Lengkap!! Pengertian, Fungsi, Cara Instal SPSS, & Cara Penggunaannya

cara instal spss

Untuk bisa mengoperasikan SPSS dengan sempurna, pengguna perlu mengetahui cara instal SPSS terlebih dahulu agar bisa menginstalnya. 

Proses instalasi SPSS bisa dibilang agak rumit untuk beberapa pengguna, terutama yang baru kali pertamanya menggunakan program ini. 

SPSS biasanya dipakai untuk melakukan berbagai jenis analisis data, misal analisis deskriptif, analisis inferensial, analisis multivariat, dan analisis survival.

Untuk bisa menggunakan program ini soal tekno akan memberi panduan langkah demi langkah tentang cara instal SPSS pada komputer. 

Baca juga : Cara Fullscreen Chrome

Baca juga : Cara Mengambil Angle Foto Yang Bagus

Sebelum itu kalian harus tahu dulu pengertian SPSS, fungsinya, serta cara penggunaannya, Simak penjelasan dibawah.

Pengertian SPSS

Sebelum masuk ke cara instal SPSS, kita bahas dulu apa itu SPSS ? nah belum tahu kan, SPSS  memiliki kepanjangan yaitu Statistical Package for the Social Sciences 

Pengertian SPSS adalah sebuah program komputer yang dimanfaatkan untuk kegiatan analisis statistik pada data. 

Program ini cukup populer di golongan ilmu sosial dan bisnis, sebab bakatnya dalam melakukan analisis data dengan mudah dan cepat.

Baca juga : Cara Akses SSH Di Windows

SPSS awal dikembangkan pada tahun 1968 oleh Norman H. Nie, C. Hadlai “Tex” Hull, dan Dale H. Bent, ketiganya menjadi seorang profesor di University of Chicago. 

Saat itu, SPSS masih menjadi program yang dipakai secara terbatas oleh para peneliti sosial di AS.

Pada awalnya, SPSS hanya tersedia untuk pengguna komputer mainframe. Tetapi untuk saat ini, SPSS sudah menyediakan dalam berbagai versi, termasuk versi desktop, server, dan online. 

SPSS desktop bisa di download pada komputer pribadi kalian, sedangkan SPSS server bisa dipakai organisasi penganalisis data secara terpusat. SPSS online, bisa dipakai dari manapun asalkan tersambung koneksi internet.

SPSS mempunyai bakat untuk mengimpor dan mengekspor data dari berbagai sumber, termasuk file Excel, file teks, dan basis data.

Meskipun SPSS sudah sangat populer, program ini masih mempunyai beberapa kelemahan. Dengan harga program yang cukup mahal menjadi kelemahan utama pada SPSS. 

Baca juga : Cara Memotret Pemandangan Dengan Kamera HP

Selain itu, Data yang bisa dikelolah terbatas, dan tidak selalu sesuai untuk analisis data yang sangat detail.

Seperti pada program lainnya, pada SPSS terdapat kelebihan dan kelemahan yang harus dipertimbangkan sebelum dipakai.

Fungsi SPSS

cara instal spss

Program ini tak jarang dipakai dalam berbagai disiplin ilmu, seperti psikologi, sosiologi, ekonomi, dan ilmu politik.

Dengan adanya SPSS, pengguna bisa menghasilkan grafik, tabel, dan laporan yang menjadikan presentasi hasil analisis data lebih mudah.

Sebelum membaca cara instal SPSS. Berikut ini beberapa fungsi SPSS yang utama dan perlu kalian ketahui:

Pengolahan Data

SPSS bisa dipakai untuk mengirim, mengatur, dan membersihkan data. Data yang berantakan atau tidak lengkap bisa diperbaiki dengan pemakaian fitur seperti filter, transformasi, dan manipulasi data.

Baca juga : Cara Agar Laptop Ditutup Tidak Mati

Analisis Statistik

Di dalam SPSS terdapat banyak metode statistik yang bisa dimanfaatkan sebagai penganalisis data, seperti uji-t, ANOVA, regresi, analisis faktor, dan analisis cluster. Kalian bisa pilih metode sesuai jenis data dan tujuan analisisnya.

Visualisasi Data

SPSS membantu pengguna dalam pembuatan grafik dan tabel yang mudah dipahami dan menarik. Fitur ini berguna untuk mempresentasikan hasil analisis data secara visual.

Pelaporan Hasil

SPSS bisa menghasilkan laporan yang lengkap. Laporan tersebut bisa mengambil hasil analisis data, tabel, dan grafik yang dibuat.

Baca juga : Bagian-bagian motherboard dan fungsinya

Data Mining

SPSS dipakai untuk melakukan data mining dan analisis prediktif. Fitur ini menolong pengguna dalam menemukan pola dan trend ata yang tidak terlihat dengan gampang.

Manajemen Proyek

Fitur ini membuat pengguna bisa mengorganisasi dan mengelola proyek penelitian mereka. Dengan itu mereka bisa mempercepat proses analisis data serta mempermudah kolaborasi dalam tim.

Pemrosesan Survey

SPSS bisa dimanfaatkan untuk memproses data survey, termasuk pengaturan kuesioner, koding data, dan penghitungan skor.

Pengolahan Data Geospasial

Program ini bisa juga digunakan untuk menganalisis data geospasial, termasuk visualisasi data pada peta dan analisis spasial.

SPSS juga membantu peneliti untuk memahami hubungan antara variabel dan menjawab pertanyaan penelitian.

Baca juga : Cara Memperbaiki Kipas VGA Tidak Berputar

Cara Menggunakan SPSS

Sebelum mengetahui cara instal SPSS, kalian harus tahu cara menggunakan SPSS dengan benar, lucu rasanya sudah instal tapi ga bisa cara gunainnya, hehe.

Berikut adalah langkah-langkah dasar untuk menggunakan SPSS:

  1. Buka program SPSS, dan kalian akan melihat beberapa opsi. Untuk memulai analisis, pilih opsi New Syntax atau New Data.
  1. Langkah selanjutnya yaitu Input data. SPSS bisa melakukan pembuatan berbagai jenis file, seperti file Excel atau CSV. kalian juga bisa memasukkan data langsung ke dalam program dengan mengklik opsi Variable View dan tambahkan kolom untuk setiap variabel.
  1. Setelah memasukkan data, kalian bisa melakukan analisis statistik. Ada berbagai macam analisis yang bisa dilakukan, seperti regresi, ANOVA, dan uji-t. Untuk pemilihan jenis analisis yang ingin dilakukan, pilih opsi “Analyse” dan pilih analisis yang sesuai data kalian.
  1. Lihat hasil analisis, setelah melakukan analisis,caranya tekan opsi “Output”. Hasil analisis akan muncul dalam format tabel atau grafik, dan kalian bisa menyimpan hasil analisis ke dalam file sebagai arsip.
  1. Setelah melihat hasil analisis, kalian perlu menginterpretasikan hasil tersebut untuk pembuatan kesimpulan data. 

Baca juga : Tips Memotret Orang

Hasil analisis memberikan nilai statistik yang bisa  dipakai menguji hipotesis dan membuat kesimpulan data.

Itulah beberapa langkah dasar untuk menggunakan SPSS. Tetapi, Pada SPSS terdapat banyak fitur lengkap dan bisa dipakai melakukan analisis lebih lanjut.

Cara Instal SPSS

Sebelum proses instalasi dimulai, periksa kembali sistem operasi sesuai persyaratan yang dibutuhkan oleh SPSS. 

SPSS hanya bisa diinstal pada sistem operasi Windows atau Mac OS. Berikut adalah cara instal SPSS :

Unduh file instalasi SPSS

Langkah pertama dengan mengunduh file instalasi SPSS dari situs resmi IBM SPSS. Unduh versi yang cocok dengan sistem operasinya.

Baca juga : Cara Login Router Indihome

Ekstrak file instalasi SPSS

Langkah atau Cara instal SPSS yang kedua, kalian ekstrak file instalasi ke dalam folder yang diinginkan.

Jalankan program instalasi

Lalu buka folder instalasi dan cari file dengan nama setup.exe atau setup.app untuk pengguna Mac OS. Klik dua kali file tersebut untuk memulai proses instalasi.

Pilih jenis instalasi

Ketika program instalasi hendak dijalankan, kalian akan mendapat pilihan jenis instalasi.  Untuk penginstalan standar pilih Typical Installation dan Custom Installation untuk penginstalan konfigurasi khusus.

Baca juga : Cara Masuk ke Router ZTE

Setujui Lisensi

Baca perjanjian lisensi dengan baik dan jika setuju, centang kotak I accept the terms in the license agreement dan pilih Next.

Pilih folder instalasi

Urutan cara instal SPSS berikutnya, pilih folder tempat SPSS untuk penginstalan. klik Browse untuk memilih folder instalasi yang diinginkan, lalu next.

Pilih komponen yang ingin diinstal

Jika memilih instalasi khusus, kalian bisa memilih komponen apapun untuk digital. Setelah memilih komponen, klik Next untuk pergi ke proses selanjutnya.

Tentukan lokasi server license

Cara  ini opsional dan hanya dibutuhkan kalau kalian menginstal SPSS pada komputer yang terhubung ke jaringan. Jika tidak, cukup klik Next untuk melanjutkan.

Baca juga : Kelebihan Dan Kekurangan Canon 1200D

Tentukan jenis lisensi

Untuk cara instal SPSS berikutnya, kalian harus memilih jenis lisensi. Jika kalian adalah pengguna individu pilih saja Authorized user license atau Concurrent license jika kalian pengguna SPSS di lingkungan jaringan.

Tentukan informasi pengguna

Lalu kalian akan diminta untuk mengisi informasi pengguna seperti nama dan organisasi. Isilah informasi dengan benar.

Mulai proses instalasi

Setelah  cara instal SPSS di atas selesai, klik Install untuk proses instalasi dimulai, dan tunggu beberapa saat hingga proses selesai.

Selesaikan proses instalasi

Setelah proses penginstalan selesai, klik finish dan sekarang kalian bisa mulai menggunakan fitur-fitur analisis data yang disediakan.

Demikianlah cara instal SPSS sesuai urutan. Untuk proses instalasi bisa berbeda-beda disesuaikan pada versi SPSS yang diinstal dan sistem operasi yang dipakai.

Baca juga : Pengertian Dan Fungsi DPI Pada Mouse

Sekarang, kalian siap untuk menggunakan SPSS untuk menganalisis data. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu dalam proses instalasi SPSS.

Akhir kata, Wassalamualaikum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *