Rekomendasi VGA Untuk Desain Grafis dibawah 5 Jutaan – Kualitas Terbaik

VGA Untuk Desain Grafis

Kualitas VGA untuk desain grafis sangatlah penting, karena pekerjaan akan terkendala jika kartu grafis tidak atau kurang bagus.

Kartu grafis yang berkualitas bagus dan harga murah menjadi incaran banyak orang di pasar elektronik khususnya.Terutama orang yang sedang merakit komputer.

VGA card  bawaan mungkin sudah dimiliki oleh semua motherboard, namun kapasitasnya sedikit sehingga perlunya penambahan VGA.

Perbedaan untuk VGA yang masih original dengan yang sudah ditambah sangatlah terlihat terutama pada saat menggunakan software berat seperti illustrator, 3D max, dan ngegame berat.

JIka memakai VGA bawaan maka pada saat rendering sangat lama, dan pada saat bermain game tidak smooth atau terputus-putus.Nah, jika seperti itu maka membutuhkan VGA tambahan.

Setelah memahami info dasar dari VGA , dari sekian banyak VGA saya  coba merekomendasikan beberapa VGA yang mungkin cocok untuk komputer kalian dan sesuai dengan keinginan kalian.

Baca juga : Cara Memperbaiki Kipas VGA Tidak Berputar

VGA Untuk Desain Grafis

Untuk saat ini sudah tersedia VGA di pasar elektronik, dari toko offline sampai toko online pun sudah tersedia.

saya akan mencoba memberikan beberapa contoh VGA yang recomended untuk komputer kalian, namun juga kalian harus menyesuaikan juga dengan tipe komputernya, simak beberapa contoh berikut.

  1. AMD Radeon RX 560

VGA untuk desain grafis yang pertama ini cocok bagi kalian yang komputernya digunakan untuk software yang tidak membutuhkan VGA terlalu tinggi seperti adobe illustrator, photoshop, coreldraw,dan aplikasi semacamnya.

VGA ini memiliki kapasitas RAM 4GB, dan harga yang ditawarkan di pasaran kisaran 1,5 jutaan saja. Untuk kalian yang memiliki budget yang minim VGA ini cocok untuk rekomendasi VGA tambahan komputer kalian.

  1. iGame GTX 1050 Ti Vulcan U 4G

VGA untuk desain grafis ini selain harga yang ditawarkan masih relatif murah juga kualitasnya pun cukup baik, terbukti dengan bisanya menjalankan game-game berat, seperti DOTA 2 dan CALL OF DUTY BLACK OPS 3.

Untuk ukuran memori dari iGame GTX 1050 Ti Vulcan U 4G adalah 4GB dan resolusi maksimalnya 7680×4320.

Kartu grafis ini sudah terdapat port HDMI dan DVI dan harga yang tertera di pasaran sekitar 2,5 jutaan saja.

  1. Nvidia Geforce GTX 1650

Dengan uang kurang dari 3 jutaan kalian sudah dapat membeli VGA ini dengan kualitas yang bagus.

Memory speed pada VGA Nvidia ini mencapai 8 Gbps dan ini membuat kecepatan rendering menjadi semakin lancar. Maksimal resolusinya yaitu 7680×4320 px.

VGA untuk desain grafis ini memiliki kapasitas memori 4GB dan Chip GPU yang digunakan pada kartu grafis ini adalah chip TU 117.

Untuk menambahkan VGA ini ke komputer kalian, kalian dapat membelinya dengan harga kisaran 2,7 jutaan.

  1. ZOTAC GeForce GTX 1660 AMP

VGA untuk desain grafis ini sudah support 4K dan VR, serta kecepatan dari ZOTAC GeForce GTX 1660 AMP kapasitas memorinya mencapai 6GB GDDR5.

Untuk para gamers VGA ini sangat direkomendasikan, jika kalian ingin bermain game dengan PC yang berkualitas jernih.

Untuk zotac versi biasa boost clock nya 1770, sedangkan untuk versi AMP ini boost clock yang diberikan mencapai 1860 mhz.

Harga yang ditawarkan di pasaran sekitar 3,7 jutaan dengan spek yang sudah sangat baik dikelasnya.

  1. AMD Radeon RX 590

Radeon RX 590 dirilis pada bulan November 2018, dengan harga sekitar 4 jutaan dan sudah support 4K.

Pada awal rilis sangat populer untuk spek yang ditawarkan sangat bagus, dan kecepatan memorinya lebih dari 8 Gbps yang memastikan layar monitor sangat lancar.

Untuk jaman sekarang nilai popularitasnya mulai menurun karena semakin banyaknya pilihan VGA terbaru yang lebih bagus dalam segi harga.

Dan mungkin beberapa minus yang ada di VGA ini membuat kurangnya peminat, khususnya dari nilai konsumsi daya.

Namun VGA untuk desain grafis versi Radeon RX 590 mempunyai powercolor red devil yang cukup memuaskan, apalagi digunakan untuk game berat beresolusi 1080p, dan bahkan ada beberapa game yang masih bisa diatasi dengan resolusi 1440p.

  1. Nvidia Geforce GTX 1660 Ti

Rekomendasi VGA untuk desain grafis yang terakhir yaitu Nvidia Geforce GTX 1660 Ti dengan menyajikan performa tinggi.

Jika kalian memiliki budget lebih kami sarankan untuk menambahkan VGA yang ini karena performanya cukup baik dan VGA ini cocok untuk bermain game dan desain grafis.

VGA ini dijual dipasar elektronik dengan harga sekitar 5 jutaan, jangan khawatir harga memang sebanding dengan kualitas yang diberikan.

Baca juga : Pengertian Mouse Dan Fungsinya

Tips memilih VGA Desain Grafis Berkualitas

Dalam pemilihan kartu grafis itu terbilang gampang tapi susah, dibutuhkan pengetahuan yang lebih luas agar tidak menyesal dikemudian hari.

Bukan hanya untuk gaming, untuk desain grafis dan editing video juga sangat dibutuhkan dalam pemilihan VGA.

Bagi yang sudah memahaminya mungkin akan sangat mudah dalam memilihnya, namun bagi orang yang baru mengenal dunia komputer atau orang awam akan kesulitan dalam hal ini.

Berikut ini poin-poin yang harus diperhatikan saat memilih VGA untuk komputer atau laptop kalian, antara lain.

  • Pilih memori yang tipe terbaru
  • GPU dipastikan memadai
  • Core Speed
  • Memory clock speed
  • Jangan terlalu memikirkan bit yang besar
  • Jangan memikirkan besarnya memori
  • Jangan terlalu fokus kepada salah satu brand
  • Pikirkan biaya dan kebutuhan

Baca juga : Cara Mengatasi Laptop Not Responding

Diatas merupakan beberapa rekomendasi VGA untuk desain grafis, dan juga beberapa VGA diatas juga cocok untuk gamer karena performa yang disajikan tergolong baik.

Semoga dapat membantu kalian untuk menemukan VGA yang cocok maupun sesuai dengan yang kalian inginkan.

Wassalamualaikum