Pengertian Street Fotografi

street fotografi

Seseorang yang melakukan street fotografi memiliki sensasi tersendiri saat melakukan pengambilan gambar.

Tak banyak fotografer mau mendalami genre ini, alasan utamanya karena harus mudah bergaul kepada banyak orang yang baru ditemui.

Dengan kita mendekat kepada objek yang akan difoto, maka hasil foto akan lebih optimal, misal meminta izin sebelum atau setelah memotret.

Fotografi jalanan ini biasanya mengambil objek yang terlihat menarik di mata sang fotografer dalam kondisi candid atau tanpa disetting sehingga menghasilkan foto yang natural.

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai street fotografi atau fotografi jalanan, kalian bisa  simak tulisan singkat di bawah ini.

Baca juga : Jenis Jenis Fotografi

Apa itu Street Photography ?

Street fotografi adalah sebuah gaya dalam fotografi untuk mengabadikan momen-momen di jalanan maupun di tempat umum lainnya.

Fotografi jalanan bertujuan untuk mengambil gambar yang mencerminkan kehidupan sehari-hari orang-orang beraktifitas..

Konsep ini berbeda dengan fotografi studio, dimana lebih berfokus pada mengatur dan memanipulasi pencahayaan dan latar belakang. 

Street fotografi merupakan sebuah seni dalam mengabadikan momen-momen unik dan tidak terduga di sekitar kita.

Street photography itu cukup menyenangkan selayaknya kita sedang travelling, namun juga membutuhkan mental dan fisik yang kuat.

Kenapa demikian ? karena mental dibutuhkan untuk keberanian kita memotret kegiatan orang yang tidak dikenal dan membutuhkan fisik untuk berjalan panjang ditempat umum.

Baca juga : Cara Fotografi Makanan Dengan HP

Lensa untuk Street Fotografi

Dalam street Photography, lensa yang dipakai memegang peranan penting untuk menghasilkan hasil memukau.

Lensa wide-angle sangat cocok untuk street fotografi, karena memungkinkan fotografer untuk menangkap adegan lebih luas dan memperlihatkan detail lebih jelas. 

Lensa prime juga sering digunakan, terutama lensa 35mm dan 50mm, karena kualitas dan kecepatan autofocus-nya. 

Selain itu, lensa dengan aperture besar seperti f/1.8 dan f/2.0 dapat membantu menghasilkan foto dengan bokeh menarik.

Baca juga : Tema Fotografi Unik

Unsur Street Photography

Beberapa unsur penting yang terkandung dalam street fotografi antara lain :

  • Kreativitas: Fotografer harus berpikir kreatif dalam mengambil foto di jalanan. Mereka harus melihat momen unik dan menarik untuk diabadikan.
  • Kecakapan teknis: Fotografer jalanan harus memiliki kemampuan teknis cukup untuk menghasilkan foto terbaik. Mereka harus menguasai pencahayaan, fokus, dan pengaturan kamera.
  • Kecepatan: Di jalanan, momen yang akan diambil bisa saja berlalu dengan cepat. Seorang fotografi jalanan harus dapat dengan cepat mengambil gambar sesuai keinginan.
  • Spontanitas: Fotografer jalanan harus mampu menangkap situasi spontan di jalanan. Mereka harus selalu siap untuk mengambil gambar di setiap saat.

Baca juga : Cara Menggunakan Multimeter Analog

Tips Foto Street Photography

Untuk menguasai genre ini kalian perlu memperhatikan dan memahami Beberapa tips agar hasil foto street kalian terlihat bagus, antara lain:

Perhatikan pencahayaan

Pencahayaan sangat penting dalam fotografi, termasuk street fotografi. Mencoba menangkap gambar di waktu golden hour atau di waktu pencahayaannya lebih baik bisa membantu menghasilkan foto lebih indah.

Jangan takut mendekati subjek

Kadang-kadang, mendekati subjek bisa membantu menghasilkan gambar lebih menarik. Namun, pastikan untuk tetap menghargai privasi dan batasan pribadi subjek.

Keuntungan menggunakan lensa wide ini kalian akan lebih mudah untuk memperoleh pemandangan yang bagus serta dekat dengan subjek.

Ambil gambar spontan

Salah satu hal terbaik dari street fotografi adalah situasi yang tidak terduga. Jangan takut untuk mengambil gambar spontan dan tidak direncanakan.

Biasanya jika ingin mendapatkan gambar yang terasa naturalnya adalah dengan memotret tidak terlihat oleh objek.

Bahkan ada yang melakukan pengambilan gambar tanpa melihat, agar mendapat foto candid tanpa rekayasa.

Namun harus sangat paham dengan kamera dan lensa yang dipakai, agar semakin mudah untuk mengimajinasikan hasil yang didapat.

Gunakan Lensa Terbaik

Lensa andalan biasa nya dipakai oleh street photographer, karena terasa lebih nyaman dan pas saat dipakai memotret.

Pada umumnya fotografer jalanan menggunakan lensa wide untuk misi memotretnya, karena lebih gampang untuk menangkap momen sekitar dari  jarak  jauh maupun dekat.

Bahkan tak jarang juga fotografer jalanan memakai lensa fix 50mm untuk mendapat efek bokeh dan hasil yang baik.

Poin yang perlu diperhatikan yaitu pemakaian alat yang tidak terlalu terlihat agar lebih mudah berbaur di khalayak ramai. 

Selalu Bawa Kamera

Untuk genre ini dalam pengambilan gambar bersifat spontan, alasan untuk selalu membawa kamera agar kalian terbiasanya dan tidak ketinggalan untuk mengambil momen yang menarik di sekitar.

Kuatin Mental

Biasanya di awal kita terjun di genre street fotografi ini kalian akan mengalami situasi dimana mental sangat diuji.

Ditengah keramaian tempat umum seperti jalanan, alun-alun kota, atau lainnya, kita harus mengeluarkan kamera dan memulai memotret.

Baca juga : Cara Melepas Processor dari Motherboard

Sedikit cerita dalam pengalaman mimin, awal memulai street photography mimin memakai sepeda karena masih malu-malu.

Bahkan waktu itu orang sempat hampir marah dan menunjuk-nunjuk  karena mimin langsung memotret di depannya, dan parahnya mimin langsung kabur…wkwkwk.

Demikian sedikit cerita mengenai pengalaman saya….hehe. Dan semoga pembahasan mengenai street photography bermanfaat.

Wassalamualaikum.

2 Replies to “Pengertian Street Fotografi”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *