Sejarah: 10+ Jenis Jenis Keyboard Komputer Beserta Kelebihan Dan Kekurangannya

jenis jenis keyboard

Meskipun komponen ini sudah tidak asing lagi bagi pengguna komputer, namun masih banyak sebagian besar yang belum tahu tentang sejarah dan jenis jenis keyboard.

Keyboard adalah salah satu komponen penting pada sebuah laptop yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam sistem. 

Komponen ini telah mengalami evolusi secara signifikan dari awalnya hanya memiliki beberapa tombol hingga menjadi sebuah perangkat yang dilengkapi dengan banyak fitur dan teknologi. 

Baca juga : Cara Aktivasi Corel X7 Offline

Dalam artikel ini, kita akan membahas sejarah dan jenis-jenis keyboard. Untuk itu simak lebih lanjut untuk mendapatkan informasi secara menyeluruh.

Sejarah Keyboard

Keyboard pertama kali ditemukan pada tahun 1868 oleh Christopher Latham Sholes, seorang jurnalis asal Amerika Serikat. 

Ia menciptakan sebuah mesin tik dengan sebutan “Typewriter”. Mesin ini menggunakan keyboard yang terdiri dari hanya 28 tombol, berfungsi untuk memasukkan karakter ke dalam dokumen. Mesin ketik pertama yang digunakan secara komersial diproduksi pada tahun 1874.

Pada awalnya, komponen ini hanya digunakan untuk mesin ketik saja. Namun, dengan berkembangnya teknologi, mulailah digunakan pada komputer dan laptop. 

Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan keyboard yang terdiri dari 83 tombol dan memiliki bentuk seperti yang kita kenal saat ini.

Baca juga : Gaya Model Fotografer Studio

Jenis Jenis Keyboard Komputer Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Keyboard digunakan sebagai alat input dengan memungkinkan pengguna untuk memasukkan data dan memberikan perintah kepada komputer. 

Meskipun pada dasarnya memiliki fungsi sama, tetapi jenisnya memiliki perbedaan dalam desain dan fitur-fiturnya.Berikut jenis jenis keyboard komputer beserta kelebihan dan kekurangannya.

1. Membran

Membran termasuk dalam jenis jenis keyboard yang paling umum dan sering digunakan oleh kebanyakan pengguna komputer. 

Keyboard membran ini menggunakan lapisan membran untuk menghubungkan tombol-tombol pada keyboard ke sirkuit yang ada pada papan induk.

Kelebihan dari keyboard membran adalah harganya yang terjangkau serta memiliki ketahanan yang baik terhadap debu dan cairan. 

Namun, kelemahannya adalah tombolnya yang lebih sulit ditekan dapat memicu rasa lelah pada jari.

2. Mekanik

Mekanik adalah jenis jenis keyboard yang menggunakan saklar fisik untuk setiap tombolnya. 

Dalam keyboard mekanik, setiap tombolnya memiliki saklar mekanik yang memastikan setiap tombol ditekan dengan konsistensi yang sama, memberikan umpan balik yang lebih jelas ke pengguna. 

Kelebihan dari keyboard mekanik adalah pengguna dapat menekan tombol dengan lebih mudah dan cepat, juga memiliki umpan balik yang jelas serta responsif.

Harganya yang lebih mahal dan lebih berat dari keyboard membran menjadi sebuah kekurangan yang dimiliki komponen ini.

Baca juga : Cara Mengatasi Laptop Not Responding

3. Nirkabel

Nirkabel termasuk jenis jenis keyboard yang terhubung ke komputer melalui sinyal nirkabel seperti Bluetooth atau Wi-Fi. 

Kelebihan dari keyboard nirkabel adalah dapat digunakan tanpa kabel yang terlihat berantakan di atas meja, dan dapat digunakan dari jarak yang jauh. 

Namun, kelemahannya adalah terkadang terjadi keterlambatan saat mengetik karena koneksi nirkabel yang tidak stabil, serta kebutuhan untuk mengganti baterai secara teratur.

4. Ergonomis

Jenis jenis keyboard ini dirancang khusus untuk mengurangi ketegangan pada tangan dan pergelangan tangan. 

Keyboard ergonomis bisa disinkronkan dengan ketinggian yang tepat untuk meminimalkan ketegangan pada jari dan pergelangan tangan, memiliki desain yang lebih melengkung

Kelebihan dari keyboard ergonomis adalah mengurangi resiko cedera atau sakit pada tangan dan pergelangan tangan. 

Namun, kelemahannya adalah membutuhkan waktu untuk terbiasa dengan desain serta harga yang ditawarkan lebih mahal.

Baca juga : Pengertian Kamera Analog

5. Gaming

Komponen ini merupakan jenis jenis keyboard dirancang untuk kebutuhan gaming yang memiliki tombol-tombol khusus yang dirancang untuk memberikan pengalaman gaming yang lebih baik.

Seperti tombol-tombol makro dapat dikustomisasi dan memberikan perintah secara cepat dan responsif.

Kelebihan dari keyboard gaming adalah tombolnya responsif dan nyaman digunakan saat bermain game. 

Harga komponen ini cukup menguras kantong dan tidak memiliki umpan balik yang jelas, tidak seperti keyboard mekanik.

6. Touchpad

Touchpad adalah jenis jenis keyboard yang memungkinkan pengguna untuk mengoperasikan komputer tanpa menggunakan mouse. 

Keyboard touchpad memiliki fitur touchpad yang terintegrasi pada keyboard sehingga pengguna dapat menggunakan touchpad untuk menggerakkan kursor dan melakukan scroll pada layar. 

Kelebihan dari keyboard touchpad adalah pengguna dapat mengoperasikan komputer dengan lebih mudah dan nyaman, terutama pada laptop. 

Namun, kelemahannya adalah pengguna harus terbiasa dengan tata letak touchpad pada keyboard, dan penggunaan touchpad pada keyboard sering kali kurang presisi dibandingkan dengan menggunakan mouse.

Baca juga : Pengertian Dan Fungsi DPI Pada Mouse

7. Chiclet

Jenis jenis keyboard selanjutnya yaitu Chiclet yang memiliki tombol yang lebar dengan jarak yang cukup besar di antara tombol-tombolnya. 

Desain chiclet ini memberikan kenyamanan pada pengguna saat mengetik dan meminimalkan risiko kesalahan saat mengetik. 

Kelebihan dari keyboard chiclet adalah tombolnya yang empuk dan mudah ditekan, serta mudah dibersihkan. 

Namun, kelemahannya adalah kurang responsif seperti pada keyboard mekanik, dan pengguna yang terbiasa dengan keyboard tradisional mungkin membutuhkan waktu untuk terbiasa dengan desainnya.

8. Fleksibel

Fleksibel yaitu jenis jenis keyboard yang terbuat dari bahan karet atau silikon, sehingga dapat dilipat dan dibawa ke mana saja. 

Keyboard fleksibel ini dapat dihubungkan ke komputer melalui kabel USB atau Bluetooth. Kelebihan dari keyboard fleksibel adalah portabilitasnya yang tinggi, sehingga pengguna dapat membawanya ke mana saja. 

Selain itu, keyboard fleksibel juga tahan terhadap debu dan cairan. Namun, kelemahannya yaitu tombolnya kurang nyaman digunakan dan pengguna harus terbiasa dengan desain keyboard fleksibel.

Baca juga : Urutan VGA Terbaik

9. Capacitive

Capacitive adalah jenis jenis keyboard yang menggunakan teknologi sama dengan layar sentuh pada smartphone. 

Keyboard capacitive ini memiliki permukaan datar dan responsif, sehingga pengguna bisa mengetik dengan cepat dan nyaman. 

Kelebihan dari keyboard capacitive adalah responsif serta nyaman digunakan, mudah juga dibersihkan. 

Kelemahannya yaitu harganya yang cukup mahal dan pengguna harus terbiasa dengan desain keyboard capacitive.

10. Virtual

Sekarang hampir setiap orang menggunakannya yaitu jenis jenis keyboard yang terdapat pada layar smartphone. 

Keyboard virtual ini memungkinkan pengguna untuk mengetik tanpa perlu menggunakan keyboard fisik. 

Kelebihan dari keyboard virtual adalah mudah digunakan dan dapat diakses di mana saja. Untuk kelemahannya yaitu kurang nyaman digunakan karena pengguna harus terbiasa dengan ukuran dan tata letak keyboard virtual pada layar.

Dari berbagai jenis keyboard komputer di atas, pengguna dapat memilih jenis keyboard yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pengguna. 

Pemilihan keyboard yang tepat dapat meningkatkan produktivitas pengguna dan mengurangi kelelahan saat mengetik. 

Sebelum memutuskan untuk membeli lebih baiknya pertimbangkan faktor harga dan kualitas keyboard.

Baca juga : Cara Login Router Indihome

Cara Menggunakan Keyboard Komputer dengan Benar

Dalam kehidupan modern, penggunaan keyboard menjadi hal yang sangat penting. Hal ini karena keyboard menjadi salah satu alat yang paling sering digunakan untuk mengetik di komputer. 

Penggunaan keyboard yang tepat dan benar dapat meningkatkan efisiensi kerja dan meminimalisir risiko cedera otot dan jari. 

Namun, masih banyak orang yang menggunakan keyboard dengan cara yang salah, sehingga dapat menyebabkan masalah kesehatan dan menurunkan produktivitas.

Setela mengetaui jenis jenis keyboard, Berikut adalah panduan cara menggunakan keyboard komputer dengan benar.

1. Letakkan Keyboard di Tempat yang Tepat

Tempatkan keyboard pada permukaan datar dan rata seperti meja atau meja kerja. Jangan memiringkan atau mengangkat keyboard karena dapat menyebabkan ketegangan pada otot dan jari. 

Pastikan juga keyboard berada dalam jarak yang tepat dari tubuh, sehingga tidak perlu membungkuk terlalu jauh atau memperpanjang lengan untuk mengetik.

2. Pastikan Posisi Tubuh yang Nyaman

Posisi tubuh yang benar saat menggunakan keyboard adalah duduk tegak dengan punggung lurus dan kaki rata di lantai. 

Pastikan siku berada dalam posisi 90 derajat dan bahu rileks. Hindari duduk terlalu rendah atau terlalu tinggi, karena dapat memperburuk postur tubuh dan meningkatkan risiko cedera.

3. Gunakan Wrist Rest

Wrist rest adalah bantalan yang ditempatkan di bawah pergelangan tangan saat mengetik. Bantalan ini dapat membantu mengurangi tekanan pada otot dan persendian pergelangan tangan. 

Namun, pastikan wrist rest tidak terlalu tinggi atau rendah, karena dapat mengubah posisi jari dan memperburuk postur tubuh.

4. Gunakan Posisi Jari yang Tepat

Posisi jari yang benar saat mengetik adalah dengan meletakkan jari-jari pada tombol yang sesuai. 

Jari telunjuk harus ditempatkan pada tombol F dan J yang memiliki titik referensi pada keyboard. 

Jari-jari lainnya harus ditempatkan pada tombol yang sesuai dengan posisi jari. Hindari mengetik dengan ujung jari atau menggunakan satu jari untuk mengetik.

5. Jangan Tekan Tombol Terlalu Keras

Tekan tombol keyboard dengan lembut dan jangan terlalu keras. Tekan tombol dengan tekanan yang berlebihan dapat menyebabkan cedera pada persendian dan otot jari. Pastikan juga jari tidak terangkat terlalu tinggi dari keyboard saat menekan tombol.

6. Gunakan Jeda saat Mengetik

Berikan jeda sejenak setiap 10-15 menit saat mengetik. Peregangan dan latihan ringan dapat membantu menjaga kesehatan otot dan persendian jari. 

Lakukan juga gerakan peregangan untuk mengurangi ketegangan pada otot dan persendian.

7. Perhatikan Penggunaan Kapitalisasi

Hindari mengetik dengan huruf kapital yang berlebihan, karena dapat mengganggu keterbacaan dan menghasilkan teks yang sulit dibaca. 

Gunakan kapitalisasi dengan bijak, seperti pada huruf awal kalimat, nama orang atau tempat, dan singkatan.

8. Gunakan Keyboard dengan Nyaman

Pastikan keyboard yang digunakan sesuai dengan ukuran tangan dan nyaman untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama. 

Pilih jenis jenis keyboard yang memiliki jarak antar tombol yang cukup lebar dan tinggi tombol yang tepat agar tidak memicu ketegangan pada jari.

9. Bersihkan Keyboard Secara Berkala

Membersihkan keyboard secara berkala dapat membantu menjaga kesehatan dan kebersihan keyboard. 

Gunakan kain lembut yang telah dibasahi dengan alkohol untuk membersihkan keyboard secara menyeluruh. 

Hindari menggunakan cairan yang terlalu kuat atau menyemprotkan cairan langsung pada keyboard.

10. Gunakan Shortcut Keyboard

Shortcut keyboard adalah kombinasi tombol yang digunakan untuk mengakses fitur dan fungsi tertentu pada komputer dengan cepat. 

Belajarlah menggunakan shortcut keyboard yang tersedia pada program yang sering digunakan, seperti copy dan paste, membuat teks tebal, atau mengaktifkan spell check.

11. Gunakan Keyboard Eksternal untuk Laptop

Jika sering menggunakan laptop untuk mengetik dalam waktu yang lama, gunakan jenis jenis keyboard eksternal yang nyaman dan ergonomis. 

Keyboard eksternal dapat membantu memperbaiki posisi tubuh dan mengurangi resiko cedera akibat mengetik dalam posisi yang salah.

12. Perhatikan Cahaya Lingkungan

Pastikan lingkungan sekitar terang dan tidak terlalu gelap saat mengetik. Lingkungan yang terlalu gelap dapat menyebabkan kelelahan mata dan meningkatkan risiko cedera karena postur tubuh yang buruk.

13. Istirahat Secara Teratur

Selalu ingat untuk istirahat secara teratur dan menghindari mengetik dalam waktu yang lama tanpa jeda. 

Berikan waktu istirahat sejenak setiap jamnya untuk menghindari kelelahan dan ketegangan pada otot dan persendian jari.

14. Belajar Mengetik dengan Baik dan Benar

Belajarlah mengetik dengan baik dan benar agar bisa meningkatkan produktivitas dan kesehatan saat menggunakan keyboard. 

Cari tahu teknik mengetik yang baik dan benar dan latihlah secara teratur untuk meningkatkan kecepatan dan akurasi.

15. Tetap Tenang dan Rileks

Terakhir, tetap tenang dan rileks saat mengetik. Hindari mengetik dengan terburu-buru atau dalam keadaan stres, karena dapat memicu ketegangan pada otot dan persendian jari.

Tenang dan rileks dapat membantu meningkatkan efisiensi kerja dan kesehatan saat menggunakan keyboard.

Kesimpulan

Keyboard merupakan salah satu perangkat input yang sangat penting pada komputer. Dalam memilih keyboard komputer, pengguna perlu mempertimbangkan jenis jenis keyboard dengan kesesuaian kebutuhan serta preferensi pengguna. 

Setiap jenis keyboard memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pengguna perlu mempertimbangkan faktor harga, kualitas, serta kenyamanan saat memilih keyboard komputer. 

Menggunakan keyboard komputer dengan benar juga dapat membantu meningkatkan efisiensi kerja dan kesehatan tubuh. 

Pastikan keyboard ditempatkan pada tempat yang tepat, pilih jenis jenis keyboard yang nyaman serta sesuai ukuran tangan, gunakan teknik mengetik benar, perhatikan postur tubuh, dan beristirahat secara teratur. 

Penting untuk dilakukan adalah membersihkan keyboard secara berkala dan menggunakan shortcut keyboard untuk meningkatkan kinerja.

Dengan memilih keyboard yang tepat, pengguna dapat meningkatkan produktivitas dan kenyamanan saat mengoperasikan komputer.

Cukup sekian Pembahasan mengenai sejarah dan jenis jenis keyboard,semoga setelah membaca artikel ini,pembaca mendapat ilmu yang bermanfaat.

Baca juga : Bagian-bagian motherboard dan fungsinya

Wassalamualaikum.

One Reply to “Sejarah: 10+ Jenis Jenis Keyboard Komputer Beserta Kelebihan Dan…”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *