Cara Memunculkan Baterai Di Laptop Yang Hilang Dan Beberapa Penyebabnya

cara memunculkan baterai di laptop

Bagi pengguna laptop, batre yang hilang pada monitor akan menjadi masalah dengan menurunnya produktivitas. Untuk itu, cara memunculkan baterai di laptop akan menjadi hal yang sangat penting.

Ikon baterai pada taskbar sangat diperlukan guna mengetahui sisa baterai pada perangkat keras kalian, dan tahu kapan waktu untuk mengisi daya.

Meskipun laptop termasuk perangkat yang sudah termasuk canggih. Namun, perangkat keras ini juga masih membutuhkan baterai sebagai daya pendukungnya.

Baca juga : Cara Membuka Word Yang Terkunci Tidak Bisa Mengetik

Lantas bagaimana cara memunculkan baterai di laptop yang hilang ? Tenang saja, akan kita bahas secara detail di bawah ini.

Penyebab Baterai Hilang Di Laptop

Baterai laptop adalah salah satu komponen penting yang membantu pengguna untuk membawa laptop ke tempat lain tanpa harus mencari sumber daya listrik untuk terhubung.

Tetapi, pengguna laptop kadang mengalami masalah saat indikator batre tiba-tiba hilang dan tidak lagi terdeteksi oleh laptop. 

Sebelum mengetahui cara memunculkan baterai di laptop, Berikut adalah beberapa penyebab umum mengapa batre laptop menjadi hilang:

Baterai Rusak atau Kadaluarsa

Baterai laptop yang rusak atau kadaluarsa bisa menjadi sebab batre hilang atau tidak dapat dideteksi oleh laptop. 

Jika masa pemakaian baterai laptop sudah melewati waktu dari yang direkomendasikan, sebaiknya Anda berpikir kembali agar baterai laptop diganti dengan yang baru.

Sistem Operasi Bermasalah

Permasalahan dalam sistem operasi bisa menjadi penyebab masalah muncul pada baterai laptop. 

Sebaiknya periksa apakah ada pembaruan sistem operasi terbaru yang tersedia untuk laptop Anda.

Baca juga : Pengertian Dan Fungsi Aperture

Hardware Laptop Bermasalah

Masalah dengan hardware laptop, seperti permasalah yang dialami motherboard atau charger dari laptop, bisa menyebabkan baterai laptop hilang. 

Pastikan hardware dalam kondisi baik-baik saja dan coba lakukan pemeriksaan koneksi antara batre dengan laptop.

Driver Baterai yang Tidak Terinstal dengan Benar

Driver baterai laptop yang tidak terinstal dengan benar juga bisa menyebabkan batre hilang atau tidak terdeteksi oleh laptop. 

Jika hal itu terjadi maka cobalah untuk mengambil tindakan dengan melakukan pembaruan driver baterai, agar menjadi normal kembali.

Virus atau Malware

Virus atau malware dapat menyebabkan berbagai masalah pada komputer, salah satunya kehinganan baterai laptop. 

Lakukan pemindaian secara berkala untuk mengecek keamanan laptop. Dan pasang antivirus untuk laptop agar terlindungi dari virus.

Baca juga : Pengertian Dan Cara Defrag Hardisk

Masalah pada Pengaturan Laptop

Terkadang tidak jarang ditemukannya masalah batre hilang karena pengaturan di dalam laptop itu sendiri yang salah. 

Periksa pengaturan manajemen daya dan pastikan tidak ada pengaturan yang mengganggu kinerja baterai laptop.

Itulah beberapa penyebab umum mengapa baterai laptop dapat hilang atau tidak terdeteksi oleh laptop. 

Jika Anda mengalami masalah seperti ini, sebaiknya coba lakukan beberapa langkah pemecahan masalah yang disebutkan di atas atau minta bantuan teknisi komputer yang ahli.

Cara Memunculkan Baterai Di Laptop

Ada beberapa penyebab yang bisa membuat batre laptop tidak muncul seperti yang sudah disebutkan yaitu terkait kerusakan hardware, masalah software, atau pengaturan yang tidak benar. 

Untuk mengatasi masalah ini, berikut adalah beberapa cara memunculkan baterai di laptop yang hilang:

1. Periksa Koneksi Baterai

cara memunculkan baterai di laptop yang pertama, Coba lepaskan baterai dari laptop dan pasangkan kembali dengan benar untuk mengecek koneksinya. Kontak batre harus bersih dan tidak berkarat. 

Periksa juga apakah ada kerusakan pada kabel batre atau konektor di dalam laptop jika masih terjadi masalah serupa.

2. Cek Adaptor Daya

Coba pakai adaptor daya yang lain untuk mengecek masalah yang terjadi apakah dari adaptor daya. Jika memang rusak,kemungkinan tidak akan terisi secara benar.

Pastikan adaptor dengan sumber listrik terhubung dengan baik, agar lebih jelas mengenai masalah yang terjadi.

3. Atur Ulang Pengaturan Baterai

Kalian juga bisa mencoba cara memunculkan baterai di laptop dengan mengatur ulang pengaturan batre di dalam laptop untuk memastikan hal tersebut. 

Caranya buka Control Panel -> Hardware and Sound -> Power Options -> Change plan settings -> Change advanced power settings. 

Lalu, periksa pengaturan batre seperti kebijakan daya batre dan waktu pengisian ulang. Atur pengaturan dengan benar sesuai keinginan.

Baca juga : Sejarah Kamera

4. Perbarui Driver Laptop

Instal driver laptop dengan  benar. Jika driver laptop usang atau rusak, ini kemungkinan penyebab baterai tidak terdeteksi. 

Coba cara memunculkan baterai di laptop ini denganmemperbarui driver laptop dan mendownloadnya dari situs web resmi produsen laptop kalian.

5. Uji Baterai

Cara memunculkan baterai di laptop yang terakhir, Dengan melakukan pengujian baterai akan membantu kalian mengetahui apakah baterai masih berfungsi dengan baik atau tidak.

Jika langkah-langkah di atas tidak berhasil mengatasi masalah, maka kemungkinan besar masalahnya terletak pada kerusakan hardware. 

Dalam hal ini, kali sarankan untuk membawa laptop ke tempat service terdekat dan terpercaya agar cepat diatasi.

Cara Uji Baterai Laptop

Uji baterai laptop adalah sebuah proses yang dilakukan untuk menguji dan mengetahui apakah batre masih berfungsi dengan baik atau tidak. 

Berikut adalah cara memunculkan baterai di laptop dengan mengambil langkah uji baterai pada laptop:

Matikan Laptop

Sebelum melakukan pengujian maka laptop harus dalam keadaan mati dan baterai sudah terisi penuh.

Buka BIOS

Tekan tombol yang ditunjukkan pada layar boot untuk membuka BIOS. Tombol ini biasanya berbeda dari laptop satu dengan yang lainnya.

Seringnya, tombol yang paling umum dipakai untuk membuka BIOS adalah “F2”, “F12”, atau “Delete”.

Cari Menu Battery

Di dalam BIOS, cari menu yang berhubungan dengan baterai, seperti “Battery Information” atau “Battery Status”.

Baca juga : Cara Aktivasi Microsoft Office 2019

Lakukan Uji Baterai

Pilih opsi yang mengarah ke uji baterai. Beberapa laptop memiliki opsi uji baterai yang terpisah.

Dan yang lain memerlukan kalian untuk menjalankan uji baterai melalui menu “Battery Information” atau “Battery Status”. Pilih opsi yang sesuai dengan laptop.

Tunggu Proses Selesai

Proses pengujian bisa memakan waktu beberapa menit hingga beberapa jam sesuai merek dan model laptop. Setelah itu laptop akan menunjukkan hasilnya. 

Perhatikan Hasil Uji Baterai

Jika hasilnya menunjukkan bahwa baterai masih dalam kondisi baik, maka kemungkinan besar masalahnya terletak pada pengaturan atau hardware lain di dalam laptop. 

Tapi, jika hasil menunjukkan baterai sudah rusak atau tidak lagi dapat dipakai, sebaiknya kalian pertimbangkan untuk pergantian baterai laptop tersebut.

Itulah beberapa langkah uji baterai pada laptop. Lakukan uji baterai secara teratur untuk memastikan baterai laptop Anda selalu dalam kondisi baik dan dapat digunakan dengan optimal.

Jadi, itulah beberapa langkah atau cara memunculkan baterai di laptop yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah yang sedang terjadi. 

Baca juga : Cara Login Router Indihome

Pastikan Anda melakukan perawatan rutin pada laptop dan selalu perhatikan jika ada tanda-tanda kerusakan pada baterai agar bisa terhindar dari masalah yang lebih besar di kemudian hari.

Cukup sekian cara memunculkan baterai di laptop yang hilang, semoga bisa membantu mengatasi masalah yang sedang kalian hadapi, Wassalamualaikum.

2 Replies to “Cara Memunculkan Baterai Di Laptop Yang Hilang Dan Beberapa…”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *