Apa Pengertian Dan Fungsi DPI Pada Mouse ? Lengkap Dengan Cara Settingnya

Pengertian Dan Fungsi DPI Pada Mouse

Pengertian dan fungsi DPI pada mouse – Untuk kalian yang tahu berbagai macam mouse mungkin kalian sudah tidak asing dengan kata DPI, apalagi yang suka ngegame.

Namun cukup banyak juga orang yang belum tahu apa itu DPI pada mouse. Pembuat mouse sangat paham jika DPI merupakan hal penting, terutama untuk gamers.

Jika kalian perhatikan pada saat membeli perangkat keras ini pasti ada istilah mouse DPI, karena tulisan mouse DPI tertulis secara besar di kotak pembungkusnya, terkhusus mouse gaming.

Mungkin banyak pertanyaan apa sih yang dimaksud DPI pada mouse ? bagaimana sih cara melihat DPI pada mouse ? dan bagaimana sih cara setting DPI ?.

Nah, soal tekno akan bantu mencari jawaban terkait pertanyaan-pertanyaan yang mungkin kalian butuhkan dan yang perlu kalian ketahui.

Baca juga : Cara mengatasi router latency tinggi

Pengertian Dan Fungsi DPI Pada Mouse

DPI kepanjangannya adalah dots per inch. Jika diartikan dalam bahasa indonesia adalah titik per inci, dan ada juga yang bilang pixels per inch.

DPI mouse adalah Pergerakan kursor pada layar monitor yang menunjukkan jarak atau ukuran per 1 inci pergerakan mouse.

DPI itu sendiri merupakan patokan yang dipakai untuk mengetahui berapa tingkat sensitivitas dari sebuah mouse.

Contohnya jika kalian memiliki mouse dengan DPI 1600, maka kursor akan bergerak sebesar 1600 pixel jika mouse digerakkan 1 inci.

DPI pada mouse juga bisa membantu menambah tingkat produktivitas dalam penggunaan mouse, terutama bagi mereka yang menggunakan mouse dalam urusan desain grafis atau tugas-tugas yang membutuhkan presisi yang tinggi.

Jadi tinggi rendah dari DPI pada mouse itu akan berpengaruh pada pergerakan kursor pada layar monitor kalian. Semakin tinggi DPI maka kursor akan semakin sensitif.

Seperti pada pengertian dan fungsi DPI pada mouse adalah alat ukur sensitivitas mouse,jadi dapat disimpulkan bahwa DPI berfungsi sebagai pengatur tingkat kesensitifan pada mouse.

Baca juga : Jenis Jenis Kamera Canon DSLR

Cara Melihat DPI Mouse

Pengertian dan fungsi DPI pada mouse

Setelah kalian mengetahui pengertian dan fungsi DPI pada mouse, sekarang saya akan coba memberitahu kalian bagaimana cara melihat DPI mouse yang kalian punya.

Ada beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk melihat DPI pada komputer kalian, namun menurut saya ada 3 langkah penting untuk melihat DPI mouse adalah sebagai berikut.

Baca juga : Sejarah Kamera

Melihat spesifikasi

Hal yang paling mudah dilakukan untuk melihat DPI mouse adalah dengan melihat bagian bawah mouse yang biasanya terdapat spesifikasi DPI.

Perlu diingat bahwa tidak semua nilai DPI diletakkan dibagian bawah mouse oleh pembuat mouse, namun ini upaya awal untuk mengetahui nilai DPI-nya.

Melihat pada komputer

Jika dibawah mouse tidak tersedia spesifikasinya jangan khawatir, masih ada cara kedua yaitu dengan melihat spesifikasinya pada komputer kalian.

Untuk cara ini kalian bisa menambahkan aplikasi tambahan pada komputer kalian untuk mengeceknya seperti aplikasi paint.

Melihat pada internet

Ada cara lain yang simpel untuk bisa mengetahui berapa DPI yang tersedia pada mouse kalian, cukup cari spesifikasi lengkap dari mouse yang kalian gunakan, yang menyertakan juga nilai DPI-nya.

Baca juga : Pengertian Dari Processor

Cara Setting DPI Mouse

Pengertian dan fungsi DPI pada mouse

Setelah mendalami pengertian dan fungsi DPI pada mouse serta cara memeriksanya, sekarang saatnya kita pelajari tentang cara setting DPI.

Ada dua cara umum untuk setting DPI mouse adalah setting mouse gaming modern dan setting mouse kantoran.

Untuk setting mouse untuk gaming modern itu sangat mudah karena kebanyakan sudah terdapat tombol DPI pada mouse yang dapat secara langsung kalian pakai untuk mengatur.

Biasanya perubahan DPI jika diubah dari tombol pada mouse akan berubah menjadi 400, 800, 1600, sampai 3200 DPI.

Yang kedua setting mouse kantoran, yang biasanya belum memiliki tombol DPI on-the-fly sendiri untuk mengubah sensitivitas kursor.

Untuk windows 10 sudah mempunyai fitur tambahan untuk mengatur tinggi rendahnya DPI mouse sendiri di komputer kalian.

Baca juga : Cara Memperbaiki Kipas VGA Tidak Berputar

Berikut cara mengatur DPI pada windows 10 yaitu :

  1. Hidupkan komputer
  2. Tekan tombol windows pada keyboard lalu pilih menu setting
  3. Lalu pilih menu Devices
  4. Pilih menu mouse yang sudah tersedia sebelah kiri
  5. Lalu akan muncul menu mouse, dan klik tulisan additional mouse options
  6. Pilih tab pointer options
  7. Kemudian atur tingkat sensitivitas kursor pada mouse, jika kanan untuk menaikkan dan ke kiri untuk menurunkan
  8. Lalu klik OK, dan rasakan perbedaannya.

Cara Pakai DPI Mouse

Setelah mengetahui pengertian dan fungsi DPI pada mouse, Untuk bisa menggunakan DPI (dots per inch) mouse, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pastikan mouse terhubung ke komputer atau laptop dengan tepat.
  2. Buka pengaturan mouse di komputer atau laptop. Cara membukanya mungkin sedikit berbeda tergantung pada sistem operasi yang digunakan.
  3. Cari opsi DPI pada pengaturan mouse. Kemungkinan berada di bawah opsi “Pointer Options” atau “Mouse Settings”.
  4. Pilih tingkat DPI yang diinginkan. DPI yang lebih tinggi akan membuat pointer mouse bergerak lebih cepat di layar, sementara DPI yang lebih rendah akan membuatnya bergerak lebih lambat.
  5. Simpan pengaturan dan coba gunakan mouse dengan settingan DPI baru.

Setelah mengubah DPI mouse, pastikan untuk mencoba berbagai level DPI dan menemukan yang nyaman menurut kalian.

Sekian tulisan tentang pengertian dan fungsi DPI pada mouse, semoga apa yang saya sajikan sesuai dengan apa yang kalian cari dan bermanfaat untuk kedepannya.

Selain untuk menambah wawasan juga situs ini juga dapat dijadikan sebagai referensi tentang dunia teknologi.

Sekian dan terimakasih, Wassalamualaikum.