidak tau penyebabnya maka nantinya kalian akan kesulitan dalam menyelesaikan problem yang kalian hadapi.

Baca juga : Cara Memperbaiki Kipas VGA Tidak Berputar

Contoh penyebab latency adalah seperti media transmisi dimana setiap infrastruktur jaringan selalu memiliki keterbatasan. Hal tersebut dapat menyebabkan adanya Latency.

Selain itu, penyebab lainnya latency adalah adanya propagasi. Yakni waktu yang diperlukan paket dalam meraih perjalanan sampai ke tujuannya.

Tidak hanya itu, router juga dapat menyebabkan adanya Latency. Terutama saat melakukan analisis informasi header dari sebuah paket.

Dengan begitu, setiap melewati router yang baru dapat mempengaruhi peningkatan dari keberadaan Latency itu sendiri.

Baca juga : Cara Reset Router Indihome

Cara Mengatasi Router Latency Tinggi

Cara mengatasi router Latency tinggi artinya membantu mengurangi masalah sehingga koneksi internet tidak lemot kembali.

Apabila Anda mengalami Latency tinggi, maka pastikan segera menanganinya dengan beberapa cara untuk mengatasi latency tinggi tersebut. Simak terlebih dahulu ulasan selengkapnya di bawah ini:

1. Gunakan Content Delivery Network

Salah satu cara mengatasi tingginya router latency adalah dengan memanfaatkan content delivery network.

Dengan begitu, Anda dapat membantu mendekatkan sumber daya ke penggunanya. Caranya adalah menyimpan dalam cache di beberapa lokasi di seluruh dunia.

Apabila sumber dayanya sudah berada di dalam cache, maka permintaan pengguna hanya perlu memanfaatkan perjalanan ke point of presence terdekat saja. Agar nantinya dapat mengambil data tersebut sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga : Cara Konfigurasi Router di Cisco Packet Tracer

2. Restart Router

Keberadaan router tentu memiliki peran penting sebagai perantara internet menuju perangkat. Saat Anda melakukan proses restart.

Maka tentu saja dapat membantu menghilangkan beberapa gangguan yang terjadi. Oleh sebab itu, pastikan segera melakukannya.

Dengan cara mengatasi router latency tinggi, lakukan restart tersebut untuk membantu menjadikan performa internet menjadi lebih baik.

Tentu saja dapat Anda gunakan sesuai kebutuhan tanpa perlu lagi khawatir internet lemot sehingga sangat mengganggu aktivitas.

Baca juga : VGA Artefak

3. Gunakan Penguat Sinyal

Tahukah Anda, bahwa pada beberapa tempat keberadaan repeater atau penguat sinyal dapat membantu meningkatkan kecepatan internet saat digunakan.

Dengan begitu, tentu saja akan terhindar dari adanya internet yang sangat lemot sehingga menjadikan hati kesal.

Oleh sebab itu, terapkan cara mengatasi router latency tinggi satu ini. Sekarang pun ada banyak orang menjual repeater dengan harga sangat beragam.

Akan tetapi, pastikan memilih yang berkualitas sehingga dapat membantu mempercepat koneksi jaringan Wifi di rumah.

Baca juga : Urutan Processor Laptop Terbaik

4. Bersihkan Cache Browser

Salah satu alasan mengapa wifi di rumah lemot adalah karena penggunaan browser. Oleh sebab itu, usahakan untuk meggunakan cara mengatasi router latency tinggi dengan membersihkan cache tersebut agar tidak terlalu banyak tersimpan sehingga memberatkan kinerja jaringan.

Terlebih, cache tersebut berisi data kegiatan browsing yang sudah Anda lakukan sebelumnya. Apabila tersimpan dan menumpuk sehingga dapat mempengaruhi kecepatan internet di browser. Langkah ini juga dapat dilakukan secara berkala agar internet lebih maksimal.

Baca juga : Tingkatan VGA Nvidia

Itu tadi sedikit ulasan dari soal tekno apabila ingin mengetahui pengertian latency serta cara mengatasi router Latency tinggi.

Pastikan untuk selalu memperhatikan koneksinya apakah ada masalah. Kemudian, atasi masalah tersebut sesuai dengan penyebabnya masing-masing.

Sekian dan semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum.