4+ Tingkatan Processor AMD Dari Terendah Hingga Tertinggi

tingkatan processor amd

Apakah Anda sudah mendengar tipe dari prosesor yang merupakan saingan dari intel ini. Rupanya ada juga tingkatan processor AMD, informasi mengenai hal ini memang sangat penting jika Anda lebih suka memakai komputer dengan jenis tersebut.

Baca juga : Jenis Jenis Kamera Canon DSLR

Lalu Apa Sebetulnya Prosesor AMD Ini?

AMD masuk ke dalam salah satu merek cukup terkenal. Dikarenakan mereka membuat sebuah perangkat komputer ataupun laptop, lebih dikhususkan prosesor. Jika Anda merupakan orang yang menekuni bidang IT ataupun teknologi pastinya wajib untuk memahami update.

Yaitu dengan mencari informasi tentang perkembangan dari urutan prosesor AMD. Kenapa demikian? Jadi proses dalam perakitan PC ataupun membeli laptop pun lebih mudah karena telah memahami spesifikasinya.

Baca juga : Pengertian Dari Processor

Daftar Prosesor AMD Paling Rendah Hingga Tinggi

Tingkatan processor AMD

Agar lebih jelas lagi, sepertinya perlu sekali membaca urutan processor AMD dari terendah sampai tertinggi. Ulasan seperti ini tentu saja dapat membantu pemula agar mengetahui penjelasan lengkap mengenai spesifikasi yang sesuai dengan keperluan pekerjaan atau aktivitas sehari-hari.

1. Tipe AMD Athlon

Tingkatan processor AMD pertama merupakan tipe AMD athlon, sebetulnya jadi kunci yang memungkinkan produk ini mampu bersaing dengan Intel di kompetisi global. Awal kemunculannya, secara otomatis bisa merambah ke kancah dunia komputer.

Uniknya lagi adalah masuk ke dalam jajaran AMD terbaik dan bisa digunakan untuk komputer kelas menengah sampai atas. Mungkin itu juga menjadi alasan jika saat ini banyak PC ataupun laptop beralih ke perusahaan tersebut untuk penyesuaian dengan komputasi modern mereka.

Baca juga : Cara Memperbaiki Kipas VGA Tidak Berputar

2. Tipe AMD Athlon 64 X-II

Urutan AMD berikutnya merupakan tipe AMD athlon 64 X-II. Pada seri seperti ini rupanya dapat bekerja dengan baik sebagian besar PC ataupun komputer dengan adanya sistem operasi versi 32 sampai 63 bit. Kelebihan lainnya ketika menggunakan jenis seperti ini adalah terdapat antivirus bawaan.

Cocok juga digunakan untuk para pengguna yang sangat menyukai game ringan ataupun editing grafis. Jadi meskipun hanya digunakan untuk mengerjakan tugas kuliah atau menonton film masih ringan-ringan saja tanpa adanya loading.

Baca juga : Cara Menambah Kecepatan Wifi di Router

3. Jenis AMD Sempron

Urutan AMD jenis sempron merupakan tingkatan processor AMD yang ke tiga, bisa dibilang ini menjadi salah satu pesaing paling kuat untuk tipe Intel Celeron.

Tentu memiliki keunggulan masing-masing, tapi untuk tipe ini sudah punya socket 754 dan sangat mudah ditemukan.

Namun sayang sekali dikarenakan prosesor AMD sempron ini hanya akan bisa digunakan oleh komputer dengan sistem 32 bit. 

Alhasil jika dibandingkan dengan pendahulunya tidak dapat dipungkiri memang tipe ini masih kalah saing.

4. Jenis Prosesor AMD Opteron

tingkatan processor AMD terakhir rupanya AMD telah membuat prosesor agar bisa memenuhi kebutuhan dari server beserta desktop yang cukup menuntut spesifikasi tinggi. 

Alhasil mereka pun memutuskan untuk mengembangkan tipe opteron dengan dua cache yakni level 1 dan juga 2.

Jika melihat dari perbedaan antara setiap versinya sebetulnya ada sangkut pautnya dengan jumlah pemakaian.

Mengenai tipe seperti ini memang khusus dirancang agar bisa mempertimbangkan keperluan. Jadi cocok jika dijalankan oleh sistem operasi 32 sampai 64-bit.

Baca juga : VGA Artefak

Sejarah Prosesor AMD

Setelah pembahasan mengenai tingkatan processor AMD, seberapa penting mengetahui sejarah processor amd?.

Karena memang para pemakai hanya sekedar menggunakan saja tanpa ingin tahu kemunculan awal dari pembuatan komponen komputer ini.

Dalam proses sejarah prosesor AMD, rupanya setelah akhir tahun 1980-an, mereka memutuskan untuk ciptakan chip sendiri.

Prinsip tersebut juga mendukung adanya rangkaian instruksi di dalam prosesor Intel. Kemudian unitnya lagi memiliki harga jauh lebih murah.Tapi terkadang punya kemampuan yang lebih ketika membandingkannya dengan tipe Intel.

Kemudian jenis processor AMD mulai mendongkrak dengan kemunculan processor buatan mereka di tahun 1996.

Dalam urutan generasi AMD pertama disebut sebagai AMD K5 dan telah memperoleh respon baik lalu berkembang menjadi amdk 6 di tahun 1997 dengan kecepatan 166 hingga 200 mhz.

Baca juga : Cara cek motherboard dengan multitester

Inilah Jenis-jenis Dari Prosesor AMD Ryzen

Tingkatan processor AMD

Sebetulnya AMD telah mengeluarkan jenis prosesor AMD Ryzen, yang mana masuk ke dalam jajaran komponen terbaik. Bahkan hingga saat ini saja telah banyak digunakan oleh jenis komputer apapun. Tipenya juga bervariasi dan inilah penjelasannya:

  • Tipe ryzen 3, ini merupakan salah satu tipe yang cukup hemat daya dikarenakan telah punya apu. Apalagi itu merupakan gabungan dari CPU dan juga GPU. Sedangkan generasi keempat telah memakai angka 4 ribuan dengan kecepatan 3,5 hingga 4,0 GHz.
  • Lalu ada tipe ryzen 5 dan masuk ke dalam jajaran processor kelas menengah. Uniknya lagi adalah ternyata sudah mampu menyaingi Intel Core i5. Sudah mendapatkan teknologi simultaneous multithreading dan bisa menjalankan tugas multitasking.

Baca juga : Cara Masuk ke Router ZTE

Demikian sekilas info tentang tingkatan processor AMD, pastikanlah cari komponen terbaik agar sesuai dengan kebutuhan. Dan semoga artikel ini dapat menambah wawasan kalian semua.