5+ Perbedaan Access Point dan Router Beserta Pengertiannya

Perbedaan Access Point dan Router

Perbedaan access point dan router – Bagi sebagian besar orang, mereka pun sudah tidak asing lagi dengan istilah WiFi.

Namun perlu Anda tahu juga beberapa perangkat yang berfungsi untuk menyebarkan sinyal wireless.

Perbedaan access point dan router harus diketahui karena sekilas keduanya memiliki bentuk sama bahkan mirip.

Baca juga : Motherboard adalah

Pengertian Access Point dan Router

Perbedaan access point dan router

Sebelum anda mengetahui Perbedaan access point dan router, pertama-tama, anda perlu tahu apa pengertian access point dan router.

Istilah ini merujuk pada sebuah perangkat jaringan yang berguna untuk menghubungkan beberapa wireless klien komputer maupun perangkat secara wireless pada ponsel. Apabila mereka terhubung maka akan masuk ke satu jaringan.

Baca juga : Bagian-bagian motherboard dan fungsinya

Apabila Anda menggunakan kabel dalam sebuah jaringan di rumah atau kantor, maka access point ini dapat dianggap menjadi sebuah switch. Fungsinya yakni untuk menghubungkan beberapa komputer dengan memakai kabel LAN.

Sementara ketika Anda mengibaratkannya sebagai jaringan wireless, maka access point bisa dianggap sebagai sebuah switch.

Selain itu hub akan bertindak menjadi pusat dari pemancar serta penerima sinyal-sinyal radio. Access point sendiri adalah sebuah node dengan konfigurasi khusus pada WLAN.

Access point dan router adalah dua perangkat yang sering digunakan dalam jaringan komputer. Meskipun keduanya digunakan untuk menghubungkan perangkat ke internet, mereka memiliki fungsi yang berbeda.

Pengertian Access point adalah perangkat jaringan nirkabel yang digunakan untuk menyediakan akses nirkabel ke jaringan.

Dalam jaringan komputer, fungsi access point bertindak sebagai penghubung antara perangkat nirkabel seperti laptop, smartphone, atau tablet dengan jaringan kabel.

Router adalah perangkat jaringan yang menghubungkan beberapa jaringan komputer dan menghubungkan perangkat ke internet.

Dalam jaringan komputer, router bertindak sebagai gateway antara jaringan lokal dan internet.

Baca juga : Cara cek motherboard dengan multitester

Perbedaan Access Point dan Router

Perbedaan access point dan router

Ada poin yang mendasari perbedaan access point router dan range extender. Port pada Wireless Router biasanya mempunyai 1 buah port WAN dihubungkan ke modem untuk mengakses internet dan 4 port LAN lainnya disambungkan secara local network dan wireless.

Nantinya akan dikonfigurasikan sebagai gateway dan juga mempunyai fitur DHCP server. Selain itu, pada halaman ini pun konfigurasi akan menerapkan fitur port dan firewall.

Dengan adanya wireless router, modem dapat langsung disambungkan ke Wi-Fi router sehingga wireless terkoneksi internet.

Sementara router umumnya hanya terdiri dari 1 port saja dengan konektor RJ45. Biasanya digunakan untuk menghubungkan access point menuju ke router utama serta menggunakan konfigurasi hanya agar menentukan SSID dan juga security key.

Meskipun access point dan router memiliki fungsi yang berbeda, tetapi keduanya memainkan peran yang sangat penting dalam jaringan. Berikut adalah perbedaan access point dan router yang paling utama:

1. Fungsi

Perbedaan access point dan router yang pertama adalah kegunaannya, fungsi Access point digunakan untuk menyediakan akses nirkabel ke jaringan. 

Sedangkan router digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan komputer dan menghubungkan perangkat ke internet.

2. Konfigurasi

Dilihat dari segi konfigurasi perbedaan access point dan router yaitu Access point biasanya dipakai untuk memperluas jangkauan jaringan nirkabel. 

Pemasangan access point biasanya dilakukan secara terpisah dengan router. Sedangkan router umumnya sudah memiliki fitur nirkabel dan tidak memerlukan perangkat tambahan.

3. Sinyal

Access point terdapat daya pancar yang lebih kuat daripada router, sehingga dapat memberikan sinyal yang lebih baik dalam jangkauan yang lebih jauh. 

Router biasanya memiliki daya pancar yang lebih rendah karena tidak dirancang untuk menjangkau jaringan yang luas.

4. Keamanan

Router memiliki fitur keamanan yang lebih baik daripada access point. Router dapat berfungsi sebagai firewall yang membantu melindungi jaringan dari serangan virus atau hacker. Router juga memiliki fitur pengaturan hak akses dan enkripsi untuk memastikan bahwa hanya perangkat yang diizinkan yang dapat mengakses jaringan.

Access point, di sisi lain, tidak memiliki fitur keamanan yang sekuat router. Namun, access point juga dapat diatur dengan password untuk menghindari akses yang tidak diinginkan.

5. Skalabilitas

Perbedaan access point dan router dapat disimpulkan dari skalabilitasnya, Untuk Access point diperuntukan memperluas jaringan nirkabel dengan menambahkan perangkat tambahan. 

Namun, jika jaringan tersebut terlalu besar, maka kita memerlukan lebih banyak access point. Hal ini dapat menjadi sulit dan mahal. 

Sedangkan router dapat menghubungkan beberapa jaringan komputer tanpa memerlukan perangkat tambahan.

Baca juga : Cara Reset Router Indihome

Perbedaan Fitur pada Access Point dan Router

Dalam perbedaan wireless router dan access point, wireless router ini akan menghubungkan beberapa jaringan wireless yang berbeda.

Selain itu wireless router juga berperan sebagai DHCP server dimana umumnya membutuhkan server. Tidak hanya itu saja, wireless router mampu membelokkan paket data untuk ditujukan pada server tertentu.

Wireless router memiliki fungsi untuk memetakan port service yang ada di dalam sebuah PC ke port berbeda.

Selain itu juga bisa digunakan pada internet sharing ke beberapa komputer. Wireless router mampu melakukan NAT dimana Public internet dari ISP tentu berbeda dengan lokal komputer.

Sementara Wireless Access Point tidak bisa menjadi server DHCP dan tidak memiliki fasilitas port redirecting.

Selain itu juga tidak dilengkapi fitur menggantikan server jaringan. Artinya tak mampu menghubungkan 2 jaringan berbeda sehingga semakin lambat untuk merespon pada banyak user.

Baca juga : Cara Memotret Pemandangan Dengan Kamera HP

Fitur yang Tidak Ada dalam Wireless Access Point

Dalam memahami perbedaan access point router dan repeater, perlu Anda tahu bahwa ada beberapa fitur yang tidak ada dalam wireless access point. Pertama yakni DHCP dimana fungsinya hampir mirip seperti hub atau switch.

Fitur selanjutnya yang tidak ada adalah bandwith control dimana dapat ditemui pada wireless access point. Berikutnya adalah parental control digunakan untuk menyaring website mana saja sebelum diizinkan masuk atau tidak oleh wireless client.

Fungsi yang dimiliki oleh bandwith control tidak dapat digantikan oleh fitur apapun pada wireless access point.

Selain itu juga tidak dilengkapi dengan DDNS atau Dynamic Domain Name System dimana menjadikan IP publik seringkali berubah-ubah menjadi hostname.

Baca juga : Pengertian Dan Dasar-Dasar Fotografi

Perbedaan Access Point Router dan Range Extender

Keduanya memang tampak sama namun sebenarnya memiliki fungsi berbeda. Access Point berfungsi sebagai sentra pemancar sinyal WiFi agar setiap client di Local Network bisa saling terhubung baik sesama host atau terkoneksi ke internet.

Di samping itu, Access Point pun juga memiliki fungsi yang lebih spesifik karena range extender hanya berfungsi untuk broadcast SSID pada jaringan WLAN saja. Selain itu konfigurasi access point pun biasanya dapat dibuat atau diatur sebagai mode bridge.

Baca juga : Tips Memotret Orang

Range extender sendiri merupakan perangkat jaringan yang berfungsi sebagai wifi extender yakni alat jaringan untuk memperkuat jangkauan sinyal.

Sesuai namanya, repeater ini memiliki pengertian mengulang dimana artinya adalah perangkat jaringan dengan fungsi memancarkan ulang sinyal.

Perbedaan access point dan router memang masih asing bagi kebanyakan orang. Namun jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang LAN, WLAN dan sejenisnya maka kedua istilah tersebut juga penting untuk diketahui.

Sekian dan semoga bermanfaat

wassalamualaikum

4 Replies to “5+ Perbedaan Access Point dan Router Beserta Pengertiannya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *