Apa Itu Keyboard ? Pengertian, Fungsi, Dan Cara Kerjanya. Dijelaskan Secara lengkap

apa itu keyboard

Mungkin dalam dari kalian yang bingung bila ditanya perihal apa itu keyboard, karena kurangnya pengetahuan terkait perangkat keras ini.

Keyboard adalah perangkat keras yang termasuk dari bagian komputer atau laptop dan digunakan untuk mengetik teks atau angka.

Biasanya untuk laptop perangkat keras ini letaknya menyatu dengan laptop tersebut, namun untuk komputer biasanya terpisah.

Baca juga : Pengertian Mouse Dan Fungsinya

Untuk lebih tahu serta mengerti tentang apa itu keyboard, fungsi, dan cara kerjanya simak ulasan di bawah ini.

Pengertian Keyboard

Apa itu keyboard ? Keyboard adalah perangkat keras (hardware) yang digunakan untuk memasukkan teks, angka, atau simbol ke dalam komputer atau perangkat elektronik lainnya. 

Terdiri dari sejumlah tombol atau key yang masing-masing mempunyai fungsi dan tipe yang berbeda-beda.

Pada umumnya, keyboard memiliki tampilan standar yang terdiri dari beberapa kumpulan tombol, antara lain tombol huruf (alphabet), angka, tanda baca, dan fungsi khusus seperti tombol enter, spasi, backspace, dan tombol Ctrl, Alt, dan Shift. 

Setiap tombol pada keyboard biasanya dilengkapi dengan karakter atau simbol tertentu, yang muncul di layar saat tombol ditekan.

Keyboard mempunyai beberapa jenis yang berbeda, salah satunya adalah keyboard fisik (physical keyboard) yang terpasang pada laptop atau desktop computer. 

Baca juga : Urutan Processor Laptop Terbaik

Apa itu keyboard fisik ? Keyboard fisik adalah keyboard yang terdiri dari tombol fisik yang dapat diketik oleh pengguna. 

Keyboard fisik tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran, dan dapat tersambung ke komputer atau perangkat lain melalui kabel atau nirkabel.

Selain keyboard fisik, ada juga jenis keyboard yang lebih modern dan berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir, yaitu keyboard virtual (virtual keyboard). 

Apa itu keyboard virtual ? Keyboard virtual adalah tampilan keyboard yang muncul di layar, biasanya digunakan pada smartphone atau tablet. 

Keyboard virtual terdiri dari karakter atau simbol yang ditempatkan pada layar sentuh, dan dapat dioperasikan dengan mengusap atau mengetuk layar.

Baca juga : Cara Mengatasi Kamera Laptop Tidak Berfungsi

Keyboard juga memiliki beberapa teknologi dan fitur yang memudahkan pengguna dalam mengetik. 

Seperti fitur predictive text (teks prediktif) yang dapat mempercepat pengetikan dengan memberikan saran kata berikutnya, serta fitur autocorrect (auto koreksi) yang memperbaiki kesalahan pengetikan.

Selain itu, beberapa keyboard juga dilengkapi dengan lampu latar (backlight) yang memudahkan pengguna untuk mengetik dalam kondisi kurang cahaya atau gelap. 

Dalam dunia pemrograman, keyboard juga memiliki peranan yang sangat penting yaitu untuk mengetik kode program.

Baca juga : Teknik Fotografi Handphone

Fungsi Keyboard

Setelah kita memahami apa itu keyboard, selanjutnya kalian perlu tahu fungsi dari perangkat keras ini dalam dunia teknologi.

Keyboard adalah sebuah perangkat input yang berfungsi untuk memasukkan data ke dalam komputer atau perangkat elektronik lainnya. 

Fungsi utama keyboard adalah untuk mengetik teks dan karakter pada program atau aplikasi yang sedang digunakan. 

Terkait pemahaman tentang apa itu keyboard, perangkat keras ini memiliki beberapa fungsi lainnya, antara lain:

  1. Navigasi: Keyboard memiliki tombol navigasi seperti panah, Home, End, Page Up, dan Page Down yang digunakan untuk menggerakkan kursor atau halaman dalam dokumen atau aplikasi.
  1. Shortcut: Keyboard juga memiliki tombol shortcut yang memungkinkan pengguna untuk membuka program atau aplikasi dengan cepat tanpa harus mencarinya pada menu atau ikon di desktop.
  1. Kontrol: Keyboard memiliki tombol kontrol seperti Ctrl, Alt, dan Shift yang digunakan untuk melakukan operasi atau fungsi khusus seperti copy, paste, dan undo.
  1. Multimedia: Keyboard saat ini juga memiliki tombol multimedia yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol pemutaran musik, video, atau presentasi tanpa harus memindahkan kursor ke panel kontrol.
  1. Gaming: Keyboard juga digunakan untuk memainkan game pada komputer atau konsol game, dengan tombol khusus untuk kontrol game.
  1. Keamanan: Keyboard juga dapat digunakan untuk keamanan dengan tombol pengunci seperti Caps Lock, Num Lock, dan Scroll Lock yang mengunci pengaturan keyboard untuk mencegah akses yang tidak sah.

Dengan keyboard, pengguna dapat mengetik, mengontrol, dan memanipulasi data dengan lebih efisien dan mudah.

Baca juga : Cara Aktivasi Microsoft Office 2019

Cara Kerja Keyboard

Pertanyaan mengenai apa itu keyboard dan fungsinya sudah terjawab, Berikutnya kita jelaskan cara kerjanya.

Keyboard adalah perangkat input yang bekerja dengan menggunakan teknologi elektromekanis atau teknologi digital. Cara kerja keyboard adalah sebagai berikut:

  1. Penekanan tombol: Ketika tombol pada keyboard ditekan, maka bagian bawah tombol tersebut akan mengenai sebuah saklar (switch) atau membran yang terletak di bawahnya.
  1. Sinyal listrik: Ketika saklar atau membran ditekan, maka terjadilah penghubungan sirkuit listrik antara dua titik pada keyboard. Hal ini mengirimkan sinyal listrik ke dalam komputer atau perangkat elektronik lainnya.
  1. Identifikasi karakter: Setiap tombol pada keyboard memiliki karakter atau kode yang unik, yang akan diidentifikasi oleh sistem saat terjadi penghubungan sirkuit listrik. Setelah itu, karakter atau kode tersebut akan ditampilkan pada layar.
  1. Koneksi dan pengiriman data: Setelah karakter atau kode dikenali, data tersebut akan dikirimkan melalui kabel atau nirkabel ke dalam sistem komputer atau perangkat elektronik lainnya. Komputer atau perangkat tersebut kemudian akan memproses data tersebut sesuai dengan program atau aplikasi yang sedang dijalankan.
  1. Pengulangan sinyal: Ketika tombol ditekan dan ditahan dalam waktu yang lama, keyboard akan mengulangi sinyal pengiriman data karakter yang sama secara berulang-ulang.
  1. Tombol pengaturan: Selain tombol karakter, keyboard juga memiliki tombol pengaturan lain seperti Ctrl, Alt, dan Shift yang berfungsi untuk mengaktifkan perintah atau fungsi tertentu pada sistem.

Dalam keseluruhan, keyboard adalah perangkat input yang menggunakan saklar atau membran untuk mengirimkan sinyal listrik yang diidentifikasi sebagai karakter atau kode tertentu pada sistem komputer atau perangkat elektronik lainnya. 

Baca juga : Tema Fotografi Unik

Dengan cara kerja ini, keyboard memungkinkan pengguna untuk memasukkan data dengan cepat dan efisien ke dalam sistem.

Demikian penjelasan mengenai apa itu keyboard dan fungsi beserta cara kerjanya, dan bisa kalian pelajari untuk lebih paham mengenai komponen komputer atau laptop.