Pengertian TDP Processor Serta Cara Mengecek Dan Pemilihan TDP Yang Bagus

tdp processor

Beberapa orang masih belum memahami apa itu TDP processor. Dikarenakan mereka saat menggunakan laptop ataupun komputer tidak memikirkan hal seperti ini. Sebab yang penting bisa digunakan tanpa kendala.

Mungkin sebagian orang berfikir bahwa hal ini tidak penting bagi mereka, namun bagi kalian yang ingin memahami bagian – bagian laptop terkhususnya bagian dalamnya ini salah satunya.

Baca juga : Cara Memperbaiki Kipas VGA Tidak Berputar

Apa itu TDP Pada Processor

Arti TDP processor, sebetulnya adalah mengacu pada konsumsi daya berada di bawah beban teoritis maksimum. Kepanjangannya merupakan thermal design power. Dikarenakan harus konsumsi daya kurang dari ketentuan di bawah beban. 

Baca juga : Bagian-bagian motherboard dan fungsinya

Kemudian perlu dipahami pula jika TDP ini merupakan daya maksimum yang perlu dirancang oleh sistem. Jadi ketika Anda membeli sebuah komponen cpu ataupun GPU dan lain sebagainya maka tentu berkaitan dengan thermal design power. 

Kemudian karena TDP ini punya makna utama menjadi titik dari desain termal. Maka artinya adalah menjadi jumlah panas yang akan dihasilkan oleh chip komputer. Dengan menggunakan hitungan dasar Watt.

Baca juga : Cara Memasang Processor Laptop

Beberapa Cara Agar Bisa Mengecek TDP processor di Laptop

Sebetulnya cara cek TDP processor laptop itu cukup banyak, hanya saja tergantung dari masing-masing orang mau menggunakan yang mana. Namun di bawah ini adalah penjelasan untuk kedua metode dalam pengecekannya agar lebih simpel.

  1. Menggunakan Layanan Wattmeter

Pertama-tama, Anda bisa menggunakan wattmeter untuk bisa cek TDP Processor agar dapat mengetahui pemakaian daya dari power supply.

Biasanya info yang ditampilkan itu sangat akurat, bahkan angkanya hampir menuju real. Lalu bagaimana cara untuk memakai layanan seperti ini?.

Baca juga : Cara mengatasi router latency tinggi

Cukup gampang karena hanya perlu menyambungkan uap meter menuju stop kontak. Baru setelah itu bisa disambungkan ke PC.

Nanti secara otomatis bisa langsung menampilkan jumlah dari daya listrik secara langsung saat komputer ataupun laptop itu aktif. Harganya antara 125 sampai 250 ribu.

  1. Bisa Melalui Situs PSU Calculator

Jika saja posisi Anda masih belum memiliki PC ataupun masih punya rencana untuk merakitnya. Maka alangkah baiknya bisa menggunakan situs PSU kalkulator.

Web seperti ini punya fungsi agar dapat mengetahui pemakaian daya dengan spesifikasi komputer. Caranya ialah:

  • Bukalah browser dulu.
  • Kunjungi situs power supply calculator.
  • Jika halaman web terbuka.
  • Klik tab basic.
  • Isi seluruh komponen di setiap kolom.
  • Klik tombol Calculate.
  • Jumlah daya pun bisa terlihat di kolom lewat load wattage.

Baca juga : Urutan Processor Laptop Terbaik

Penjelasan Pemakaian TPD di Laptop 

Perlu dipahami jika TDP processor itu juga menjadi gambaran seberapa banyak daya listrik yang telah dikonsumsi. Kemudian pemakai dapat tahu pula mengacu pada panas.

Dikarenakan ketika sebuah chip seperti CPU kemudian bagian TDP nya terlalu tinggi maka hasilkan heat cukup banyak.

Overhead merupakan sebuah produk sampingan dari listrik yang alhasil jika bisa jadi biarkan begitu saja malah akan merusak kondisi performa dari komputer atau.

Itulah kenapa, saat semakin tinggi kemungkinan besar juga memakan banyak daya.

Jadi secara umum pastikanlah untuk mewaspadai agar bisa selalu menggunakan prosesor TDP rendah. Dengan demikian mampu menghemat daya lalu bisa lebih gampang menjaga kesehatan atau perawatan laptop dan komputer.

Baca juga : Cara memperbaiki scroll mouse

Cara Dapatkan TDP Processor Bagus

Apabila Anda memang memutuskan untuk mencari sebuah prosesor dengan TDP yang cukup bagus. Perlu sekali memperhatikan hal-hal berikut ini.

Dikarenakan mampu menjamin dayanya sangat oke dan kemudian bisa dipakai dalam kurun waktu lama.

  1. Punya Sebuah Fitur-fitur Mumpuni

Contoh mudahnya ketika Anda memutuskan untuk mencari prosesor. Yakni sudah mendukung overclock, sebetulnya memang ada komponen yang tak akan memberikan layanan seperti itu. Kemudian apalagi?.

Alangkah baiknya juga sudah memiliki fitur VT. Hal-hal seperti ini perlu dipertimbangkan, jika saja memang sesuai dengan kebutuhan sehari-hari. Karena pekerjaan ataupun pemakaian dari komputer setiap orang beda-beda.

Baca juga : Pengertian Mouse Dan Fungsinya

  1. Selalu Perhatikan Daya Processor

Prosesor untuk seri yang cukup lama biasanya memang memakan daya listrik cukup besar. Bahkan umumnya juga mampu sampai 110 watt. Umumnya hal seperti ini akan disatukan apabila menggunakan VGA diskrit.

Biasanya akan menggunakan daya hingga 70 sampai 80 watt saja. Agar bisa memperhatikan dayanya, jika ingin menggunakan PC harus menyesuaikan dengan PSU. Begitu juga penyesuaian pada listrik di dalam rumah.

Demikian sekilas informasi Apa itu TDPpada processor. Pastikanlah untuk memahami hal-hal di atas, agar bisa menjamin memperoleh prosesor terbaik sesuai dengan laptop.

One Reply to “Pengertian TDP Processor Serta Cara Mengecek Dan Pemilihan TDP…”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *