Cara Aktivasi Microsoft Office 2019 Dan Atasi Unlicensed Product

cara aktivasi microsoft office

Untuk cara aktivasi microsoft office 2019 merupakan hal yang paling sering dicari bagi kalangan pengguna laptop atau pc.

Versi ini dibuat Microsoft sebagai salah satu software perkantoran terbaru. Peluncurannya dilaksanakan tanggal 24 September 2018 dengan tujuan untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dan fitur canggih.

Ada beberapa permasalahan terjadi di balik adanya software ini. Salah satunya yaitu tujuan Microsoft untuk mengalihkan penggunanya ke Office 365

Dan merupakan model subscription software yang diidam-idamkan dapat meningkatkan produktivitas pemakai perangkat lunak tersebut. 

Tetapi, fakta yang terjadi tidak sesuai harapan, karena masih banyak peminat yang memilih memakai Microsoft Office secara offline.

Alasannya microsoft office 2019 hanya untuk windows 10 serta fitur yang dipakai oleh versi sebelumnya juga sudah tersedia.

Sebagai pengguna versi ini, kalian pasti sudah tahu harus aktivasi office 2019 dulu sebelum menikmati fitur-fiturnya.

Baca juga : Cara Cloning HDD ke SSD

Baca juga : Teknik Fotografi Handphone

Untuk itu kami akan sajikan langkah-langkah atau cara aktivasi office 2019 secara jelas dan mudah.

Cara Aktivasi Microsoft Office 2019

Microsoft Office 2019 menjadi aplikasi produktivitas terpopuler dan banyak peminat yang ingin menggunakannya.

Untuk dapat menikmati fitur yang disajikan, kalian butuh yang namanya aktivasi pada software tersebut. 

Aktivasi Microsoft Office 2019 dapat menjelaskan bahwa kalian menggunakanya secara sah dan legal.

Maka dalam hal ini mari kita bahas cara aktivasi Office 2019:

  1. Lakukan pembelian produk untuk aktivasi Office 2019 yang legal. Jika pembelian dilakukan di toko retail, pastikan kalian mendapatkan kemasan lengkap beserta lisensi produk dan kode aktivasi. Namun jika beli secara online, lakukan pembelian di situs resmi Microsoft.
  1. Sesudah melakukan penginstalan produk aktivasi Office 2019, buka salah satu aplikasi Office, seperti Microsoft Word atau Excel.
  1. Tekan “Activate” atau “Sign in” yang berada di pojok kanan atas jendela di awal tampilan aplikasi.
  1. Untuk tahap cara aktivasi Microsoft Office 2019 selanjutnya kalian ketik alamat email yang dipakai ketika transaksi produk Microsoft Office 2019.
  1. Masukkan kode aktivasi yang ada didalam kemasan produk pada saat diminta. Jika kalian belinya secara digital, kode akan dikirimkan lewat email.
  1. Jika sudah mempunyai akun Microsoft, login dengan akun lama kalian. Jika tidak, buatlah akun yang baru.
  1. Setelah kalian masuk ke akun Microsoft, kalian akan diperlihatkan konfirmasi aktivasi. Tekan “Activate” atau “Finish” agar proses aktivasi selesai.
  1. Langkah terakhir cara aktivasi Office 2019, kalian restart seluruh aplikasi Microsoft Office untuk memastikan kembali aktivasi tersebut berhasil.

Baca juga : Cara Aktivasi WinRAR

Jika aktivasi gagal, periksa koneksi internet dan informasi yang kalian berikan sudah benar. Hubungi dukungan pelanggan Microsoft untuk membantu mengatasi masalah yang tidak bisa kalian pecahkan.

Cara aktivasi Microsoft Office 2019 perlu diketahui serta dipraktekkan untuk kemudahan pengguna mengakses semua fitur dan fungsionalitasnya, serta memiliki akses aman karena diaktifkan secara legal.

Cara Mengatasi Unlicensed Product Microsoft Office 2019 Gak Ribet

Kemunculan pesan “Unlicensed Product” atau “Produk Tidak Berlisensi” pada saat mempraktekkan cara aktivasi Microsoft Office 2019 diatas bisa membuat pengguna pusing dan tidak dapat menggunakan secara leluasa. 

Kalian bisa menggunakan Command Prompt (CMD) untuk menanggulangi masalah “Unlicensed Product” atau “Produk Tidak Berlisensi” pada saat aktivasi Office 2019 ini. 

Setelah penjelasan mengenai cara aktivasi Microsoft Office 2019 simak cara mengatasi unlicensed ketika aktivasi office 2019 dibawahi.

  1. Masuk ke Command Prompt, caranya tekan tombol “Windows + R” pada keyboard dan ketik “cmd” pada kolom yang disediakan. Lalu enter untuk masuk.
  1. Untuk pindah ke direktori utama drive sistem ketik perintah “cd” 
  1. Lalu tuliskan “cd Program Files\Microsoft Office\Office16” untuk berpindah ke direktori tempat Microsoft Office 2019 terinstall.
  1. Periksa status lisensi Microsoft Office 2019 dengan mengetik perintah “cscript ospp.vbs /dstatus”.
  1. Jika status lisensi “Unlicensed Product” atau “Produk Tidak Berlisensi”, ketik perintah “cscript ospp.vbs /unpkey:ooooo” untuk hapus produk key tidak valid tersebut. Ganti “ooooo” dengan kode produk key yang ingin dihapus.
  1. Misal kalian sudah mempunyai produk key secara legal, ketik perintah “cscript ospp.vbs /inpkey:ooooo” untuk memasukkan produk key tersebut. 
  1. Sesudah produk key dimasukkan, ketik “cscript ospp.vbs /act” untuk cara aktivasi Microsoft Office 2019.
  1. Tunggu proses beberapa waktu hingga muncul pesan “Product activation successful” pada Command Prompt.
  1. Lalu setelah menutup  Command Prompt,kalian buka salah satu aplikasi Microsoft Office 2019, seperti Word atau Excel, agar lebih memastikan lagi bahwa produk aktivasi Office 2019 sudah berhasil.

Baca juga : Cara Mengambil Angle Foto Yang Bagus

Baca juga : Pengertian Dan Fungsi Aperture

Kesimpulan

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kalian dapat menggunakan Command Prompt untuk mengatasi masalah “Unlicensed Product” atau “Produk Tidak Berlisensi” pada saat aktivasi Office 2019. 

Gunakan produk key yang statusnya sah serta ikuti petunjuk secara hati-hati demi menghindari kesalahan dan problem yang fatal.

Cukup sekian terkait cara aktivasi Microsoft Office 2019 di atas, semoga bisa membantu kalian untuk melakukan aktivasi dengan mudah dan cepat.

Baca juga : Cara Memperbaiki Kipas VGA Tidak Berputar

Akhir kata, Wassalamualaikum.