3+ Cara Mematikan Antivirus Windows 8 Dengan Sangat Mudah

cara mematikan antivirus windows 8

Ada beberapa cara mematikan antivirus windows 8 yang bisa kalian lakukan, namun  tidak sembarangan melakukannya.

Perlu diingat, mematikan antivirus pada Windows 8 dapat meningkatkan risiko terkena serangan virus dan mengancam keamanan komputer kalian.

Tetapi jika untuk beberapa alasan tertentu bisa kalian lakukan, asalkan dilakukan dengan hati-hati.

Untuk itu simak penjelasan berikut terkait cara mematikan antivirus windows 8 dibawah ini dengan baik.

Selalu perbarui definisi virus untuk memastikan bahwa antivirus kalian selalu mendeteksi ancaman virus atau malware terbaru.

Baca juga : Cara Kompress Foto Di HP

Baca juga : Cara Instal SPSS

Cara Mematikan Antivirus Windows 8

Kadang terdapat alasan tertentu untuk mematikan antivirus sementara waktu, misal hendak menginstal program atau melakukan tugas tertentu yang mungkin perlunya sumber daya komputer yang lebih besar. 

Berikut adalah beberapa metode atau cara mematikan antivirus windows 8 yang bisa kalian coba.

Manual

Langkah pertama cara mematikan antivirus windows 8 adalah dengan cara melihat antivirus yang dijalankan pada komputer tersebut. 

Biasanya terletak pada bilah sistem pojok kanan bawah layar komputer. kalian bisa arahkan kursor ke ikon antivirus tersebut lalu klik kanan dan pilih opsi nonaktifkan.

Jika antivirus tidak ada pada bilah sistem, maka bisa kalian cari di daftar program komputer. Cari program antivirus yang diinstal dan masuk ke aplikasi tersebut. 

Lalu,  pergi ke pengaturan dan pilih opsi untuk menonaktifkan atau keluar dari program antivirus.

Baca juga : Cara Masuk ke Router ZTE

Task Manager

Jika antivirus tidak dapat dimatikan dengan cara manual, kalian bisa mencoba cara mematikan antivirus windows 8 dengan Task Manager. 

Caranya adalah dengan menekan tombol Ctrl + Shift + Esc pada keyboard, atau tekan tombol Ctrl + Alt + Delete dan pilih opsi Task Manager.

Lalu, cari proses antivirus yang sedang berjalan. Klik kanan mouse pada proses tersebut dan pilih opsi untuk menghentikan proses.

Baca juga : Memperbaiki motherboard PC mati total

Mode Aman

kalian juga bisa mencoba cara mematikan antivirus windows 8 dengan masuk ke mode aman pada Windows. 

Caranya dengan menekan tombol F8 pada keyboard saat Windows sedang dimulai. Setelah itu, pilih opsi untuk memulai Windows dalam mode aman.

Cari program antivirus dan buka aplikasi tersebut. Cari menu pengaturan, Lalu pilih untuk mematikan antivirus.

Perlu diperhatikan bahwa mematikan antivirus pada Windows 8 bisa menambah resiko terkena serangan virus dan mengancam keamanan komputer kalian. 

Pastikan untuk menghidupkan kembali antivirus sesudah menyelesaikan tugas tertentu yang harus mematikan antivirus. 

Baca juga : Cara Atasi Corel Tidak Bisa Save

Antivirus Terbaik Windows 8

Setelah kita mengetahui cara mematikan antivirus windows 8, berikut kita bahas antivirus terbaik windows 8 untuk kalian yang sedang mencari antivirus komputer.

Antivirus merupakan program yang sangat penting untuk melindungi komputer dari ancaman virus dan malware. 

Sistem operasi Windows 8 masih banyak dipakai sampai saat ini juga membutuhkan antivirus yang sesuai agar keamanan komputer dan data pengguna terjaga. 

Berikut ini adalah beberapa antivirus terbaik Windows 8 yang umum dipasaran:

Avast Antivirus 

Avast merupakan salah satu antivirus terbaik untuk sistem operasi Windows 8. Program ini dilengkapi dengan fitur real-time protection dan anti-phishing yang bisa mencegah akses ke situs web yang berbahaya. 

Didalamnya juga terdapat sebuah fitur pemindaian yang cepat dan ringan, serta bisa memindai email dan jaringan.

AVG Antivirus

AVG Antivirus juga merupakan antivirus yang sangat baik untuk Windows 8. Fitur real-time protection, fitur pemindaian yang cepat, dan juga perlindungan terhadap phishing melengkapi program ini.

Dan juga dilengkapi dengan fitur pelaporan dan monitoring yang berguna untuk melacak ancaman virus atau malware yang telah terdeteksi.

Baca juga : Cara Cloning HDD ke SSD

Bitdefender Antivirus

Program ini memiliki fitur real-time protection yang sangat baik, serta perlindungan terhadap malware dan virus yang baru muncul. 

Bitdefender dilengkapi dengan fitur pemindaian yang sangat cepat dan akurat, serta fitur pelaporan dan monitoringnya bisa membantu melindungi komputer dari ancaman virus atau malware.

Norton Antivirus

Norton adalah antivirus yang telah terkenal dan diakui oleh banyak pengguna Windows 8. Di Dalam program ini terdapat fitur real-time protection, pemindaian terhadap file yang diunduh dari internet, dan perlindungan terhadap phishing. 

Norton Antivirus juga dilengkapi dengan fitur monitoring dan pelaporan yang berguna untuk melacak ancaman virus atau malware.

Kaspersky Antivirus

Program Kaspersky Antivirus ini dilengkapi dengan fitur real-time protection, pemindaian terhadap email, dan perlindungan terhadap ancaman dari internet. 

Dan juga dilengkapi dengan fitur pemindaian yang cepat dan akurat serta fitur pelaporan dan monitoring yang bisa membantu mengidentifikasi ancaman virus atau malware.

Dalam memilih antivirus terbaik untuk Windows 8, pastikan untuk memilih program yang sesuai dengan kebutuhan kalian. 

Baca juga : Cara Agar Notif WA Tidak Muncul Di Layar

Dengan memakai antivirus yang tepat, maka keamanan komputer kalian terjaga dan data pribadi kalian terhindar dari ancaman virus atau malware yang berbahaya.

Mungkin cukup sekian terkait cara mematikan antivirus windows 8, semoga bermanfaat bagi kalian khususnya pengguna windows 8.

Terimakasih, Wassalamualaikum.