Cara Mengatasi Laptop Not Responding Windows 10 Dan Penyebab Umumnya

cara mengatasi laptop not responding

Terkadang ketika lagi asik memainkan laptop tiba-tiba laptop not responding, dan ketika kalian diposisi belum mengerti cara mengatasi laptop not responding.

Laptop yang not responding adalah masalah umum yang sudah banyak dialami oleh pengguna laptop dimana saja. 

Hal ini akan menguji kesabaran pengguna dalam menghadapi situasi tersebut karena tidak dapat melanjutkan pekerjaan yang sedang digarapnya. 

Baca juga : Cara Memunculkan Baterai Di Laptop

Namun, jangan risau karena ada beberapa metode yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini. 

Pada pembahasan kali ini akan kami jelaskan beberapa cara mengatasi laptop not responding pada sistem operasi Windows 10.

Cara Mengatasi Laptop Not Responding Windows 10

Setelah memahami penyebab umum laptop not responding, sekarang kita harus tau cara mengatasi laptop not responding.

Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah ini. Berikut adalah beberapa cara mengatasi laptop not responding pada Windows 10.

Memperbaiki masalah sistem

Pertama-tama, untuk cara mengatasi laptop not responding kalian bisa periksa sistem Windows 10, lalu pastikan bahwa tidak ada masalah yang harus diperbaiki. 

Lakukan pemindaian virus untuk memastikan laptop bebas dari infeksi. Selain itu, kalian harus menginstal semua pembaruan terbaru untuk sistem operasi dan driver.

Baca juga : Pengertian Dan Fungsi DPI Pada Mouse

Menonaktifkan program tidak perlu

Jika laptop Anda terasa lambat dan tidak responsif, kemungkinan besar ada program yang tidak perlu berjalan di latar belakang. 

Untuk mengatasinya, buka Task Manager dengan klik Ctrl + Shift + Esc. Lalu, periksa program apa yang sedang berjalan di latar belakang dan hentikan program yang tidak perlu.

Membersihkan file yang tidak perlu

Laptop yang tidak responsif dapat disebabkan oleh penyimpanan yang penuh. Jadi, pastikan untuk membersihkan file sampah yang menumpuk dan kosongkan Recycle Bin secara teratur. 

Bisa  juga memakai alat pembersih disk bawaan Windows 10 atau aplikasi pihak ketiga seperti CCleaner untuk membersihkan file.

Menambahkan RAM

Jika laptop masih terasa lambat dan tidak responsif setelah melakukan tindakan di atas, cara mengatasi laptop not responding selanjutnya adalah dengan menambahkan RAM. 

RAM tambahan akan membantu meningkatkan performa laptop Anda dan membuatnya laptop lebih optimal dalam bekerja.

Melakukan reset

coba cara mengatasi laptop not responding dengan melakukan reset laptop. Namun, sebelum mereset, segera backup semua data penting kalian. 

Cara reset yaitu buka Settings, pilih Update & Security, lalu pilih Recovery. Di bagian Reset this PC, pilih Get started dan ikuti instruksi yang diberikan dengan hati-hati.

Baca juga : Gejala Kerusakan Processor

Menginstal ulang Windows 10

Jika masalah tidak dapat diatasi dengan reset, kalian dapat mencoba cara mengatasi laptop not responding melalui instal ulang Windows 10. 

Hal ini akan melakukan pemulihan sistem operasi ke kondisi awal dan memperbaiki masalah yang terjadi. Dan jangan lupa untuk mem-backup data penting.

Penyebab Laptop Not Responding

Laptop yang tidak merespon atau not responding seringkali menjadi masalah yang menjengkelkan bagi penggunanya. 

Ada banyak faktor yang menjadi pemicu masalah ini bisa terjadi. Oleh karena itu, sebelum membahas cara mengatasi laptop not responding, perlu kalian tahu beberapa penyebab umumnya.

Kelebihan beban pada sistem

Salah satu yang menjadi penyebab paling umum laptop not responding yaitu pada saat sistem kelebihan beban. 

Ini terjadi saat sistem laptop terlalu banyak dipakai menjalankan beberapa aplikasi sekaligus atau saat mengoperasikan laptop dengan sumber daya besar seperti rendering video atau gaming, yang akhirnya membuat sistem lambat dan tidak responsif.

Baca juga : Jenis Jenis Fotografi Untuk Pekerjaan

Program berjalan di latar belakang

Program yang berjalan di latar belakang terlalu banyak juga akan menjadi sebab dari laptop not responding. 

Ini terjadi ketika program yang sudah tidak digunakan tetapi masih berjalan di latar belakang. Hal ini bisa membuat laptop terasa sangat lambat.

Masalah dengan perangkat keras

Masalah dengan perangkat keras, seperti hard disk yang rusak atau memori RAM yang tidak berfungsi dengan baik.

Infeksi virus atau malware

Infeksi virus atau malware menjadi salah satu penyebab laptop not responding. Virus dan malware dapat merusak sistem laptop dan memperlambat kinerja laptop Anda.

Sistem operasi tidak diperbarui

Tidak mengupgrade sistem bisa menyebabkan laptop not responding. Jika sistem operasi sudah ketinggalan zaman, kemungkinan besar akan ada beberapa bug yang terjadi dan membuat sistem tidak bekerja secara optimal.

Baca juga : Cara Login Router Indihome

Masalah driver

Masalah dengan driver juga bisa menjadi penyebabnya. Driver yang rusak atau tidak kompatibel dengan sistem bisa menyebabkan masalah pada sistem operasi

Sangat penting untuk melakukan pemeriksaan beberapa faktor di atas ketika laptop menjadi tidak responsif dan mengambil tindakan yang tepat untuk mengatasinya.

Kesimpulan

Laptop not responding pada Windows 10 bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti program yang tidak responsif, virus atau malware, kelebihan beban pada sistem, dan masalah hardware. 

Untuk mengatasi masalah ini, pastikan untuk memperbaiki masalah sistem, menonaktifkan program tidak perlu, membersihkan file yang tidak perlu, menambahkan RAM, melakukan reset laptop, atau menginstal ulang Windows 10

Dengan mengikuti tips-tips di atas, maka masalah mengenai laptop not responding pada Windows 10 dapat teratasi dengan mudah.

Baca juga : Cara Aktivasi WinRAR

Demikian mengenai penyebab dan cara mengatasi laptop not responding, ikuti petunjuk di atas dengan hati-hati, dan semoga laptop kalian yang bermasalah segera teratasi dan normal kembali.

Terimakasih, Wassalamualaikum.